Kelebihan dan Kekurangan Phantom V Flip 5G

Gambar Phantom V Flip 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Phantom V Flip 5G
  • Rilis November 2023
  • Layar 6.9 inci Foldable LTPO AMOLED 120Hz & Cover 1.32 inci AMOLED
  • Chipset Mediatek Dimensity 8050 (6 nm)
  • GPU Mali-G77 MC9
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 13 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai 4000 mAh, Fast charging 45W
  • Harga Rp 9.500.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Phantom V Flip 5G dan Harganya
Tecno Phantom V Flip 5G secara resmi meluncur di Indonesia pada bulan November 2023, menyajikan solusi yang menarik bagi mereka yang menginginkan desain unik dari ponsel layar lipat tanpa harus mengorbankan bujet.

Dengan banderol harga yang terjangkau, yakni kurang dari Rp9 juta, Phantom V Flip 5G menjadi pilihan ponsel layar lipat termurah di Indonesia pada tahun 2023. Harga yang bersahabat tersebut tidak mengurangi sejumlah fitur menarik yang ditawarkan oleh ponsel ini.

Keunggulan utama Phantom V Flip 5G meliputi tampilan layar yang memukau, kualitas tangkapan kamera yang memuaskan, dan performa yang handal. Sebagai ponsel layar lipat pertama dari Tecno yang hadir di Indonesia, perangkat ini membawa sejumlah fitur menarik yang dapat memikat pengguna.

Potensi kepopuleran Phantom V Flip 5G tidak hanya didasarkan pada harga yang terjangkau, tetapi juga pada kombinasi kelebihan lainnya. Untuk memastikan keputusan pembelian Anda lebih mantap, disarankan untuk melihat detail ponsel ini dengan lebih teliti, yang akan diulas secara lengkap dalam artikel ini.

Dengan membaca artikel ini hingga akhir, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai berbagai aspek yang ditawarkan oleh Tecno Phantom V Flip 5G.

Kelebihan Tecno Phantom V Flip 5G

Teknologi dari Transsion Holdings selalu memberikan kejutan yang tak terduga, dan tidak terkecuali dengan produk terbarunya. Tecno Phantom V Flip 5G adalah salah satu contohnya, yang memiliki beragam kelebihan yang menarik perhatian konsumen. Berikut adalah rangkuman dari beberapa keunggulan ponsel ini:

Desain Menarik, Praktis, dan Elegan

Tecno Phantom V Flip 5G memukau dengan desain layar lipat vertikal yang memadukan kepraktisan dan keeleganan. Dalam posisi dilipat, dimensinya sangat kompak, nyaman masuk ke saku celana atau kemeja. Kelebihan pertama yang mencolok adalah sentuhan premium pada desainnya.

Tecno memberikan sentuhan kelas atas melalui modul kamera hitam yang besar dengan layar sekunder di dalamnya. Bagian belakang ponsel ini memiliki permukaan dual-tone dengan logo embos "V" yang menarik perhatian. Material berkualitas seperti kulit sintetis untuk penutup belakang yang tahan sidik jari dan aluminium kokoh untuk frame-nya memberikan kesan premium. Engsel baja yang tahan lama dengan siklus buka-tutup hingga 200 ribu kali menambah daya tahan ponsel ini.

Engsel baja ini memungkinkan layar Phantom V Flip tertutup secara sempurna dan dapat dibuka dalam rentang 30-150 derajat. Meskipun ada sedikit rasa goyang saat layarnya dibuka sebagian, build quality secara keseluruhan tetap terbilang baik. Tersedia dalam dua opsi warna tren masa kini, yaitu Mystic Dawn (ungu bunga lilac) dan Iconic Black.

Layar Utama LTPO AMOLED Berkualitas Tinggi

Phantom V Flip 5G menawarkan dua layar, dan yang pertama adalah layar utama. Layar ini berukuran 6,9 inci dengan panel LTPO AMOLED 120 Hz. Teknologi LTPO memungkinkan refresh rate beradaptasi secara dinamis, dapat turun hingga 10 Hz secara otomatis, memberikan dampak positif pada daya tahan baterai.

Layar Full HD+ (1080 x 2460) ini memiliki touch sampling rate 360 Hz dan tingkat kecerahan puncak 1000 nit, menjadikannya jelas dan terlihat baik di kondisi outdoor. Pengguna dapat mengatur refresh rate manual ke 60 Hz, 90 Hz, atau 120 Hz sesuai kebutuhan. Dalam pengujian GSM Arena, akurasi warna layar Phantom V Flip 5G dinilai baik, terutama dengan mode Original Color.

Ponsel ini cocok untuk berbagai keperluan seperti menonton film dan mengedit video. Selain itu, layar Phantom V Flip 5G telah mendapatkan sertifikasi Widevine L1, memungkinkan tampilan film dari platform streaming seperti Netflix pada resolusi Full HD.

Layar Sekunder Berfungsi dengan Baik

Pada bagian belakang Tecno Phantom V Flip 5G, terdapat layar sekunder berbentuk lingkaran di dalam modul kamera. Layar eksternal ini, dengan refresh rate 60 Hz, memiliki lebar 1,32 inci dan menggunakan panel AMOLED. Dengan resolusi 466 x 466 piksel dan tingkat kecerahan puncak mencapai 800 nit, layar sekunder ini tidak hanya sebagai elemen dekoratif.

Fungsi layar sekunder Phantom V Flip 5G sangat fungsional. Selain menampilkan notifikasi, layar ini juga dapat digunakan untuk mengakses pintasan toggle, menerima dan menutup panggilan, serta memberikan pratinjau bagi pengguna yang ingin mengambil swafoto dengan kamera belakang. Meskipun pengguna dapat membaca pesan WhatsApp yang masuk, fungsi untuk membalas pesan belum tersedia. Navigasi di layar sekunder ini juga terbilang mudah, dengan cukup mengetuk dan menggeser untuk menemukan menu yang diinginkan.

Speaker Stereo Berkualitas

Phantom V Flip 5G dilengkapi dengan dua speaker, menciptakan konfigurasi stereo yang menghadirkan suara dengan dinamika lebih baik daripada speaker mono. Speaker utama ditempatkan di frame bawah, sementara speaker kedua menyatu dengan earpiece di bezel atas layar. Dalam pengujian GSM Arena, kelantangan suara dari speaker stereo ini dinilai istimewa dengan mencapai -22,7 LUFS (Loudness Unit Full Scale).

Kualitas suara yang dihasilkan dianggap bagus, dengan vokal yang jernih dan keberadaan bass yang masih terasa, meskipun sedikit samar. Suara frekuensi tinggi (treble) juga disajikan dengan baik, menambah pengalaman mendengarkan yang memuaskan.

Performa Dimensity 8050 yang Mumpuni

Tecno Phantom V Flip 5G memakai SoC MediaTek Dimensity 8050. SoC ini merupakan rebrand dari Dimensity 1300 yang dirilis pada 2022. Bukan SoC kelas atas termutakhir, tetapi performanya masih terhitung tinggi.

Penggunaan Dimensity 8050 bisa dipahami sebagai salah satu strategi Tecno agar harga jual Phantom V Flip 5G bisa terjangkau. Dimensity 8050 di HP ini didukung oleh RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB. Tidak ada slot microSD, tetapi Anda bisa menambahkan RAM lewat fitur MemFusion hingga 5GB.

Buat yang belum tahu profil SoC HP ini, silakan baca artikel Dimensity 8050 dan SoC yang setara. Singkatnya SoC ini dibuat dengan proses manufaktur 6 nm oleh TSMC.

Ia punya delapan inti CPU dengan satu inti spesial Cortex A78 3,0 GHz. Sementara itu, unit pengolah grafisnya (GPU) menggunakan Mali-G77 MC9 sembilan inti dengan clock speed 850 MHz.

Performa Phantom V Flip 5G kemungkinan mirip dengan Infinix GT 10 Pro karena menggunakan SoC sama. Menurut pengalaman Rubin John dari My Smart Price, tidak ada kendala berarti dalam penggunaan sehari-hari.

Phantom V Flip dikatakan dapat bisa jalankan beragam aplikasi dengan lancar, begitu juga ketika berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya. Rubin John tidak menemui adanya kegagapan saat HP ini dipakai bernavigasi di media sosial.

Bagaimana kalau dipakai main gim? Masih menurut Rubin John, Phantom V Flip 5G bisa menjalankan Battleground Mobile India (PUBG Mobile versi india) dengan setelan grafis "HDR" pada frame rate "Ultra". Frame rate yang dihasilkan konstan di 40 FPS.

Kalau ingin dapatkan frame rate 60 FPS, setelan grafisnya mesti diatur ke "Smooth". Adapun skor AnTuTu 10 yang diraih Phantom V Flip 5G mencapai 606.414.

Sebagai referensi tambahan, berikut saya sertakan beberapa hasil pengujian benchmark sintetis yang dilakukan Liu Hongzuo dari Hardware Zone dan GSM Arena.

Pada GeekBench 6 terlihat HP ini mampu mengantongi skor CPU single-core 1070 dan multi-core 3275. Untuk kemampuan GPU-nya di angka 4502 pada 3DMark Wild Life Vulkan.

Kinerja Kamera Berkualitas

Tecno Phantom V Flip 5G menyajikan konfigurasi kamera yang sederhana namun menarik. Bagian belakang ponsel ini dilengkapi dengan dua kamera, yaitu kamera utama 64 MP (f/1.7) dan kamera ultrawide 13 MP (f/2.2). Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 32 MP dengan apertur f/2.5. Meskipun tidak dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS), seluruh kamera pada Phantom V Flip 5G memiliki fitur autofokus.

Kehadiran autofokus pada kamera ultrawide memungkinkannya berfungsi sebagai kamera makro. Menariknya, baik kamera belakang maupun kamera depan dilengkapi dengan lampu flash, sebuah kekhasan dari HP buatan Transsion Holdings.

Dalam perekaman video, kamera utama dan kamera ultrawide mampu menghasilkan video dengan resolusi maksimal 4K pada 30 FPS, sementara kamera depan terbatas pada 2K pada 30 FPS. Perekaman pada resolusi 1080p pada 60 FPS dapat dilakukan oleh kamera utama dan kamera depan. Fitur penstabilan video tersedia di semua kamera, namun hanya aktif pada resolusi 1080p pada 30 FPS.

Dari hasil pengujian, Phantom V Flip 5G mampu menghasilkan gambar yang memuaskan. Pada kondisi siang di luar ruangan, kamera utama menghasilkan foto dengan detail tinggi dan rentang dinamis yang luas. Meskipun rentang dinamis kamera depannya biasa saja, namun memiliki detail yang tinggi.

Eksposur sering kali pas, tetapi karakter warna mungkin sedikit lebih jenuh karena saturasi yang diatur agak tinggi oleh Tecno. Kemampuan kamera dalam kondisi cahaya rendah juga baik, terutama kamera utama yang menggunakan sensor RGBW. Berikut adalah beberapa sampel foto yang dapat dinilai untuk mengevaluasi kemampuan kamera dari ponsel ini.

Daya Tahan Baterai yang Memuaskan untuk HP Layar Lipat

Dengan keterbatasan ruang internal pada HP layar lipat, seperti halnya Phantom V Flip 5G, kapasitas baterainya terbatas pada 4000 mAh. Meskipun begitu, baterai ini mampu memberikan daya tahan yang cukup baik. Menurut uji yang dilakukan oleh GSM Arena, Phantom V Flip 5G mencapai skor daya tahan 88 jam. Dalam skenario pemutaran video lokal, ponsel ini mampu bertahan selama 16 jam 18 menit.

Baterai yang cukup awet ini didukung oleh teknologi fast charging 45 Watt, memungkinkan pengguna mengisi daya dengan cepat. Hanya dalam waktu 30 menit, baterai sudah terisi 50 persen. Untuk mencapai daya penuh, dibutuhkan waktu hanya 55 menit. Meskipun begitu, perlu dicatat bahwa tidak ada fitur pendukung lain seperti wireless charging dan reverse wireless charging. Keputusan untuk tidak menyertakan fitur tersebut mungkin dilakukan untuk menjaga harga Phantom V Flip 5G tetap terjangkau.

Harga Terjangkau dengan Paket Penjualan Lengkap

Sebelum dirilis di Indonesia pada November 2023, Phantom V Flip 5G telah beredar di beberapa negara dengan harga yang menarik. Di Malaysia, ponsel ini dijual seharga 2999 ringgit (sekitar Rp9,9 juta), sementara di Filipina harganya 29.999 peso atau sekitar Rp8,3 juta.

Dengan mempertimbangkan harga di negara tetangga, dapat diprediksi bahwa harga Phantom V Flip 5G di Indonesia kemungkinan tidak akan mencapai dua digit jutaan, berkisar antara Rp8-9 jutaan. Harga ini terbilang sangat kompetitif jika dibandingkan dengan HP layar vertikal merek lain seperti Samsung Galaxy Z Flip 5G dan OPPO Find N3 Flip yang dijual mulai dari Rp15 jutaan pada saat rilis.

Selain harganya yang terjangkau, Phantom V Flip 5G juga menawarkan paket penjualan lengkap. Dalam kemasan HP, pengguna akan mendapatkan charger 45 Watt, hard case bergaya, stiker lucu, SIM ejector, dan kabel USB C. Hard case khusus untuk Phantom V Flip 5G dilengkapi dengan ring holder, memberikan perlindungan tambahan saat ponsel dilipat.

Kekurangan Tecno Phantom V Flip 5G

Setiap produk yang baru dikembangkan pasti memiliki kelemahan, terutama pada tahap awal pengembangannya. Berikut adalah beberapa aspek yang mungkin menjadi kelemahan dari Tecno Phantom V Flip 5G.

Absennya IP Rating, Pembukaan Layar yang Tak Sempurna, dan Terlihatnya Lipatan Layar

Tecno Phantom V Flip 5G beruntung meluncur pada masa pengembangan teknologi engsel layar lipat yang lebih matang. Dengan menggunakan mekanisme engsel paling mutakhir, layar pada perangkat ini dapat tertutup secara rapat tanpa perbedaan ketebalan antara sisi layar dan sisi engsel, sebuah kemajuan dibandingkan dengan HP layar lipat sebelumnya.

Meski demikian, kekurangan terkait desain masih terlihat, terutama terkait dengan ketiadaan IP rating yang membuatnya minim ketahanan terhadap percikan air. Masalah lain yang muncul terkait dengan engsel, seperti yang diungkapkan beberapa pengulas, adalah ketidakmampuan layar Phantom V Flip 5G untuk membuka secara sempurna. Ini berarti layar tidak dapat membuka diri sepenuhnya.

Dalam pandangan GSM Arena, ketidakmampuan layar untuk membuka sempurna menyebabkan lipatan layar (crease) menjadi lebih terlihat, suatu aspek yang umumnya diusahakan oleh produsen layar lipat untuk dihindari, menjaga penampilan yang bersih dan rapi. Selain dari segi estetika, hal ini juga berdampak pada kenyamanan pengguna, terutama karena lipatan layar dapat dirasakan oleh tangan saat disentuh.

Kemampuan Kamera Ultrawide yang Kurang Memuaskan

Banyak pengulas menyuarakan kekecewaan terhadap kualitas kamera ultrawide pada Tecno Phantom V Flip 5G. Meskipun memiliki fitur autofokus yang baik, kamera ini tidak dapat menyaingi kualitas kamera utama.

Hadlee Simons dari Android Authority mencatat bahwa kamera ultrawide pada perangkat ini menghasilkan tingkat noise yang tinggi dan kontras yang lebih mencolok. Menurut Liu Hongzuo, kamera ultrawide Phantom V Flip 5G mengalami masalah konsistensi warna dan cenderung terlalu terpapar cahaya (overexposure).

Selain itu, Rubin John mengeluhkan pergeseran karakter warna yang signifikan dari kamera utama ke kamera ultrawide. Tone foto yang dihasilkan oleh kamera ultrawide cenderung lebih dingin, dan detailnya kurang memuaskan.

Peningkatan Suhu pada Beban Kerja Tinggi

Banyak pengulas yang memberikan pengakuan terhadap performa baik Tecno Phantom V Flip 5G. Hadlee Simons bahkan menyebut bahwa perangkat ini mampu menangani gim berat seperti Genshin Impact dengan baik. Meskipun demikian, beberapa pengulas mengungkapkan bahwa suhu perangkat cenderung meningkat dengan cepat setelah beberapa menit menjalankan gim berat.

Meskipun hal ini bukan fenomena yang aneh pada HP layar lipat, Phantom V Flip telah dilengkapi dengan komponen pendinginan berupa lapisan vapor chamber dan grafena. Namun, ukuran komponen pendinginan pada HP ini terbatas dibandingkan dengan HP konvensional dan non-lipat.

Alasan di balik hal ini adalah karena HP layar lipat vertikal memiliki ruang internal yang lebih terbatas. Uji stres yang dilakukan oleh GSM Arena juga menunjukkan bahwa Phantom V Flip 5G belum sepenuhnya optimal dalam menangani peningkatan suhu, meskipun sudah lebih baik daripada beberapa HP lipat lainnya.

Pada uji CPU Throttling, HP ini mengalami penurunan performa sebesar 63 persen dari kemampuan puncaknya. Sementara itu, uji kemampuan GPU dengan 3DMark Wild Life Stress Test menunjukkan tingkat kestabilan performa yang tinggi, mencapai 94 persen.

Namun, setelah 20 menit pengujian tersebut, bagian atas frame perangkat menjadi sangat panas. Tecno mungkin mengoptimalkan performa GPU dengan mengorbankan keefisienan pendinginan pada HP lipat vertikal ini. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan cooling pad saat melakukan penggunaan intensif, terutama saat bermain gim.

Kinerja Software Perlu Disempurnakan

Tecno Phantom V Flip 5G diperkenalkan dengan sistem operasi Android 13 yang dikemas dengan antarmuka HiOS 13.5. Kelebihan pertama yang disukai oleh banyak pengulas terkait antarmuka perangkat ini adalah minimnya aplikasi bloatware dibandingkan dengan model Tecno lainnya.

Selanjutnya, antarmuka perangkat ini telah dioptimalkan khusus untuk HP layar lipat. Sebagai contoh, ketika layar perangkat dibuka sebagian saat menonton video di YouTube, sistem secara otomatis membagi fungsi layar menjadi dua. Bagian atas layar menjadi area penayangan video, sementara bagian bawah berfungsi sebagai kontroler.

Poin ketiga adalah kemampuan antarmuka HiOS 13.5 dalam memaksimalkan fungsionalitas layar eksternal perangkat ini. Berbagai gestur seperti mengusap ke atas untuk membuka notifikasi, mengusap ke bawah untuk mengakses tombol toggle, atau mengusap ke kanan dan kiri untuk membuka widget dan pemutar musik, telah dioptimalkan.

Meskipun antarmuka HiOS 13.5 mendapat pujian, beberapa pengulas mencatat dua hal yang perlu diperhatikan terkait perangkat lunak ini. Pertama, desain antarmuka HiOS perlu diperbarui agar terlihat lebih modern. Kedua, diperlukan optimalisasi tambahan untuk memperluas fungsionalitas layar eksternal, seperti menampilkan peta dan merespons pesan.

Tecno telah memberikan jaminan dukungan perangkat lunak untuk Phantom V Flip 5G selama tiga tahun. Jaminan tersebut mencakup dua kali pembaruan versi Android dan pembaruan keamanan selama tiga tahun setelah tanggal rilis perangkat.

Kesimpulan

Tecno Phantom V Flip 5G membuka peluang bagi konsumen untuk merasakan pengalaman menggunakan HP layar lipat tanpa harus mengeluarkan dana yang besar, seperti pada generasi sebelumnya. Dengan harga di bawah Rp10 juta, perangkat ini menjadi pesaing serius bagi produsen HP layar lipat lainnya.

Keunggulan Phantom V Flip 5G tidak hanya terletak pada harganya yang terjangkau, tetapi juga pada sejumlah fitur unggulannya. Desain yang menarik, kualitas layar yang bagus, dan performa yang mumpuni menjadikan perangkat ini menarik bagi konsumen. Daya tahan baterai yang baik, meskipun dengan kapasitas 4000 mAh, turut memberikan nilai tambah.

Meski demikian, terdapat dua aspek minus yang perlu diperhatikan, yaitu konstruksi desain terkait ketidakmampuan layar untuk dibuka secara sempurna dan optimasi software untuk layar sekunder. Kedua hal ini dapat mempengaruhi kesan premium dari perangkat ini, mengingat pengalaman pengguna yang nyaman dan menyenangkan menjadi prioritas dalam kategori flagship.

Pada akhirnya, Tecno Phantom V Flip 5G muncul sebagai alternatif yang layak dipertimbangkan bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman menggunakan HP layar lipat vertikal dengan budget terbatas. Jika Anda tertarik, Phantom V Flip 5G memberikan pilihan menarik dalam segmen harga yang terjangkau.

Phantom V Flip 5G
Rilis : November 2023
8/256 GB - Rp 9.500.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn