Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M52 5G

Berbicara soal eksistensi, Samsung tidak perlu diragukan lagi karena merupakan salah satu pemimpin pasar smartphone di seluruh dunia selama lebih dari satu dekade. Perusahaan ini memiliki portofolio produk smartphone yang beragam, mulai dari pilihan untuk kalian pengguna pertama kali hingga profesional.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy M52 5G
  • Rilis Oktober 2021
  • Layar 6.7 inci Super AMOLED Plus 120Hz ~393 ppi
  • Chipset Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 642L
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 5.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M52 5G dan Harganya

Sebagaimana mayoritas vendor smartphone masa kini, Samsung menghadirkan seri dengan huruf yang berbeda. Pada Galaxy M-series, mereka menawarkan smartphone kelas menengah dengan kinerja yang layak. Di segmen mid-range baru-baru ini Samsung telah meluncurkan Galaxy M52 5G dan memasarkannya sebagai perangkat smartphone yang ramping dengan bobot 173g dan ketebalan hanya 7.4mm saja.

Dengan menyiapkan budget 5 jutaan, kalian bisa memilih varian warna yang dihadirkan oleh Samsung melalui Galaxy M52 5G, yakni Hitam, Putih, dan Biru Muda. Selain membawa banyak kelebihan, perangkat ini juga menyimpan beberapa kekurangan yang bisa kalian pertimbangkan sebelum membelinya. Mari simak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M52 5G di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy M52 5G

Sebagai smartphone terbaru yang dibanderol dengan harga yang tidak murah, Samsung Galaxy M52 5G diharapkan membawa banyak kelebihan yang bisa diandalkan saat digunakan sebagai daily driver. Dari namanya saja tentu kalian telah mengetahui bahwa kelebihan dari perangkat ini adalah jaringan 5G. Lebih dari itu, Samsung Galaxy M52 5G membawa dukungan NFC, sensor lengkap, serta beberapa kelebihan berikut ini.

Panel Super AMOLED Full HD+

Kelebihan yang pertama ini memang pantas disematkan kepada Galaxy M52 5G. Layar AMOLED yang dibawanya telah mendukung resolusi hingga 1080 x 2400 (FHD+) sehingga memberikan kualitas gambar yang jelas dan indah secara default. Oleh sebab itu tak heran kalian akan mendapatkan warna hitam yang lebih dalam dan kontras tinggi serta membuat gambar terlihat hidup.

Setting tampilan display tersebut dapat disesuaikan dengan mengubah mode layar ke "Vivid" dari "Natural" untuk mendapatkan kualitas yang memuaskan. Selain itu, ia juga memiliki dukungan untuk widevine L1 disertai Eye Comfort Shield yang berarti tidak akan ada masalah saat streaming konten FHD+ di aplikasi OTT.

Dibekali Refresh Rate 120Hz

Dilengkapi dengan layar FHD+ Super AMOLED+ Infinity-O berukuran 6.7 inci, Samsung telah membekali layar ini dengan kecepatan refresh 120Hz. Kecepatan refresh tersebut dapat diatur ke 60Hz standar dengan membuka setting display jika kalian menginginkannya. Dengan kecepatan refresh 120Hz, ia menawarkan pengguliran dan transisi yang mulus.

Karena perangkat ini membawa panel AMOLED, jadi tidak akan ada masalah saat menggunakannya bahkan di bawah sinar matahari. Ditambah dengan refresh 120Hz, maka tidak ada lag atau frame drop saat menggunakan smartphone. Kecepatan refresh ini juga akan sangat membantu saat bermain game dengan grafis yang cukup menguras tenaga.

Ruang Penyimpanan Besar

Samsung telah terbiasa membedakan kapasitas penyimpanannya di pasar global. Jika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, Galaxy M52 5G tidak akan mengecewakan karena menawarkan ruang penyimpanan besar hingga 8GB. Untuk penyimpanan internal memang agak kurang menyenangkan bagi Sebagian pengguna Android yang sudah sering menggunakan perangkat berkapasitas jumbo. Namun penyimpanan internal 128GB dari Galaxy M52 5G terhitung cukup standar. Apalagi kalian masih bisa memanfaatkan slot microSD khusus untuk menambah ruang hingga 1TB. Cukup menggiurkan bukan?

Kombinasi Sensor Kamera yang Pas untuk Fotografi

Samsung Galaxy M52 5G hadir dengan sensor utama 64MP yang didampingi oleh 12MP kamera ultra-wide, 5MP kamera makro, dan di bagian depan terdapat kamera selfie 32MP. Kamera belakangnya diklaim dapat merekam video hingga 4K pada 30fps sedangkan kamera depan dapat merekam hingga 1080p pada 30fps.

Samsung juga telah menambahkan beberapa fitur di aplikasi kamera Galaxy M52 5G seperti Night Mode yang akan membantu kalian untuk menciptakan konten Instagram menarik atau fotografi biasa. Dengan begitu, ini adalah kelebihan yang patut diapresiasi karena bisa menemani aktivitas harian terutama saat travelling untuk memotret banyak objek pemandangan.

Baterai Berkapasitas Tinggi

Seperti para pendahulunya di seri yang sama, Samsung telah menyematkan kapasitas baterai tinggi hingga 5.000 mAh sehingga bisa bertahan seharian penuh. Kalian tak perlu cepat-cepat mengisi daya karena ukuran yang tergolong besar ini. Meskipun Galaxy M51 hadir dengan kapasitas yang lebih mengesankan, namun Galaxy M52 5G tetap unggul dan sayang untuk dilewatkan.

Chipset Kencang

Galaxy M52 5G ditenagai oleh prosesor kelas menengah yang mumpuni, yakni chipset Qualcomm Snapdragon 778G. chipset ini menawarkan kinerja yang konsisten di seluruh sistem dan aplikasi. Aplikasi yang kalian gunakan dapat dimuat dalam waktu singkat tanpa mengalami kelambatan saat beralih di antara banyak aplikasi alias multi-tasking.

ak mengherankan karena chipset yang dimiliki oleh Galaxy M52 5G tersebut membawa proses fabrikasi 6nm sehingga tergolong kencang. Samsung mengklaim kinerja yang sangat baik saat bermain game atau streaming konten dari platform OTT sehingga sangat maksimal dalam hal performa.

Kekurangan Samsung Galaxy M52 5G

Nah, setelah membahas mengenai kelebihannya, tidak adil jika tidak menyertakan apa saja yang menjadi kekurangan dari Galaxy M52 5G. Mari mengulik apa saja yang harus kalian ketahui mengenai kekurangan perangkat ini.

Hanya Membawa Teknologi Fast Charging 25W

Kekurangan yang pertama dari Galaxy M52 5G adalah mengenai teknologi pengisian daya. Dengan harga yang tidak murah, tentu kalian akan berpikir dua kali untuk membelinya karena Samsung tidak sedang bermurah hati mengenai dukungan isi ulang baterai besar yang telah disematkan pada Galaxy M52 5G. Di saat kompetitornya telah menyertakan dukungan fast charging hingga 65W, wireless charging, dan bahkan reverse charge, sangat disayangkan perangkat ini masih tertinggal.

Tidak Memiliki Speaker Stereo dan Jack Audio

Galaxy M52 5G memang memiliki mikrofon peredam bising sekunder tetapi tidak memiliki speaker stereo. Namun, lagi-lagi untuk perangkat smartphone di atas harga 4 juta ini tidak worth it karena kualitas audio yang dihasilkan saat bermain game atau menonton film tidak memuaskan. Jika ingin menerima telpon di tempat umum atau menonton dengan nyaman kalian juga harus menggunakan menggunakan earbud Bluetooth karena Samsung Galaxy M52 5G telah menghilangkan jack audio.

Kualitas Rekaman Video Kurang Optimal di Segmennya

Dalam hal video, bisa merekam rekaman dalam 1080p pada 30/60fps atau pada 30 frame per dektik dalam resolusi 4K dan 720p. Namun Galaxy M52 5G tidak dilengkapi dengan stabilisasi gambar optik dan outputnya yang rentan bergetar tidak dipegang dengan stabil. Oleh sebab itu kalian harus mengandalkan tripod untuk memperoleh hasil videografi yang menjanjikan.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy M52 5G yang penting untuk diketahui. Di tengah persaingan smartphone mid-range yang sengit saat ini, apakah Galaxy M52 5G masih menjadi prioritas kalian?