Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C25Y

Realme C25Y hadir dengan slogan “AI Camera 50MP, can use all day” sebagai smartphone entry-level terbaru yang dilucurkan secara resmi pada akhir November 2021. Desain yang tampak pada Realme C25Y sangat mengingatkan pada perangkat seri C sebelumnya. Perangkat ini memiliki modul kamera persegi yang juga di sampingnya terdapat sensor sidik jari.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Realme C25Y
  • Rilis September 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset Unisoc T610 (12 nm)
  • GPU Mali-G52
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.100.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C25Y dan Harganya

Menariknya, Realme C25Y diklaim memiliki hasil akhir bertekstur yang tentunya menjaga agar sidik jari tidak mudah mengecap di bagian belakang perangkat. Realme sendiri memang telah merilis beberapa smartphone pada bulan September secara global sehingga di bulan November merupakan waktu yang sibuk untuk menghadirkannya secara resmi di Indonesia.

Bersamaan dengan Realme C25Y, mereka meluncurkan seri Realme 8 dan speaker Bluetooth Realme. Ini adalah berita bagus untuk kalian penggemar Realme. Dengan modal 2 jutaan, Realme C25Y sudah bisa kalian miliki. Supaya lebih afdal, ketahui lebih dulu beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Realme C25Y

Hadir dengan layar yang lebar, kamera standar, dan juga baterai yang kuat, Realme C25Y bisa menjadi pilihan menarik bagi pengguna Android yang ingin mengganti smartphone terbaru low-budget. Karena perangkat ini adalah Realme C25 versi lite , fitur internalnya tentu tidak bisa memberi ekspektasi yang terlalu tinggi. Mari mengulik lebih dalam mengenai kelebihan Realme C25Y.

Kamera Utama 50MP

Kelebihan pertama dari Realme C25Y adalah sensor kameranya. Dengan tiga kamera, Realme C25Y menawarkan rentang kualitas gambar yang dinamis. Seiring dengan efeknya, kalian bisa mencoba kamera utama 50 MP yang cukup besar di segmennya.

Realme C25Y merupakan smartphone pertama dari seri Realme C dengan kamera 50 MP yang dapat menangkap gambar berukuran besar hingga 8160 x 6144 piksel, Oleh sebab itu, soal kemampuan kamera utama tidak perlu diragukan lagi karena kalian pasti akan mendapatkan beberapa foto yang jernih baik di siang hari atau di malam hari.

Selain itu, kamera utama tersebut hadir beserta mode fokus otomatisnya yang akan memberikan kinerja maksimal berupa bidikan yang tepat. Adanya penambahan sensor monokrom 2MP dan makro 2MP masing-masing memberi cakupan yang lebih luas untuk menghasilkan fotografi yang mumpuni.

Di sisi lain, ada selfie 8 MP yang juga masih menjadi standar tingkat harga smartphone 2 jutaan. Karena hadirnya kamera selfie dengan AI, kalian bisa memanfaatkannya untuk videocall dan selfie berkualitas standar.

Mengenai kemampuan rekaman video, kamera utama pada Realme C25Y diklaim memungkinkan untuk melakukan perekaman video cukup baik. Mode video kamera belakang menawarkan Zoom digital hingga 4x dan dapat merekam hingga Full HD 1080p (30 frame per detik).

Kameranya bisa menyesuaikan resolusi hingga 2 level: HD 720p dan SD 480p. Selain itu kalian juga bisa mencoba mode Time-lapse yang juga tersedia. Meski bukan yang terbaik, namun masih bisa menjadi opsi yang affordable dan terjangkau.

Baterai Berkapasitas Tinggi

Keunggulan lain dari smartphone ini adalah dapat digunakan dalam waktu yang lama. Dengan kapasitas baterai yang besar 5.000mAh, ia mampu standby hingga 48 hari dari pengujian Realme Lab. Sedangkan pada umumnya kapasitas tersebut memang dapat digunakan selama 2 hari dengan nyaman. Untuk mengisi daya baterai, kalian tidak perlu membiarkannya terisi daya semalaman lagi karena Realme C25Y sudah mendukung teknologi fast charging 18W.

Tak lupa, Realme C25Y juga memiliki Super Power Saving Mode. Dengan adanya fitur tersebut meskipun level baterai hanya 5%, perangkat ini bisa bertahan untuk melakukan panggilan telepon selama 2,21 jam atau mendengarkan musik melalui Spotify selama 6,17 jam. Kalian bahkan juga bisa menggunakan WhatsApp selama 1,62 jam atau Standby selama lebih dari 59 jam. Nah, sangat menarik bukan?

Performa Mendukung Aktivitas Sehari-hari

Karena dipasarkan dengan keunggulan sektor kamera, tentu nilai jualnya bukan pada ranah kinerja berat seperti game yang menuntut grafis tinggi. Mengingat harganya yang terjangkau, kalian tentu tidak bisa memaksakan kerja aplikasi yang berat. Namun jika digunakan untuk pemakaian standar, Realme C25Y bisa diandalkan tanpa hambatan.

Realme telah memilih chip prosesor Unisoc T618 yang dibangun di atas teknologi 12nm, 64-bit Octa Core dan terdiri dari CPU Dual Core Arm Cortex-A75 + Arm Cortex-A55 Hexa Core dengan GPU Arm Mali-G52.

Sisi memorinya pun mendukung performa khas smartphone entry-level dengan RAM tunggal 4GB. Ia dipasangkan dengan ROM 128GB dan juga mendukung ekspansi penyimpanan menggunakan kartu MicroSD hingga 256GB sehingga kalian mempunyai banyak ruang penyimpanan untuk video, foto, dan file.

Kekurangan Realme C25Y

Realme C25Y memang tidak mengikuti tren terkini dalam hal desain dan spesifikasi teknis. Itulah yang sekaligus membuatnya menyimpan beberapa kekurangan yang wajib kalian ketahui berikut ini.

Menggunakan Layar IPS LCD Beresolusi HD+

Selain menggunakan tutup material plastik, bagian layar Realme C25Y juga tidak menarik banyak pengguna. Perangkat ini muncul dengan layar IPS 6.5 inci yang setidaknya dapat memuaskan kebutuhan kalian dari segi lebar layar. Bagian depannya memiliki resolusi 720p alias HD+ dengan kepadatan 270 ppi dan kecepatan refresh standar 60Hz.

Selain itu, layarnya hanya mempunyai kecerahan 420 nits yang juga tidak memenuhi kebutuhan kalian pada waktu yang tepat. Untuk smartphone terbaru yang menargetkan pasar anak muda dengan harga 2 jutaan, layar IPS LCD dengan resolusi hanya HD+ termasuk di bawah standar. Kalian masih bisa menemukan opsi lain yang menawarkan layar full HD+ di budget yang sama untuk visualisasi yang lebih menawan.

Bobot Berat dan Body Tebal

Realme C25Y memiliki total berat mencapai 200 gram dan ketebalan 9.1mm. Distribusi ini adalah tawaran lain dari Realme karena telah memberikan kualitas baterai berkapasitas tinggi. Sayangnya inilah kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan kalian. Di antara perangkat entry-level yang memiliki baterai berkapasitas tinggi, Realme C25Y termasuk kategori smartphone berat dan tebal yang jarang dipilih oleh pengguna yang lebih menyukai desain ultra-thin.

Masih Menggunakan Micro USB

Di penghujung 2021 ini sangat aneh mengetahui Realme memilih untuk menggunakan micro USB untuk pengisian daya di smartphone terbarunya. Padahal, USB Type-C banyak ditemukan di semua jenis perangkat mulai dari hard drive eksternal hingga kabel pengisian daya smartphone.

Sebagai informasi, USB Type-C bukan hanya dapat digunakan untuk mengirimkan data tetapi juga bisa mengirimkan daya sebagai kabel tunggal. Itu berarti kalian dapat menggunakan USB C untuk mengganti konektor listrik lain seperti USB B dan USB A. Karena lebih efisien, tentu ketiadaan USB Type-C pada Realme C25Y sangat disayangkan.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C25Y yang bisa membantu kalian mengenali lebih dalam perangkat terbaru ini. Apakah kalian tertarik untuk memilikinya segera?