Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20s (G)

Setelah sukses memikat pengguna Android dengan Y20s, Vivo kembali meluncurkan varian Y20s [G]. Kedua perangkat ini sama-sama menempati segmen entry level sehingga cocok untuk kamu yang ingin mengganti smartphone baru dengan budget pas-pasan. Tentu saja hal tersebut sangat dimaklumi mengingat Vivo kerap memberikan berbagai pilihan smartphone yang menyasar selera pasar sehingga ramah di kantong.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo Y20s (G)
  • Rilis Februari 2021
  • Layar 6.51 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/128 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Charging 10W
  • Harga Rp 2.300.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y20s (G) dan Harganya

Dihadirkan tahun lalu, Vivo Y20s [G] masih worth it to buy untuk kamu di tahun 2022 kok. Penamaan ‘G’ yang disematkan padanya langsung menunjukkan bahwa smartphone yang satu ini adalah ponsel gaming. Jika Vivo Y20s [G] sudah mulai memikat bagi kamu, ada baiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Vivo Y20s [G]

Pada setiap smartphone terbarunya, Vivo tak lupa selalu menyertakan keunggulan berupa desain yang apik dan performa yang tangguh. Nah, Vivo Y20s [G] tentu saja tak luput dari perhatian karena menawarkan deretan kelebihan yang sulit untuk dilewatkan. Mari membahas lebih lanjut mengenai kelebihan Vivo Y20s [G].

Desain 2.5 Dazzling Colors

Tidak dipungkiri bahwa Vivo selalu berhasil membuat kagum pengguna dengan desainnya yang matang. Kali ini Vivo Y20s [G] membawa tampilan desain 2.5 Dazzling Colors yang menambah ciri khas-nya. Seluruh bagian bodi perangkat didesain dengan lengkungan 2.5D yang bertujuan untuk menghasilkan ponsek yang kompak dan ringan. Vivo Y20s [G] dihadirkan dengan 2 varian warna yang tidak mencolok, yakni Pursit Blue dan Obsidian Black.

Memiliki Ultra Fast Side Fingerprint

Bosan dengan perangkat smartphone lama milikmu yang hanya menawarkan fingerprint di bagian punggung? Tenang, Vivo Y20s [G] sudah memiliki Ultra Fast Side Fingerprint yang disematkan di bagian samping ponsel sehingga lebih efisien.

Vivo mengklaim bahwa sistem unlock sidik jari samping tersebut bisa secara instan membuka perangkat hanya dalam hitungan 0.17 detik saja. Opsi lainnya selain dari Ultra Fast Side Fingerprint adalah dukungan teknologi Face Access yang tidak kalah responsif.

Performa Tangguh

Berbeda dengan Vivo Y20, dari perangkat ini kamu akan mendapatkan performa yang lebih tangguh dari chipset Helio G80. Ya, chipset gaming tersebut mengandalkan kemampuan prosesor Octa-core dengan clock-speed hingga 2.0GHz. CPU-nya memuat dual core ARM Cortex-A75 yang memiliki kecepatan 2GHz dan hexa core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan hingga 1.8GHz.

GPU-nya sendiri diklaim memiliki optimalisasi daya hingga 98% sehingga kinerjanya lebih menonjol daripada pendahulunya. Vivo tidak lupa untuk menyertakan teknologi HyperEngine Game agar kamu bisa mengandalkan Y20s [G] dengan gameplay yang lebih lama. Bahkan data hasil pengujian Vivo juga menunjukkan bahwa Vivo Y20s [G] diklaim 20.8% lebih optimal dari Y20.

Karena ditujukan untuk para gamers mobile, Vivo Y20s [G] mengunggulkan teknologi HyperEngine Game yang akan membuatnya semakin lancar menjalani tugas di atas layar. Masih ragu memilihnya?

Baterai Besar dan Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang akan kamu dapatkan dari Vivo Y20s [G] adalah daya baterainya yang besar dan tahan lama. Seperti para saudaranya, Vivo Y20s [G] dibekali dengan baterai 5.000 mAh dan teknologi fast charging 18W. Ia disebut-sebut bisa mengisi ulang penuh daya dalam waktu kurang dari 2 jam. Artinya Vivo Y20s [G] bisa menemani kamu seharian dan tidak perlu buru-buru mengisi ulang daya.

Agar mendapatkan masa pakai yang lebih lama, perangkat ini turut memiliki fitur AI hemat daya. Vivo mengklaim bahwa dengan adanya teknologi tersebut maka Y20s [G] bisa bertahan hingga 20 jam untuk menonton streaming fim HD.

Penyimpanan Lega

Nah, kalau yang satu ini termasuk kelebihan yang sangat dinanti-nanti oleh semua pengguna Android. Sebelum membeli smartphone, kapasitas penyimpanan menjadi salah satu faktor penentu tingginya harga jual dan banyaknya peminat. Tenang saja karena Vivo telah menyediakan RAM 4GB dan memori internal hingga 128GB pada perangkat ini.

Jika dirasa masih kurang, Vivo Y20s [G] memiliki slot memori eksternal agar kamu bisa menambah kapasitas penyimpanan melalui microSD hingga 1TB.

Kekurangan Vivo Y20s [G]

Jangan buru-buru memilih Vivo Y20s [G] menggantikan smartphone lama kamu. Di antara banyaknya kelebihan yang terdapat pada perangkat ini, masih ada beberapa bagian yang menjadi kekurangannya. Agar tidak salah pilih, ketahui beberapa kekurangan Vivo Y20s [G] berikut ini.

Layar Masih Beresolusi HD Plus

Secara teknis, ukuran layar Vivo Y20s [G] memang tergolong besar, yakni 6.51 inci. Namun ukurannya yang lapang masih dirasa kurang lengkap tanpa adanya resolusi layar yang tinggi. Ya, layar Vivo Y20s [G] hanya beresolusi HD Plus saja alias 720 x 1600 pixel.

Padahal dengan harga 2 jutaan telah tersedia banyak pilihan smartphone terutama dari Xiaomi yang lebih mumpuni dalam hal kualitas layar. Meskipun bukan AMOLED, namun setidaknya pengguna bisa merasakan resolusi Full HD+. Jika kamu tidak pemilih untuk kualitas panel yang dibawa oleh smartphone baru, mungkin Vivo Y20s [G] masih jadi pilihan yang worth it.

Sensor Kamera Kurang Bersaing

Kekurangan selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah mengenai sensor kamera. Memang benar bahwa Vivo Y20s [G] memiliki 3 kamera di punggungnya. Namun mereka tersusun dari kamera utama beresolusi 13MP dan 2 buah sensor 2MP berupa kamera makro dan depth. Kamu tidak akan memperoleh kamera ultra-wide dari Vivo Y20s [G].

Selain 3 kamera tersebut, terdapat kamera selfie dengan resolusi 8MP di bagian depan. Kombinasi antara kamera depan dan belakang pada Vivo Y20s [G] tentu masih kalah saing dengan para kompetitornya di segmen serupa. Pasalnya, tidak sedikit brand smartphone yang menawarkan kamera utama dengan resolusi minimal 48MP di harga 2 jutaan saja lho.

Tidak Memiliki Proteksi Layar

Vivo tidak menyediakan proteksi berupa Corning Gorilla Glass sehingga layar Vivo Y20s [G] rentan terhadap goresan dan kotor. Kamu harus menyiapkan proteksi tambahan sendiri jika tidak ingin terjadi hal-hal yang membuat layar smartphone menjadi rusak jika tetap ingin memilih Vivo Y20s [G]. kekurangan yang satu ini mungkin masih bisa ditoleransi karena masih ada beberapa smartphone yang tidak menyertakan perlindungan ekstra.

Masih Menggunakan Micro-USB

Vivo Y20s [G] hadir dengan kabel micro-USB 2.0 yang mana kecepatan transfer datanya tentu berbeda dengan USB Type-C. Vivo tidak melakukan upgrade bagian port USB sehingga kamu terpaksa harus puas dengan micro-USB yang dihadirkan.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y20s [G] sebagai salah satu smartphone andalan Vivo untuk para gamers. Bagi kamu yang menginginkan smartphone dengan keunggulan fotografi dan visualisasi memuaskan, perangkat ini bukanlah pilihan yang tepat. Namun untuk performa dan ketahanan daya, tentu saja Vivo Y20s [G] berani bersaing dan sayang untuk dilewatkan.