Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y21s

Sudah menjadi tradisi bagi Vivo untuk ‘memoles’ perangkat variasi standarnya ke dalam versi yang lebih menawan. Jika kalian tidak puas dengan keunggulan yang ditawarkan oleh Vivo Y21, maka Vivo Y21s bisa menjadi alternatif lain yang tepat karena deretan spesifikasinya tampak lebih menjanjikan. Harga banderolnya pun hanya berbeda sedikit saja, masih di kisaran 2 jutaan sehingga tidak akan menguras kantong kalian.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo Y21s
  • Rilis September 2021
  • Layar 6.51 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4 GB + 1 GB/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y21s dan Harganya

Salah satu anggota dari seri Y dari Vivo ini terbilang masih muda karena baru saja diluncurkan di bulan September 2021. Lantas, apakah Vivo Y21s memang semenarik yang digadang-gadang oleh Vivo? Mari mengulik lebih dalam apa saja kelebihan dan kekurangan dari Vivo Y21s pada tulisan ini.

Kelebihan Vivo Y21s

Meski tidak terlalu hype dibanding flagship seri X Vivo, namun Y21s sebenarnya cukup menggoda untuk dimiliki. Dengan spesifikasi kamera yang diupgrade lebih tinggi, baterai tahan lama, dan chipset lebih kencang, kalian tidak akan menyesal mengandalkannya untuk penggunaan sehari-hari. Berikut ini kelebihan Vivo Y21s yang harus kalian ketahui.

Kamera Utama 50MP

Siapa sangka bahwa Vivo Y21s adalah salah satu smartphone Vivo yang memiliki kamera berkualitas hingga 50MP di rate harga terjangkau. Kamera utama ini yang akan membantu kalian mengambil foto yang tajam dan jernih dalam berbagai kondisi pencahayaan, bahkan di malam hari.

Tak hanya itu, dua sensor pelengkapnya yakni sensor depth 2MP dan kamera makro 2MP juga turut menghadirkan banyak sudut pengambilan gambar kreatif yang menarik. Dengan kemampuan pengambilan gambar super close-up dari jarak 3-5cm, kamera makronya akan menangkap detail kecil seperti bunga, daun, dan serangga dengan mudah.

Sedangkan untuk sensor depth, ia akan bertanggung jawab untuk memotret font, menyoroti subjek, dan mengaburkan latar belakang. Kombinasi ini tak ayal akan menghasilkan fotografi dengan detail yang cukup memuaskan bagi kalian yang senang memotret.

Mengenai perekaman video, Vivo Y21s memiliki teknologi anti-shake yang berfungsi untuk membuat hasil video menjadi halus dan profesional. Jangan lupa bahwa perangkat ini juga memiliki kamera selfie 8MP dengan mengintegrasikan AI beauty agar bisa mendapatkan tampilan kulit cerah mulus untuk para pengguna narsis.

Ditenagai Chipset Gaming

Berbeda dengan Vivo Y21, pada perangkat ini terdapat chipset gaming yang lagi-lagi merupakan besutan MediaTek, yakni Helio G80. Ini adalah SoC octa-core berbasis ARM dengan 2x core ARM Cortex-A75 besar hingga 2 GHz dan 6x core ARM Cortex-A55 kecil dan hemat daya hingga 1,8 GHz. Tentu saja chipset ini lebih powerfull daripada Helio P35 yang digunakan pada Vivo Y21.

Dengan kartu grafis mid-range terintegrasi dengan 2 cluster, ARM menyatakan bahwa seri G52 30% lebih cepat dan 15% lebih efisien dibandingkan dengan seri G51 pada node proses yang sama. oleh sebab itu game yang tidak menuntut grafis tinggi bisa kalian mainkan dengan adanya kartu grafis ini.

Penyimpanan Lapang

Untuk melengkapi performanya dengan maksimal, Vivo telah menyertakan kapasitas RAM hingga 4GB dan penyimpanan internal yang lebih besar daripada versi Y21, yakni 128GB. Masih dengan teknologi Extended RAM-nya, kalian dapat menikmati tambahan RAM hingga 1GB dari Vivo Y21s.

Kombinasi yang cukup menawan ini memang terbilang menjanjikan untuk perangkat smartphone 2 jutaan. Apalagi Vivo juga telah menyediakan dukungan ekspansi microSD yang bisa kalian tambahkan hingga 1TB. Wah, sangat lengkap bukan?

Desain Kekinian

Vivo Y21s menonjol dengan desainnya yang muda dan modern. Apalagi dengan dua versi yang ditawarkan yakni Midnight Blue dan Pearl White, bagian belakangnya juga diubah menjadi warna gradasi yang indah dan berkilau. Secara keseluruhan, Vivo Y21s masuk dalam kategori smartphone ramping dengan ketebalan hanya 8 mm dan berat 182 gram saja. Inilah yang menyebabkan Vivo Y21s disukai oleh banyak pengguna yang memperhatikan detail desain cantik saat memilih smartphone baru.

Sementara dalam hal keamanan biometrik, perangkat ini menawarkan pembukaan kunci face unlock dan sidik jari samping. Hanya dengan sentuhan ringan yang diklaim responsive dan tata letak yang membuatnya lebih nyaman, Vivo Y21s menawarkan kinerja yang lebih efisien dibanding sensor sidik jari di punggung.

Baterai Besar

Sebagai smartphone yang ditujukan untuk pengguna muda, Vivo Y21s tidak akan berarti tanpa baterai yang besar. Oleh sebab itu pernagkat ini dilengkapi dengan baterai 5.000 mAh. Dengan layar resolusi rendah, ia bisa memberikan waktu penggunaan yang super efisien seharian atau bahkan bisa bertahan hingga dua hari. Karena itu, semua aktivitas yang dilakukan di atas layar Vivo Y21s akan terasa lancar karena kalian tidak perlu repot mengisi daya baterai di tengah hari.

Tak lupa, Vivo Y21s memiliki fast charger 18W untuk mengisi ulang daya baterai lebih cepat dan menghemat lebih banyak waktu kalian.

Kekurangan Vivo Y21s

Jika membicarakan mengenai kekurangan, tentu ada beberapa hal yang juga menjadi persamaan antara Vivo Y21s dengan versi standar Y21. Hal tersebut tidaklah mengherankan mengingat harga jualnya yang tidak jauh berbeda sehingga Vivo hanya melakukan upgrade spesifikasi krusial saja pada perangkat ini.

Masih Mengusung Layar LCD dan Resolusi HD+

Vivo tidak melakukan perubahan standar untuk layar Y21s dari saudaranya. Pada bagian depan, Vivo Y21s memiliki desain 6.51 inci yang membawa tampilan water drop pada panel IPS LCD. Layar besarnya memang memberikan ruang untuk visualisasi luas dengan baik mulai dari menjelajahi Tiktok, Facebook, menonton Youtube, atau bermain game bagi kalian. Namun sayangnya resolusi yang dihadirkan oleh Vivo masih tetap HD+ sehingga tidak maksimal.

Jika kalian pengguna Android yang mungkin telah mengetahui bahwa layar AMOLED lebih berkualitas daripada LCD, tentu merasa enggan untuk memilih Vivo Y21s. Layar AMOLED memiliki waktu respons yang sangat cepat, piksel dapat dinyalakan dan dimatikan secara instan untuk memberikan reproduksi gerakan yang sangat jelas. Sementara panel LCD memerlukan sepersekian detik untuk berubah dari buram menjadi jelas dengan kualitas warna yang kalah saing.

Tidak Mempunyai Speaker Stereo

Sama seperti Y21, smartphone yang dibanderol lebih mahal ini juga tidak mempunyai kualitas audio kelas atas yang mendukung untuk menikmati konten dengan nyaman. Selain layar yang kalah saing dengan kompetitornya, output suara dari Vivo Y21s juga enggan menawakan hal lebih.

Tidak Memiliki Proteksi Corning Gorilla Glass dan IP Rating

Melalui spesifikasi yang dirilis pada website resminya, Vivo tidak menyertakan perlindungan ekstra pada layar dan ketahanan air atau pun debu pada perangkat ini. Artinya kalian harus berhati-hati saat menggunakan Vivo Y21s di tempat yang rawan terhadap goresan atau cipratan air.

Demikian kelebihan dan kekurangan Y21s, salah satu jagoan terbaru dari Vivo. Semoga informasi di atas bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan saat ingin mengganti smartphone ya.