Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G

Belum lama ini, Samsung Galaxy A52s 5G diluncurkan oleh Samsung di Indonesia. Seperti kebanyakan smartphone seri-A yang menghadirkan fitur-fitur mengesankan, maka Galaxy A52s 5G pun tidak berbeda ditambah dengan keunggulan dari dukungan jaringan terbaru.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G
  • Rilis September 2021
  • Layar 6.5 inci Super AMOLED 120Hz ~405 ppi
  • Chipset Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 642L
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4500 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 6.500.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G dan Harganya

Desain glamor dari smartphone Samsung Galaxy A52s akan mencuri hati banyak pengguna pada pandangan pertama karena menghadirkan tata letak tekstur yang sangat baik yang membuat ponsel ini menonjol dari kompetitornya. Perangkat ini tersedia dalam empat warna yang bisa kalian pilih dan dibanderol di kisaran harga 6 jutaan. Dengan harga yang agak overpriced tersebut, apa saja kelebihan yang disajikan dan kekurangan yang dimilikinya? Mari simak informasinya di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A52s 5G

Samsung sengaja menonjolkan nilai jual performa karena ponsel A52s menyertakan chipset andalan Snapdragon, yang merupakan pilihan yang mengesankan untuk kelas menengah. Tidak hanya itu saja, kalian akan mendapatkan kamera yang tersusun atas banyak fitur. Jangan lupa bahwa perangkat ini juga membawa kualitas dari dukungan 5G. Tanpa basa-basi lagi, mari catat beberapa kelebihan dari Samsung Galaxy A52s 5G yang menawan.

Layar Full HD+ AMOLED Berukuran Besar

Samsung Galaxy A52s 5G mengusung layar Full HD+ Infinity-O Super AMOLED 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Kerapatan yang dicatat oleh Samsung adalah sekitar 407 ppi dengan rasio aspek 20:9. Berkat spesifikasi tersebut, tentu saja layarnya terlihat cerah karena ia juga membawa kecerahan 800 nits. Maka tak heran display perangkat ini menawarkan reproduksi warna yang baik dan keterbacaan sinar matahari optimal dengan warna hitam yang jelas.

Serupa dengan ponsel Samsung lainnya, ada Eye Comfort Shield untuk membatasi cahaya biru yang dipancarkan oleh layar. Samsung Galaxy A52s 5G juga telah menyediakan Dark Mode yang cocok di panel AMOLED.

Kalian bisa memilih dari mode layar Vivid atau Natural berdasarkan preferensi serta mengatur white balance secara manual. Perangkat ini juga memiliki dukungan Wide vine L1 yang berarti dapat melakukan streaming konten FHD+ di aplikasi OTT termasuk Prime Video, Netflix, dan lainnya.

Meskipun tidak memiliki LED notifikasi, tetapi ada Always on display dengan tap to show option yang menunjukkan layar AOD selama 10 detik setelah layar diketuk. Bagaimana? Sudah tergoda dengan kelebihan layar dari Galaxy A52s 5G?

Refresh Rate Tinggi dan Jaminan Proteksi

Pada bagian build quality, Galaxy A52s 5G memang memiliki tipe body belakang plastik. Namun tentu saja material tersebut tidak terasa murah dan diklaim dengan kekuatan yang cukup standar. Selain itu ada Corning Gorilla Glass 5 di sisi depan sebagai bukti bahwa Samsung mengutamakan proteksi layar.

Samsung Galaxy A52s 5G juga membawa IP67 yang artinya tahan terhadap air dan mampu dibawa menyelam pada kedalaman 1 meter selama 30 menit. Dengan begitu tak perlu risau ketika menggunakannya di wilayah penuh genangan air.

Performa Tinggi

Karena Samsung selalu dikenal menghadirkan hardware andal sebagai strategi untuk smartphone kelas menengahnya, Galaxy A52s 5G akan memberikan kalian pengalaman keseluruhan yang layak.

Smartphone yang satu ini adalah salah satu smartphone pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 778G (6nm) Mobile Platform yang menggunakan CPU Qualcomm Kryo 670 dengan arsitektur baru sehingga diklaim memberikan peningkatan kinerja hingga 40%. Prosesor Octa-core tersebut memiliki 4 x CPU Kinerja Kryo 670 berbasis A78 dengan clock 2.4GHz dan 4 x CPU Efisiensi Kryo 670 berbasis A55 dengan clock hingga 1.80GHz.

Sementara GPU Adreno 642L yang menjadi pengolah grafis dirancang untuk memberikan rendering grafis hingga 40% lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. GPU ini turut menawarkan kinerja gaming yang mulus bahkan dalam game dengan grafis tinggi namun tidak menjadikannya overheat.

Penyimpanan Lapang dan Baterai Besar

Game yang intens tidak akan menjadi masalah bagi perangkat ini dan dapat dimainkan pada pengaturan tertinggi. Dari segi penyimpanan, di Indonesia Galaxy A52s 5G bisa kalian miliki dengan penawaran RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB. Dengan konfigurasi ini, kalian juga akan mendapatkan slot kartu microSD hingga 1TB untuk menambah ruang penyimpanan.

Samsung juga telah memutuskan untuk membekali Galaxy A52s 5G dengan kapasitas baterai yang cukup tinggi, yakni 4.500 mAh yang bisa diandalkan sebagai daily driver.

Kualitas Audio yang Terjamin

Samsung Galaxy A52s 5G hadir dengan Stereo Speaker yang diklaim cukup keras sehingga memberikan kualitas audio yang baik. Dalam hal ini, Galaxy A52s 5G juga memiliki noise cancellation sekunder yang akan memastikan kualitas panggilan yang baik. Apalagi ia tetap mempertahankan fitur jack audio 3.5mm yang dicari oleh banyak pengguna Android.

Konfigurasi audio secara teknisnya memiliki efek suara equalizer, Dolby Atmos, UHQ upscaler, Surround dan Tube Amp Pro yang dapat diaktifkan dari pengaturan. Semua itu berfungsi untuk meningkatkan audio saat mendengarkan melalui earphone dan Dolby Atmos juga bisa berfungsi dengan speaker.

Konfigurasi Sensor Kamera Menarik

Kalian akan mendapatkan konfigurasi quad-camera di bagian belakang yang menampung kamera utama 64MP beserta pendamping lensa ultra-wide angle 12MP. Selain dua resolusi yang cukup besar tersebut, Samsung juga menyematkan sensor depth 5MP dan lensa makro 5MP di panel belakang. Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie beresolusi 32MP.

Menariknya adalah kalian dapat merekam video dengan batasan resolusi 4K maksimum pada 30 fps dari kamera depan, belakang, dan ultra-wide. Tak hanya itu saja, kamera belakangnya juga bisa merekam video 1080p 60fps. Namun perlu diketahui bahwa stabilisasi yang disediakan hanya berfungsi pada 30fps jika diaktifkan di pengaturan kamera.

Kekurangan Galaxy A52s 5G

Meskipun fitur-fitur pada Galaxy A52s 5G terbilang cukup lengkap, namun kalian perlu mengetahui beberapa kekurangan dari perangkat ini sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. Secara umum, beberapa kekurangan berikut memang bukan hal yang krusial sehingga bisa diabaikan.

Membawa Slot Hybird

Bagi beberapa pengguna, smartphone yang membawa 3 slot lebih menyenangkan dibandingkan hanya memiliki slot hybird. Karena Galaxy A52s memiliki tipe hybird, maka kalian harus memilih antara ingin menggunakan 2 SIM sekaligus atau 1 SIM dengan gabungan microSD.

Dukungan Fast Charging Hanya 25W

Untuk perangkat yang dibanderol cukup mahal, sangat disayangkan Samsung hanya membekali Galaxy A52s 5G dengan dukungan fast charging 25W saja. Di segmennya tentu ada banyak brand ternama lainnya yang menawarkan teknologi charger yang lebih canggih. Bahkan dengan budget yang lebih rendah, sudah ada vendor yang mengusung teknologi reverse dan wireless charging.

Itulah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A52s sebagai salah satu smartphone 5G terbaru yang memukau. Terlepas dari harga banderolnya, deretan kelebihannya memang sangat menggoda untuk dimiliki. Namun setelah mengetahui beberapa kekurangan di atas, apakah kalian masih tetap ingin memilihnya?