Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32

Kalian semua pasti mengenal Samsung. Ya, perusahaan yang mengeluarkan produk smartphone ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian bukan.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A32
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.4 inci Super AMOLED 90Hz ~411 ppi
  • Chipset Mediatek Helio G80
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan 20 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp 3.400.000 - 3.600.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A32 dan Harganya

Kali ini Samsung telah menghadirkan Galaxy A32 yang digadang membawa terobosan fitur yang mantap. Namun tidak lengkap rasanya apabila tidak membahas kelebihan dan kekurangannya secara lebih rinci dan detail. Penasaran? Yuk baca artikel ini sampai selesai.

Kelebihan Samsung Galaxy A32

Menjadi penerus Galaxy A31 yang sebelumnya sangat laris di pasaran, Samsung Galaxy A32 juga didatangkan dengan sejumlah keunggulan yang tidak kalah menarik untuk dipertimbangkan, diantaranya:

Desain Minimalis

Kalau dilihat dari segi desain, memang Galaxy A32 mengusung tema yang berbeda dari versi terdahulunya. Samsung sengaja memberinya nama desain produk ini minimalist design with striking style and gloss finish. Tentu saja nama tersebut bukan tanpa alasan. Hal tersebut terpancar dari bodi gawai ini yang glossy tanpa motif. Baik dari sisi cover maupun baliknya. Ini berbeda jauh dari keluaran sebelumnya, yakni Galaxy A31.

Bagi kalian yang suka tampil elegan tentu saja Galaxy A32 bisa menjadi kandidat incaran. Pasalnya kesan tersebut terpancar jelas dari desainnya yang minimalis dengan berukirkan tulisan “Samsung” di sisi bawah.

Selain itu, Samsung Galaxy A32 juga hadir dengan empat pilihan warna glossy polos yang menarik, yakni Awesome Black, Awesome White, Awesome Blue, dan Awesome Violet.

Panel Layar AMOLED 90Hz

Galaxy A32 adalah smartphone termurah pertama yang layarnya berpanel Super AMOLED dengan laju penyegaran 90 Hz (adaptif). Terkejut bukan? Ketika diusap, layar Galaxy A32 sangat lembut dan responsif.

Kalian tentu tidak akan bosan melihat layar gawai cerdas ini. Pasalnya, produksi warnanya sungguh tajam, cerah (vivid), dan memancarkan warna hitam dengan sempurna. Layar juga tidak mengalami kendala saat ponsel dipakai di bawah terik matahari. Hal ini karena kecerahan puncaknya bisa mencapai 800 nit.

Bagi kalian yang memiliki mata sensitif, produk ini menyediakan fitur eye comfort shield yang mendapat sertifikasi eye care dari SGS. Dengan fitur ini, kalian bisa melindungi mata dari bahaya cahaya biru yang dipancarkan oleh layar. Namun, jangan salah, jumlah cahaya biru sudah ditekan hingga kurang dari 6,5 persen.

Kamera Utama 64MP

Galaxy A32 menghadirkan fitur kamera cukup lengkap. Gawai pintar ini menyediakan kamera belakang, ada lensa utama 64 MP f/1.8, lensa ultrawide 8 MP f/2.2, lensa makro 5MP f/2.4, dan lensa sensor kedalaman 5 MP f/2.4. Keempat lensa tersebut didukung oleh satu lampu flash. Sementara itu, terdapat juga lensa kamera depan 20 MP f/2.2 namun tidak dilengkapi dengan lampu flash.

Diketahui, seperangkat kamera tersebut ini mirip dengan Galaxy A31, namun tidak menghadirkan kamera utama. Galaxy A31 diketahui memiliki resolusi lebih rendah, yakni resolusi 48 MP f/2.0. Lantas, kalian penasaran dengan performa kamera utama dari gawai ini? Menurut beberapa sumber, detail gambar yang dihasilkan sangat baik. Nah, apalagi hasil foto yang lebih prima bisa didapat jika mengaktifkan mode pixel binning resolusi maksimal 64 MP.

Tapi kamu tidak disarankan menggunakan kamera gawai ini dalam settingan default (16 MP), pasalnya foto tidak berdetail cukup. Namun keduanya, baik 64 MP atau 16 MP sama-sama bisa meminimalkan noise dalam kondisi cahaya yang cukup redup.

Kamera Galaxy A32 juga memiliki kemampuan merekam video yang tidak bisa diremehkan. Gawai ini mampu merekam video dengan resolusi maksimal Full HD di 30 fps. Kalau kalian penggila bikin video konten juga tersedia fitur slow motion (720p di 120 fps). Menarik sekali, bukan? Hasil rekaman videonya baik dan memuaskan, meski kalian akan mendapati guncangan apabila mengambil video dengan tangan. Untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan tripod.

Performa Handal untuk Gaming

Nah, ini adalah fitur yang pasti kalian tunggu. Ya, performa gaming. Apabila kalian penggemar game berat seperti PUBG Mobile, Call of Duty, dan Asphalt 9, Galaxy A32 bisa menjalankan deretan game tersebut dengan lancar pada pengaturan grafik standar.

Sumber lain juga mengatakan bahwa game berat lain seperti Genshin Impact masih bisa berjalan di ponsel ini pada pengaturan grafik lowest-60 fps. Gambar yang dihasilkan ada di rentang 15-25 fps, tetapi bisa turun ke 10 fps saat pertarungan berlangsung.

Nah, kehadiran chipset MediaTek Helio G80 mumpuni untuk bermain game berat. Khususnya karena chipset yang diproses dengan fabrikasi 12 nm ini punya GPU Mali-G52 MC2 dengan kecepatan 950 MHz (cukup tinggi).

Kekurangan Samsung Galaxy A32

Meski memiliki beragam keunggulan yang menarik, sebagaimana kebanyakan smartphone lainnya, Samsung Galaxy A32 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Fast Charging 15W

Sayang sekali bagi kalian yang tidak sabaran ketika mengisi baterai. Faktanya, Galaxy A32 tak punya teknologi pengisian cepat 25 W seperti dua keluaran lain, Galaxy A52 dan A72. Samsung hanya menyediakan fitur pengisi daya 15 Watt yang termasuk dalam paket penjualan. Hal tersebut tentunya membuat kecepatan pengisian baterai pun relatif lama.

Speaker Kurang Keras

Sayang sekali, namun berbagai sumber mengatakan bahwa suara keluaran speaker mono Galaxy A32 relatif pelan. Volume maksimum speaker Galaxy A32 tidak cukup keras.

Kinerja Kurang Stabil

Kemampuan gaming Galaxy A32 dengan chipset Helio G80 memang cukup baik. Namun, dalam pemakaian sehari-hari malah muncul kendala. GPU yang ada di chipset Helio G80 memang bisa menjalankan resolusi tinggi dengan laju penyegaran 90 Hz. Namun, untuk mendapatkan kelancaran di setiap waktu adalah hal yang tidak bisa dijumpai.

Nah, hal ini juga terjadi ketika pengguna menyentuh ikon kamera. Galaxy A32 butuh waktu 4-5 detik setelahnya. Hal yang seperti ini juga terjadi saat dia menjajal mode pengambilan gambar lain di aplikasi kamera.

Nah, bagaimana nih, kalian sudah berfikir matang untuk membeli produk ini. Itulah serangkaian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32. Tentu saja Samsung mencoba untuk mewujudkan ponsel terjangkau dengan layar, kamera, dan performa mumpuni. Berbagai pengembangan fitur sudah dicoba untuk menampilkan hasil yang terbaik buat kalian. Namun tentunya, untuk pemakaian reguler tiga aspek tersebut sudah sangat cukup baik untuk digunakan oleh kalian oleh Galaxy A32. Sekali lagi, jika kalian adalah pengguna kasual.

Apalagi jika kalian gemar dengan ponsel elegan dengan desain sederhana dan catchy. Jangan lupakan juga varian warna Galaxy A32 tentu pilihan yang tak boleh dikesampingkan. Soal harga, hal yang patut disyukuri adalah ponsel ini telah kembali menyajikan harga yang terbilang terjangkau, yakni di bawah Rp4 juta.

Nah, kapan lagi kalian bisa mendapatkan varian memori 128/6 GB dijual dengan Rp3,59 juta, sedangkan varian storage 128 GB dengan RAM 8 GB dibanderol Rp3,79 juta.