Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y21

Pasar entry-level memang ramai oleh smartphone besutan Xiaomi dan Realme yang telah dikenal ‘tidak pelit’ dalam menyuguhkan spesifikasi bersaing. Namun Vivo juga tentunya tidak ingin kalah eksis karena turut menghadirkan smartphone terjangkau yang bisa diandalkan untuk kalian. Salah satu perangkat smartphone terbaru yang diluncurkan olehnya adalah adalah Vivo Y21 yang dibanderol dengan harga 2 jutaan saja.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo Y21
  • Rilis September 2021
  • Layar 6.51 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4 GB + 1 GB/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y21s dan Harganya

Bukan hanya desain cantiknya yang stylish, Vivo Y21 juga membawa keunggulan yang berani unjuk gigi di pasarnya. Jika budget kalian terbatas namun menginginkan smartphone baru yang ramping dan menawan, perangkat ini wajib dijadikan pilihan. Sebelum itu mari ketahui kelebihan dan kekurangan dari Vivo Y21 terlebih dahulu ya.

Kelebihan Vivo Y21

Sebagaimana yang telah disinggung di paragraf di atas, Vivo Y21 menawarkan tampilan segar bagi kalian yang berjiwa muda. Sama seperti saudaranya di segmen lebih tinggi, Vivo Y21 juga memiliki kapasitas penyimpanan besar lengkap dengan teknologi Extended RAM. Tak perlu berlama-lama, simak kelebihan Vivo Y21 berikut ini.

1. Bodi Ramping dan Desain Simple

Kelebihan pertama yang langsung dikenali sejak pertama kali Vivo Y21 diluncurkan adalah desainnya. Adalah rahasia umum bahwa saat ini vendor smartphone telah melangkah lebih jauh dalam merancang dan menciptakan desain yang sesuai dengan pengguna muda yang ‘melek’ trend. Selain itu, Vivo juga dikenal sering membawa smartphone inovatif dengan fitur kamera canggih beserta perpaduan sempurna antara gaya dan inovasi.

Pada Y21, Vivo telah menyertakan desain 2.5D dengan AG Coating yang akrab bagi pengguna setianya. Kaca AG yang dipoles pada teknik tersebut dibuat dengan etsa kimia yang semakin menyempurnakan permukaan sehingga membuatnya tahan terhadap goresan. Lapisan AF-nya mengaburkan dan meminimalkan munculnya sidik jari, kotoran, dan noda sehingga menjaga agar tampilan smartphone kalian tetap bersih.

Berat Vivo Y21 hanya 182 gram saja yang diimbangi ketebalan 8 mm sehingga mudah digunakan dengan satu tangan. Nah, apakah kalian termasuk tim smartphone modis seperti ini?

2. Layar Berukuran Besar

Vivo Y21 tergolong smartphone yang memiliki display lapang berukuran 6.51 inci sehingga bisa diandalkan saat menonton film, scrolling sosial media, streaming, atau bermain game. Efisiensi dari perangkat yang memiliki layar lebar memang dominan lebih disukai oleh pengguna smartphone dibanding smartphone mini. Apalagi Vivo Y21 juga membawa rasio aspek 20:9 yang sekaligus menjadikannya memiliki rentang layar standar saat ini.

3. Baterai Besar dan Fitur Reverse Charge

Ketika sebuah smartphone mengusung layar yang besar, idealnya ia tentu mengemas baterai yang besar pula. Untungnya Vivo membuat keputusan tepat dengan menyertakan kapasitas daya tinggi mencapai 5.000 mAh pada Y21 sehingga bisa awet menemani aktivitas kalian seharian. Ia didukung dengan kemampuan fast charging 18W yang termasuk standar di antara para kompetitornya.

Tak cukup sampai di situ saja, kalian juga bisa memanfaatkan fitur Reverse Charge pada Vivo Y21. Memiliki opsi Reverse Charge itu berarti ia bisa mengisi daya smartphone lain dengan perangkat kalian menggunakan kabel USB. Jadi, kalian dapat mengandalkan smartphone ini untuk mengisi daya teman selayaknya power bank biasa. Cukup menarik bukan?

4. Penyimpanan Luas dengan Extended RAM

Tak diragukan lagi, mayoritas pengguna smartphone tentu menyukai perangkat yang menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar. Dukungan ruang penyimpanan yang besar akan membantu kinerja lancar sehingga kalian tak perlu mengeluh perihal lag atau patah-patah saat multi-tasking aplikasi.

Di Indonesia, Vivo Y21 dihadirkan dengan RAM 4GB yang termasuk besar dan standar di harga 2 jutaan. Menariknya lagi, Vivo juga telah menyertakan teknologi Extended RAM 1GB pada perangkat ini. Sebagai informasi bagi kalian yang baru mendengar nama tersebut, Extended RAM adalah ruang tambahan yang berasal dari sisa efisiensi memori internal smartphone untuk mendukung performa yang lebih halus. Jika dirasa masih belum cukup tenang saja karena kalian bisa menggunakan slot microSD 1TB.

5. Performa Menjanjikan

Selain didukung oleh penyimpanan yang mendukung kinerja maksimal, Vivo Y21 mengandalkan performa andal dari chipset besutan MediaTek, Helio P35. Sejak awal memang perangkat ini tidak pernah digadang-gadang sebagai smartphone gaming melainkan daily driver yang bisa diandalkan dengan penggunaan standar. Dengan clock speed hingga 2.35 GHz dan proses fabrikasi 12nm sehingga menghasilkan performa yang tidak akan mengecewakan.

Kekurangan Vivo Y21

Apakah kalian menyadari bahwa ada beberapa hal dari spesifikasi yang belum dijabarkan? Ya, beberapa diantaranya yang belum tercantum sebagai kelebihan adalah kekurangan Vivo Y21. Mari kita bahas kekurangan Vivo Y21 berikut ini.

1. Layar IPS LCD Beresolusi HD+

Meskipun ukuran layarnya termasuk besar, namun sangat disayangkan bahwa panel display Vivo Y21 menggunakan IPS LCD. IPS LCD identik dengan Super LCD yang merupakan singkatan dari in-plane switching liquid crystal display. Perangkat yang menggunakan panel LCD memberikan backlight pada semua piksel dan rana layar apa pun dapat dinonaktifkan untuk menyesuaikan kecerahan.

Panel IPS LCD memang dirancang untuk mengatasi masalah dengan layar LCD TFT untuk mendukung penglihatan yang lebih luas serta warna dan kontras yang jauh lebih baik. Namun kalian masih bisa mendapatkan pilihan smartphone lain yang menggunakan panel AMOLED dengan budget 2 jutaan.

Selain itu, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah resolusi layar. Vivo Y21 masih membawa resolusi HD+ yang tentunya kurang memuaskan saat digunakan dibanding resolusi Full HD+.

2. Kombinasi Kamera yang Kurang Bersaing

Bagi pengguna yang fotogenic, memiliki smartphone dengan spesifikasi kamera mendukung kegiatan fotografi memang sangat menyenangkan. Nah, jika kalian termasuk tim pengguna Android yang menginginkan kombinasi kamera yang ‘wah’, sayangnya Vivo Y21 tidak bisa memenuhi ekspektasi kalian.

Pasalnya, perangkat ini hanya membawa kombinasi dual kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13MP dan kamera makro 2MP. Sementara kamera selfie pada notch water-drop di bagian depan memiliki resolusi 8MP agar tidak terlalu jauh tertinggal di segmennya.

Namun kofigurasi tersebut tentu masih kalah dengan smartphone 1 jutaan yang sudah memiliki 3 kamera belakang. Di sisi lain, para kompetitornya bahkan menawarkan 4 kamera atau fitur-fitur tertentu yang sayang untuk dilewatkan.

3. Tidak Memiliki Speaker Stereo

Lagi-lagi sangat disayangkan Vivo Y21 tidak menyertakan speaker stereo yang sangat diharapkan dari harga banderolnya. Padahal jika ada speaker stereo, kalian bisa menikmati kualitas audio yang baik ketika menonton film. Di antara dua kekurangan di atas, alangkah baiknya bila Vivo menawarkan speaker stereo untuk menambah daftar keunggulan perangkat ini.

Itu dia kelebihan dan kekurangan Vivo Y21 yang bisa menjadi bahan rujukan kalian ketika ingin mengganti smartphone terbaru. Terlepas dari kekurangannya, apakah deretan kelebihan di atas sudah sesuai dengan selera kalian? Atau mungkin ada rekomendasi smartphone 2 jutaan lain yang menjadi incaran?