Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Memang Samsung Galaxy A71 hadir sebagai penerus Samsung Galaxy A70. Sebenarnya setelah itu Samsung Galaxy A70 ada seri Samsung Galaxy A70s. Namun, Samsung Indonesia tidak meluncurkan ponsel tersebut di Indonesia.

HP Samsung
Spesifikasi Samsung Galaxy A71
  • Rilis Januari 2020
  • Layar 6.7" Super AMOLED Plus ~393 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Internal 8/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4500 mAh, Fast charging 25W
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A71 dan Harganya

Di Indonesia Samsung Galaxy A71 hadir dengan pilihan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Dijual melalui toko online dengan harga Rp. 5,8 atau Rp. 6 juta paling murah. Untuk jumlah sebesar itu, apakah Samsung Galaxy A71 layak untuk dibeli?

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak pembahasan berikut kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A71 ini. Pertama, mari kita periksa beberapa spesifikasi Samsung Galaxy A71.

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Apa manfaat yang datang dengan ponsel ini? Samsung Galaxy A71. Terbukti, ponsel ini memiliki banyak keunggulan. Inilah keunggulan yang diberikan Samsung Galaxy A71.

Empat Kamera Hebat

Samsung Galaxy A71 hadir dengan menawarkan empat kamera di bagian belakang. Pertama, ada kamera utama 64 megapiksel yang memanfaatkan sensor Samsung ISOCELL Bright G1 yang dilengkapi teknologi Tetracell Quad Bayer.

Kamera kedua di ponsel ini memiliki kamera ultra lebar 12MP. Kamera ketiga adalah kamera 5-mikro. Kamera terakhir adalah satu untuk efek mendalam. khusus kamera yang memiliki sensor 5 MP. Keberadaan keempat kamera ini tentu menarik. Seperti apa performa kamera di bagian belakang ponsel ini? Lihatlah beberapa gambar kamera dari ponsel ini.

Berdasarkan gambar di atas, terlihat bahwa kualitas gambar yang ditangkap oleh Samsung Galaxy A71 cukup mengesankan. Dalam kondisi pencahayaan yang terang maupun dalam kondisi minim cahaya, gambar dari perangkat ini menarik dan layak di kategorinya.

Di kamera utama yang merupakan kamera 64 megapiksel Hasilnya sangat baik. Seperti yang dinyatakan GSMArena, gambar yang diambil oleh kamera utama di ponsel ini sangat bagus tetapi tidak sebagus di area tertentu. Detail fotonya memadai sementara kontrasnya memadai.

Kamera dengan 64 MP akan mengambil foto dengan resolusi 16 megapiksel berkat teknologi Quad Bayer. Tentu saja, ada opsi untuk memotret pada 64 MP dan hasilnya cukup mengesankan.

Sedangkan untuk kamera ultra-wide 12 MP, hasil jepretannya sangat bagus. Detail foto sangat bagus dan kejelasannya jauh lebih baik daripada model sebelumnya. Samsung Galaxy A70 hanya memiliki kamera ultra-wide 8 MP. Hasil kamera dengan 12 MP diklaim lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy A70.

Untuk mode low-light, sedangkan untuk Low-light Mode kamera 16 megapiksel (64 MP) ponsel ini dapat menjalankan tugasnya dengan efektif. Namun, menurut GSMArena bahwa penggunaan mode HDR, juga dikenal sebagai mode malam, sangat disarankan untuk mengambil gambar cahaya rendah yang lebih baik dan lebih tajam.

Pujian untuk kamera di bagian belakang ponsel ini tak melulu dari GSMArena. Website abs-cbn.com juga memberikan pujian untuk kamera di ponsel ini. Gambar yang diambil dari Samsung Galaxy A71 Samsung Galaxy A71 cukup tajam dan jernih. Ini juga memiliki warna yang mencolok.

Mendukung perekaman video 4K, serta Fitur Super Stabil

Samsung Galaxy A71 memiliki kemampuan merekam video yang sangat baik. Kamera mampu yang memungkinkan Anda merekam video dalam resolusi hingga 4K. Perekaman video dengan resolusi 4K sangat mengesankan.

GSMArena menyatakan bahwa perekaman video 4K atau 1080p pada ponsel sangat baik untuk kelas ini. Video cukup jelas dan memiliki rentang dinamis yang layak. Warna dan kontras dalam rekaman sangat bagus.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki fitur super Steady. Fitur ini memungkinkan perekaman video dengan cara yang tenang dan nyaman dan juga mencegah goyangan video. Namun, fitur ini hanya bisa dihidupkan untuk mode 10-80p untuk perekaman video.

Kamera Selfie 32 MP

Perlu dicatat bahwa Samsung Galaxy A71 memiliki kamera 32 MP Quad Bayer. Resolusi kameranya hanya 8 MP, namun kamera di ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP. Tampaknya Samsung sedang mencoba meningkatkan ke kamera depan.

Tentu saja kamera depan hadir dengan pilihan 32 MP. Satu-satunya masalah adalah tidak dilengkapi dengan mode HDR. Kamera selfie itu sendiri gambar dari kamera di ponsel ini dapat digunakan dengan efek yang luar biasa. Menurut situs Unbox.ph menyatakan bahwa hasil selfie dari ponsel ini cukup bagus asalkan dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Daya Tahan Baterai Hebat

Memang Samsung Galaxy A71 dibekali baterai sebesar 4.500 mAh. Dengan kekuatan tersebut dikatakan Samsung Galaxy A71 mampu mempertahankan rating ketahanan 102 jam selama pengujian GSMArena. Ini adalah skor yang bagus, yang berarti berapa lama baterai ponsel bertahan sangat lama.

Situs web abs-cbn.com menyatakan bahwa masa pakai baterai ponsel ini bisa bertahan lebih lama dari satu hari. Di sisi lain, situs web Unbox.ph mengklaim bahwa masa pakai baterai ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan yang intens. Jika Anda menggunakannya dalam tingkat sedang, masa pakai baterai ponsel ini diprediksi akan bertahan dua hari.

Pengisian Cepat 25W

Samsung Galaxy A71 Samsung Galaxy A71 dilengkapi dengan sistem pengisian cepat 25W. Teknologi ini memungkinkan ponsel mampu mengisi daya lebih cepat. GSMArena merekam durasi pengisian daya perangkat ini selama 30 menit mulai dari penuh hingga terisi penuh. Untuk terisi penuh, dibutuhkan waktu kurang lebih 8 jam.

Situs web Unbox.ph juga menyediakan waktu pengisian cepat. Untuk mengisi penuh ponsel, dibutuhkan sekitar 90 menit. Tidak jauh berbeda dengan hasil pengujian GSMArena. Ini menegaskan bahwa pengisian daya pada ponsel ini sangat cepat.

Layar Super AMOLED menawarkan kelegaan

Samsung Galaxy A71 Samsung Galaxy A71 dibekali dengan layar berukuran 6,7 inci. Layarnya memiliki resolusi 1080x2400 piksel dan rasio aspek 20:9. Layarnya tentu besar dan enak digunakan untuk menonton video. Selain itu, layar ini dilengkapi dengan panel Super AMOLED Plus.

Panel Super AMOLED diakui sebagai salah satu layar teratas. Oleh karena itu, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa layar ponsel menawarkan kualitas warna dan rasio kontras yang luar biasa.

Satu hal yang mungkin agak kurang adalah HDR10. Samsung Galaxy A71 tidak hadir dengan sertifikasi HDR10. Ini membuat ponsel tidak dapat memutar video HDR10 di platform streaming populer, namun Youtube masih dapat melakukan streaming konten HDR.

Performa Tinggi dan Performa Kuat, dengan Snapdragon 730G

Ini adalah Samsung Galaxy A71 yang tersedia di Indonesia yang dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 730G. Chipset yang dibangun menggunakan proses fabrikasi 8 nanometer. Ini dilengkapi dengan prosesor Octa-core (2x2.2 Kryo 470 Silver, 2.2GHz dan 6x1.8 Kryo 470 Silver, GHz) serta GPU Adreno 618.

Lantas, seperti apa performa Snapdragon 730 di Samsung Galaxy A71? Mari kita periksa gambar di bawah ini.

Berdasarkan gambar tersebut tampaknya Samsung Galaxy A71 berhasil mendapatkan skor impresif sebesar 263 ribu untuk ujian Antutu 8. Skor tersebut disertai dengan Redmi K30 serta Realme X2. Uji perangkat melalui GSMArena mencakup Galaxy A71 dengan chip Snapdragon 730.

Lalu bagaimana dengan Galaxy A71 yang menggunakan Snapdragon 730G? Mari kita lihat hasil tes yang dilakukan oleh Dailysocial. Situs Dailysocial merupakan salah satu situs teknologi informasi Indonesia yang sempat mengulas Samsung Galaxy A71. Berdasarkan hasil yang dihimpun dari review ini, harga Antutu yang ditemukan adalah 263 jutaan. Tidak jauh berbeda.

Berdasarkan data tersebut terlihat betapa bagusnya ponsel ini cukup mengesankan. Samsung Galaxy A71 cukup tangguh untuk gaming. Situs Telset.id menguji kemampuan chipset pada ponsel ini. Pengujian dilakukan dengan aplikasi bernama game PUBG Mobile.

Menurut laporan, PUBG Mobile berjalan dengan baik dengan Galaxy A71 pada pengaturan yang sangat halus. Dengan pengaturan ini game dapat berjalan pada 40 frame per detik. Angka-angka ini cukup nyaman, meskipun chip ini bisa mencapai 60fps.

OneUI 2 didasarkan pada Android 10 juga NFC

Keunggulan lain dari ponsel Samsung Galaxy A71 ini adalah One UI 2 berbasis Android 10. Ini memiliki beberapa fitur menarik serta beberapa fitur yang tersedia di One Ui di ponsel kelas atas Samsung, terintegrasi ke dalam ponsel ini. Selain One UI, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur NFC.

Kekurangan Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71 Samsung Galaxy A71 tidak hanya memiliki banyak keunggulan. Ini juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy A71s? Simak dua kekurangan Samsung Galaxy A71.

Desain "Glastis"

Samsung Galaxy A71 memiliki tampilan yang tampak hebat. Ini juga nyaman. Setidaknya itulah pendapat dari Unbox.ph. Mereka mengatakan bahwa ponsel ini memiliki desain yang stylish dan ergonomis. Ada satu masalah, ponsel ini terbuat dari polikarbonat.

Bodi ponsel sebenarnya terbuat dari polikarbonat atau plastik, namun telah dipoles agar ponsel tampak seperti kaca. Inilah sebabnya mengapa situs Unbox.ph menawarkan istilah baru untuk desain ponsel yaitu Glasstic. Desain ponsel plastik jelas mengurangi daya tarik desain ponsel yang tampak sangat mewah.

Masalah Kamera Makro

Memang benar Samsung Galaxy A71 memang memiliki kelebihan di sektor kamera belakang. Masalahnya tidak semua kamera memiliki kemampuan yang baik. Kamera makro adalah lensa kamera tertentu yang terasa kurang meyakinkan.

Seperti yang dicatat oleh GSMArena, kualitas gambar kamera makro yang terpasang di dalam ponsel tidak menarik dan tampaknya memiliki keterbatasan. Namun, situs Unbox.ph mengatakan bahwa Samsung mengintegrasikan kamera telefoto, daripada menggunakan kamera makro yang sebenarnya.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Samsung Galaxy A71. Samsung Galaxy A71. Kamera utama, layar, dan kinerja ponsel dianggap sebagai keunggulan tersendiri. Selain itu ponsel ini menjalankan One interface yang mudah digunakan. Selain itu terdapat fitur NFC yang dapat membantu bagi orang yang membutuhkannya.

Kelemahan yang hadir pada ponsel ini cukup bisa dimaklumi. Pasalnya, handset ini dibanderol sekitar Rp. 6 juta, akan sangat menarik untuk dilihat, misalnya, Samsung menawarkan kamera telefoto daripada kamera makro.

Terlepas dari kekurangan ini Terlepas dari masalah ini, selain masalah ini, Samsung Galaxy A71 cukup layak untuk dibeli. Ponsel ini ideal untuk orang-orang yang membutuhkan ponsel Samsung dengan desain yang indah, kinerja yang sangat baik, NFC, dan fitur mengesankan lainnya. Apakah kamu tertarik? Apakah Anda ingin membeli ponsel ini? Shopee melalui link ini atau Lazada dengan mengklik link ini.