Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72

Samsung benar-benar tidak main-main soal merilis gadget satu ini. Ya, Samsung Galaxy tipe A72 dikemas menjadi handphone HP yang tangkas dan pemberani bak Dragonball. Dengan kapasitas 4500mAh dan layar 6.7". Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera belakang 64 + 8 + 12 + 5MP dengan tingkat densitas piksel sebesar 393ppi. Kalian juga bisa mendapatkan tampilan resolusi sebesar 1080 x 2400pixels. Dengan berat sebesar 179g, handphone HP ini memiliki prosesor Octa Core.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A72
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.7 inci Super AMOLED 90Hz ~394 ppi
  • Chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 5.500.000 - 5.900.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A72 dan Harganya

Nah, tentu saja spesifikasi yang asik demikian bikin kita penasaran soal detail dari ponsel pintar ini. Nah, bagaimana kira-kira detail lebih lanjut dari gawai ini, ya? Yuk simak keterangan lebih lanjutnya di bawah ini!

Kelebihan Samsung Galaxy A72

Body Tahan Air dan Debu

Ini adalah salah satu kelebihan yang asik dalam diri Samsung Galaxy A72. Bodinya yang berbobot 203 gram tersebut telah mengantongi sertifikasi IP67. Samsung model A72 dapat memproteksi badannya dari benda asing seperti debu, kerikil, atau sedimen kasar lainnya. Bodi gawai ini mampu bertahan selama 30 menit ketika dicelupkan ke air sedalam satu meter.

Nah, perangkat tangguh yang mempunyai dimensi 165 x 77.4 x 8.4 mm ini telah mengatur sedemikian rupa bagian depannya dengan material kaca. Bagian depan Samsung Galaxy A72 mengangkat konsep Waterdrop Notch atau yang seakan-akan seperti bentuk tetesan air.

Layar AMOLED

Teknologi asoy dari Samsung Galaxy A72 adalah dihadirkannya teknologi panel Super AMOLED berukuran 6.7 inci. Hal tersebut membuat tingkat presisi layar lebih bagus dan mampu memproduksi kontras warna lebih apik.

Tidak hanya itu, layar Samsung Galaxy A72 pula menyuguhkan kenyamanan pada pengguna lewat tingkat kecerahan yang mencapai 800 nits. Nah, hal ini bisa membuat kalian masih dapat menatap layar tanpa khawatir silau dari pantulan sinar matahari. Nah, kalian juga tidak boleh meremehkan kerapatan piksel 394 ppi dari layarnya, yang menciptakan tampilan di layar semakin tajam.

Jangan lupakan juga kehadiran teknologi pemindai sidik jari yang berguna untuk biometrik dan keamanan di balik layarnya. Adapun, fitur pengenal wajah lewat sensor optik yang kegunaannya sama tetapi lebih cepat dari sensor pemindai sidik jari.

Android 11 Penuh Fitur

Samsung Galaxy A72 sebagai ponsel keluaran terbaru, kalian pastinya mendapatkan keuntungan seperti pemasangan sistem operasi Android 11 yang didampingi oleh One UI 3.1. Kalian juga akan bertemu dengan fitur SmartThings Samsung dan Dolby Atmos, memungkinkan audio berkerja secara optimal untuk tiga aktivitas yang beragam yaitu Film, Musik, dan Suara.

Berbagai fitur-fitur menarik dari gawai ini yang dipersembahkan oleh OS Android 11 mulai dari pengaturan Smart Home di tombol daya, notifikasi prioriti, akses ke mini gim, mode Do Not Disturb, dan masih banyak lagi.

Desain Rapih dan Profesional

Bagi kalian yang menyukai tampil profesional maka gawai ini sangat cocok. Kalian akan dibuat kagum dengan desain kamera belakangnya yang tampil baik dan rapi. Bodi yang tipis dan elegan membuat kalian berani tampil pede di depan siapa saja.

Kamera Canggih

Tidak melulu soal tampilan kamera yang lebih menarik, namun perangkat ini mengantongi beberapa peningkatan pada sistem kameranya. Kalian bisa menemukan fitur LED flash, HDR, dan panorama pada Samsung Galaxy A72. Kalian mampu menghasilkan gambar yang spektakuler karena gawai ini sungguh baik merekam dengan hasil yang cerah dan warna yang tampak natural.

Hal tersebut tidak terlepas dari konfigurasi yang ditanamkan padanya, yakni resolusi 4K pada 30 frame per detik dan 1080p yang berkecepatan 30/60fps. Kalian juga tidak perlu khawatir dengan gambar yang shaky, pasalnya, gawai ini dihadirkan pula teknologi gyro-EIS yang menyebabkan gambar stabil.

Bagi kalian yang hobi swafoto perangkat ini sangat menunjang untuk kebutuhan tersebut. Sebab Samsung Galaxy A72 telah menempelkan sensor berukuran 32 MP dengan bukaan f/2.2. Ditambah lagi fitur HDR untuk memberikan kontras warna lebih baik. Untuk kemampuan videonya, dibekali dengan dua resolusi yaitu 4K@30fps dan 1080p@30fps. Tentu fitur ini bisa membantu kalian yang ingin melakukan konferensi video,.

Baterai Berkapasitas Besar

Pengguna yang sering bermain game atau menghabiskan waktu dengan media sosial pastinya akan membuat baterai akan cepat habis. Nah, kalian tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Pasalnya, baterai yang dipasang di gawai ini berbeda dengan biasanya. Yakni baterai Li-Po yang telah tertanam pada Samsung Galaxy A72. Sumber dayanya jangan kalian ragukan lagi, pasalnya, kapasitasnya terbilang jumbo dengan ukuran 5.000 mAh. Samsung mengklaim dapat menyala hingga dua hari.

Didukung Fitur NFC

Kabar baik bagi kalian yang senang melakukan transaksi secara digital atau non-tunai. Bersiaplah dengan fitur bawaan Samsung Galaxy A72 yang menghadirkan teknologi NFC (Near field communication). Kegunaan dari fitur komunikasi jarak dekat ini tidak hanya sekedar membantu proses pembayaran tetapi ada beberapa yang lain.

Kalian bisa mendapatkan pengalaman kemudahan untuk melakukan akses informasi Smart Card, menandai lokasi, membuka perangkat lunak tertentu tanpa harus dilakukan manual alias otomatis, mempercepat transmisi data atau file, hingga menyambungkan ponsel pintar ke perangkat lain.

Kekurangan Samsung Galaxy A72

Material Cover Plastik

Kalian jangan merasa senang dulu, pasalnya si penyandang ponsel pintar kelas menengah, nyatanya bagian belakangnya terbuat dari plastik. Banyak orang tidak siap dengan kenyataannya. Namun, bagi kalian yang suka ponsel simple dan ringan, tentu hal ini bukan menjadi masalah. Material plastik tersebut justru membantu ponsel ini menjadi lebih ringan.

Sensor Makro Tidak Dilengkapi AF

Bagi kalian yang pecandu fotografi tentu ini menjadi hal yang perlu dipikirkan ulang. Selain kehilangan sensor kedalaman kamera utama Samsung Galaxy A72, hal lain yang menjadi kekurangan adalah belum dipasang teknologi auto fokus. Padahal kehadiran teknologi tersebut sangat memudahkan para pengguna khususnya pecinta fotografi makro saat memotret objek.

Oleh karena itu, saat pengguna hendak menjepret objek menggunakan sensor makro berukuran 5 MP berdiafragma f/2.4 harus membutuhkan effort atau usaha lebih dengan mengatur sendiri atau manual untuk mendapatkan titik fokus pada objek.

Rupanya, pada sektor videografinya cukup mengalami penurunan dibandingkan Samsung Galaxy A71. Pasalnya, pada ponsel pintar baru ini mesti kehilangan salah satu resolusi yang jumlah pikselnya yaitu 1080p dan jumlah frame setiap detiknya 960fps. Namun, secara keseluruhan perangkat ini membawa banyak perubahan dan peningkatan dari keluaran Samsung sebelumnya.

Bagi kalian yang membutuhkan ketangkasan yang dimiliki Samsung Galaxy A72 tepat dipilih untuk dijadikan teman dalam membantu aktivitas mobile harian. Apalagi dengan layar yang bening, kamera dan baterai yang berperfoma baik, sekaligus Android 11 yang siap menemani kalian. Tentu saja di luar segala kekurangannya, namun ponsel ini dijamin memberikan performa yang tidak kalah menarik dari ponsel lain dengan 6 juta rupiah. Bagaimana, kalian ingin mengantongi HP kelas menengah ini?