Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung Galaxy A32 : Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A32

Harga Samsung Galaxy A32

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A32
Samsung Galaxy A32
Harga referensi
Rp3.800.000 8/128 GB
Rp3.600.000 6/128 GB

Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Jaringan GSM / HSPA / LTE
Rilis Maret 2021
Body Dimensi 158.9 x 73.6 x 8.4 mm
Berat 184 gram
Material Depan kaca, Belakang plastik, Frame plastik
Warna Putih, Biru, Hitam, Violet
SIM Dual SIM (Nano-SIM dan dual stand-by)
Layar Tipe Super AMOLED 90Hz 800 nits
Ukuran 6.4 inci (~84.6% rasio layar ke body)
Resolusi 1080 x 2400 pixels, rasio 20:9, ~411 ppi
Proteksi -
Platform OS Android 11, Interface One UI 3.1
Chipset Mediatek Helio G80 (12 nm)
CPU Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 dan 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52 MC2
Memori Internal 6/128 GB, 8/128 GB
Eksternal Tersedia slot microSDXC
Lainnya -
Kamera Utama 4 Kamera
64 MP f/1.8 (wide) PDAF
8 MP f/2.2 123˚ (ultrawide) 1/4.0" 1.12µm
5 MP f/2.4 (macro)
5 MP f/2.4 (depth)
Fitur LED flash, panorama, HDR
Video 1080p @30fps
Kamera Depan Kamera 20 MP f/2.2 (wide)
Fitur -
Video 1080p @30fps
Audio Speaker Ada
3.5mm Jack Ada
Konektivitas WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, dual-band
Bluetooth 5.0, LE, A2DP
GPS Ada dengan A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Radio Ada
NFC Ada
USB USB On-The-Go, USB Type-C 2.0
Fitur Fingerprint (di bawah layar, optical), compass, accelerometer, gyro, proximity
Baterai Tipe Non-removable, Li-Ion 5000 mAh
Pengisian Daya Fast charging 15W
Benchmark Antutu 200.458

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32

Samsung Galaxy A32 datang dengan menawarkan sejumlah kelebihan yang cukup menarik untuk dipertimbangkan. Namun demikian, tentu saja ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum kalian memutuskan untuk membelinya. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Simak review Samsung Galaxy A32 berikut ini:

Kelebihan Samsung Galaxy A32

Samsung Galaxy A32 datang dengan menawarkan sejumlah kelebihan yang menarik dan patut kalian pertimbangkan, diantaranya adalah:

1. Desain

Terdapat sejumlah perubahan desain dari penerus Galaxy A31 ini, di antaranya adalah layar infinity-u dengan notch di bagian tengah atas yang tersemat padanya sebuah lensa kamera selfie.

Adapun Samsung memberi nama desain yang diusung pada Galaxy A32 ini dengan sebutan "minimalist design with striking style and gloss finish". Nama itu nyata tercermin dengan jelas apabila kita perhatikan belakang bodinya.

Hal pertama yang bisa kalian sadari adalah desain polos tanpa ada motif apapun pada case punggungnya. Namun demikian, desain ini sukses memberikan kesan yang elegan dan minimalis yang terpancar bersama sebuah tulisan "Samsung" di bagian bawahnya. Belum lagi terdapat empat opsi warna glossy menarik yang bisa kalian pilih, yaitu Awesome White, Awesome Black, Awesome Violet, dan Awesome Bule.

Baik bingkai maupun cover belakang Galaxy A32 dibuat dari bahan plastik polycarbon. Jangan salah, cover dengan bahan jenis plastik ini memiliki ketahanan yang lebih baik daripada cover kaca. Sebab ketika ponsel terjatuh, tidak seperti cover kaca yang ringkih meskipun dengan Gorilla Glass, bodi dengan cover plastik karbon lebih tahan banting sehingga tidak mudah pecah. Demikian menurut Abhijeet M. dari SamMobile, smartphone keluaran Samsung ini memiliki build quality yang terbilang sangat baik.

Namun demikian, hal yang mungkin agak outdated adalah bezel layarnya yang masih terkesan lebar, terutama pada bagian bawahnya. Adapun secara keseluruhan, tampilan yang ditawarkan Galaxy A32 bisa menjadi kabar gembira bagi kalian yang rindu dengan smartphone compact dan memiliki kesan sederhana.

Kalian mungkin akan kesulitan untuk bisa menemukan smartphone berdesain kompak dengan layar di bawah 6 inci sebagaimana yang dimiliki Samsung Galaxy S8. Namun, Samsung Galaxy A32 dengan dimensi 158,9 x 73,6 x 8,4 mm nyatanya masih bisa masuk kantong celana dan nyaman digunakan meski hanya dengan satu tangan, selain juga karena bobotnya yang ringan dengan berat hanya 180 gram.

2. Tampilan Minimalis & Menawan

Seperti para pendahulunya, layar Samsung Galaxy A32 masih mengusung penggunaan panel Super AMOLED, namun dengan peningkatan pada refresh ratenya yang kini 90Hz. Dengan resolusi Full HD+ dan luas layar 6.4 inci, Samsung Galaxy A32 sukses menampilkan kualitas gambar yang tajam dan vivid (cerah), serta motion visual yang halus, sehingga pengalaman scrolling dengan banyak aplikasi pun menjadi asyik. Selain itu, penggunaan di bawah terik matahari juga masih terasa nyaman tanpa kendala berkat tingkat kecerahannya yang mencapai 800 nit.

Layar Galaxy A32 juga dibekali teknologi eye comfort shield yang tersertifikasi. Fitur ini memungkinkan perlindungan mata yang ekstra dari bahaya cahaya biru yang dipancarkan oleh layar.

Fitur lain yang disematkan pada layar Galaxy A32 adalah sensor fingerprint yang ditanamkan pada layar serta fitur Widevine L1 untuk pengalaman menonton netflix yang lebih asik.

Adapun yang kurang dari layarnya adalah desain poninya yang menurut sebagian pengguna menjadi kurang menarik.

3. Kinerja Gaming Mumpuni

4. Memory dan Keamanan

5. Kamera Berkualitas

Setup kamera yang diusung Samsung Galaxy A32 terbilang cukup lengkap. Pada kamera belakang, Galaxy A32 dibekali 4 lensa yang masing-masing memiliki spesifikasi 64 MP f/1.8 lensa wide, 8 MP f/2.2 lensa ultrawide, 5MP f/2.4 lensa makro, serta lensa sensor kedalaman 5 MP f/2.4. Sementara untuk kamera depan, disematkan sebuah lensa wide yang memiliki resolusi 20 MP f/2.2.

Konfigurasi kameranya tidak jauh berbeda dari Galaxy A31, kecuali hanya peningkatan pada lensa kamera utama yang sebelumnya hanya 48 MP f/2.0. Kemampuan kamera utama Galaxy A32 akan mampu menghasilkan hasil tangkapan yang detail dengan mengaktifkan mode pixel binning di resolusi maksimal 64 MP. Adapun pada mode default, terkadang kualitas gambar yang dihasilkan menjadi kurang detail, demikian karena hanya menangkap pada resolusi 16 MP.

Namun demikian, baik pada mode default 16MP maupun binning di 64 MP, pengambilan gambar pada ruang yang cukup cahaya masih mampu menghasilkan kualitas gambar yang oke dengan noise minimal, hanya saja detailnya akan jadi berkurang ketika dilakukan pembesaran (zooming). Sementara untuk selfie di depan, kualitas hasil swafoto yang dihasilkan terbilang cukup detail dan mampu menampilkan warna kulit dengan akurat.

Kamera Samsung Galaxy A32 mampu melakukan perekaman video dengan resolusi maksimal FHD Plus pada 30 fps. Selain itu, terdapat pula fitur slow motion yang mempu menghasilkan video pada resolusi 720p dengan 120 fps. Kualitas hasil rekaman videonya terbilang cukup oke meskipun harus sedikit berkompromi dengan adanya guncangan. Demikian karena kamera Samsung Galaxy A32 belum dilengkapi fitur penstabil gambar optik (OIS) selayaknya yang terdapat pada Galaxy A72 dan A52, yang itu pun hanya berbasis software.

6. Kapasitas Baterai Besar

Kekurangan Samsung Galaxy A32

1. Speaker Kurang Nyaring

2. Pengisian Daya Lamban

3. Mengalami Stutter dan Lagging

Demikian review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat bagi kalian sebelum membeli Samsung Galaxy A32.