Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo X70 Pro

Memilih smartphone flagship memang sangat membingungkan. Di samping pilihannya yang beragam, pertimbangan mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mereka tentu menjadi hal utama yang harus diperhatikan mengingat kocek yang harus dikeluarkan tidak murah. Bulan lalu Vivo juga telah menambah daftar perangkat high-end andalannya dengan meluncurkan Vivo X70 Pro.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo X70 Pro
  • Rilis Oktober 2021
  • Layar 6.56 inci AMOLED 120Hz HDR10+ ~398 ppi
  • Chipset MediaTek MT6893 Dimensity 1200 5G (6 nm)
  • GPU Mali-G77 MC9
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12 GB/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (periscope telephoto), 12 MP (telephoto), 2 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4450 mAh, Fast charging 44W
  • Harga Rp 11.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo X70 Pro dan Harganya

Sebagai informasi, seri X dari Vivo adalah lini produk kelas atas dengan kekuatan dalam hal desain dan kinerja kamera. Vivo X70 Pro yang baru saja diluncurkan tidak hanya mewarisi keunggulan pendahulunya, tetapi juga meningkatkan fitur yang sangat menggoda untuk dimiliki.

Dibanderol dengan harga 10 jutaan di Indonesia, Vivo X70 Pro menawarkan dua variasi: Aurora Dawn dan Cosmic Black. Mari simak apa saja kelebihan dan kekurangan yang akan kalian temui pada perangkat ini.

Kelebihan Vivo X70 Pro

Vivo X70 Pro memiliki desain ultra-thin dan ringan untuk penggunaan yang nyaman dengan ketebalan hanya 7.99 mm dan berat 183 gram. Sejak masa Pre Order dan sebelum dimulainya peluncuran perangkat ini, Vivo telah memberikan gambaran bahwa X70 Pro menjagokan sektor fotografinya. Selain itu, ada beberapa nilai jual yang turut dibanggakan oleh Vivo melalui perangkat ini yang sayang untuk kalian lewatkan.

Sensor Kamera yang Lebih Menarik

Salah satu keunggulan kamera pada X70 Pro tahun ini berasal dari kelanjutan kerjasama Vivo dengan ZEISS, produsen lensa dengan pengalaman lebih dari 170 tahun di Jerman. Menurut Vivo, lensa X70 Pro harus melalui proses yang berat untuk memenuhi standar ZEISS. Dengan kata lain Vivo berniat untuk menunjukkan kualitas yang menjanjikan jika kalian membeli perangkat ini.

Sensor Sony IMX766V yang dirancang khusus dengan resolusi 50MP menjadi kamera utama pada Vivo X70 Pro. Kamera tersebut diklaim peka cahaya dan dikombinasikan dengan teknologi Gimbal 3.0 eksklusif Vivo yang akan membantu menangkap fokus yang cepat dan akurat.

Kinerja mengesankan dari sensor di atas dilengkapi oleh lensa potret profesional 12MP dengan panjang fokus setara 50mm yang disempurnakan oleh sejumlah teknologi dari ZEISS. Sementara kamera ultra-wide angle beresolusi 12MP yang dibawanya juga diklaim mampu melakukan super close-up.

Terakhir, ada lensa periskop 8MP yang mampu melakukan zoom optik 5x dan zoom digital agar hasil potret yang didapatkan semakin maksimal.

Upgrade Fitur Kamera Lebih Lengkap

Vivo X70 Pro juga memiliki serangkaian fitur yang mendukung fotografi dan perekaman video profesional canggih seperti 5-Axis VIS Stabilization Video, Real-Time Super Night Mode, Super Night Video, Professional Portrait Pro, hingga Pro Movie Mode.

Dengan teknologi anti-shake Gimbal 3.0 pada X70 Pro, efek anti-shake meningkat 2 kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya dan 6 kali lipat dibandingkan smartphone biasa, terutama saat merekam video gerak. Selain itu, teknologi anti-guncangan generasi baru juga menghancurkan cahaya rendah pada X70 Pro.

Pada X70 Pro, kalian bisa mengandalkan 4 mode pemotretan untuk menghilangkan font yang mensimulasikan 4 jenis lensa ZEISS, antara lain Biotar (swirl bokeh), Sonnar (smooth bokeh), Planar (round bokeh) dan Distagon (heksagonal bokeh). Hal ini tentunya kan membantu untuk membuat banyak potret yang berbeda.

Panel AMOLED Beserta Refresh Rate Tinggi

Di bagian depan, Vivo X70 Pro dilengkapi dengan layar lengkung 3D berukuran 6.56 inci untuk sudut pandang edge-to-edge. Layarnya memiliki kecepatan refresh 120 Hz super sensitif dan kecerahan maksimum hingga 1.500 nits untuk menyajikan pengalaman sinematik yang menawan. Dengan adanya kualitas mumpuni dari layarnya, Vivo X70 Pro membawa sensor fingerprint under-display agar lebih efisien saat digunakan.

Selain itu, ada pula dukungan teknologi HDR10+ sehingga membuat kinerjanya lebih mulus ketika ingin menonton banyak konten berkualitas. Monitor ini juga memperoleh sertifikasi SGS Eye Care Display dan SGS Seamless agar kalian lebih nyaman menggunakannya dalam waktu lama sehari-hari.

Performa Kuat

Vivo X70 Pro memiliki performa tangguh dengan prosesor MediaTek Dimensity 1200, yakni sebuah chip yang dirancang khusus untuk smartphone kelas atas. Prosesor Octa-cire ini hadir dengan clock speed hingga 3GHz dan pemrosesan grafis yang ditangani oleh GPU Mali-G77 MC99. Hasilnya, Vivo dapat menyesuaikan fitur AI, kemampuan menjalankan multimedia dengan lancar, serta kinerja kamera yang maksimal agar sesuai dengan ekspektasi pengguna setianya.

Vivo juga telah menyematkan kapasitas RAM jumbo mencapai 12 GB dengan teknologi RAM yang dapat diupgrade. Dengan teknologi ini, total kapasitas RAM perangkat akan ditingkatkan menjadi 16 GB sehingga memungkinkan perangkat untuk membuka lebih dari 30 aplikasi secara bersamaan. Bagaimana? Masih ragu dengan performanya?

Baterai Berkapasitas Tinggi

Dengan bobot yang tidak terlalu berat Vivo X70 Pro mengemas baterai berkapasitas tinggi hingga 4.450 mAh. Meski bukan yang paling besar di kelasnya, namun kapasitas ini bukan termasuk golongan yang rendah sehingga masih bisa diandalkan untuk digunakan dengan daya tahan seharian.

Apalagi Vivo juga telah menyertakan dukungan fast charging hinga 45W agar kalian bisa mengisi ulang daya dengan durasi kurang lebih 1 jam.

Kekurangan Vivo X70 Pro

Karena mengunggulkan spesifikasi kamera, Vivo X70 Pro meninggalkan beberapa hal yang seolah ‘terlupakan’ untuk menyenangkan penggunanya. Terlebih jika mengingat harganya yang mencapai angka 10 juta, pencinta Android sudah pasti tertarik untuk menelusuri lebih dalam kekurangan dari perangkat ini. Lantas, apa saja kekurangannya?

Layar Tidak Memiliki Refresh Rate Adaptif dan Mono Speaker

Berdasarkan informasi mengenal kelebihan di atas, Vivo X70 Pro memang menawarkan kelebihan panel AMOLED dengan refresh rate tinggi dan sejumlah dukungannya untuk visualisasi yang nyaman. Namun sayang sekali layar berkualitas tersebut tidak membawa adaptif refresh rate karena kalian hanya akan mendapatkan pilihan kecepatan refresh 120Hz, 60Hz, dan Smart Switch saja. Sementara untuk kualitas audionya juga kurang bersaing di segmennya. Alih-alih menyediakan stereo speaker, Vivo justru membawakan mono speaker standar saja.

Tidak Memiliki IP Rating untuk Ketahanan Air dan Debu

Hal yang satu ini benar-benar dilupakan oleh Vivo. Meskipun mengutamakan keunggulan kameranya, namun jaminan ketahanan air dan debu pada body adalah hal krusial yang sewajarnya dimiliki oleh perangkat high-end. Bagi kalian yang sangat produktif dan berjiwa petualang, membawa serta smartphone ini memang sangat tepat untuk memotret berbagai objek. Namun di sisi lain, ia juga sangat rentan akan rusak karena tidak dibekali jaminan ketahanan air dan debu tersebut.

Tidak Memiliki Slot MicroSD

Nah, siapa yang sering merasakan smartphone cepat penuh oleh berbagai file dan harus repot memindahkannya? Informasi pentingnya adalah Vivo X70 Pro tidak dibekali dengan dukungan ekspansi penyimpanan microSD sehingga kalian harus sering melakukan ‘pembersihan’ file di smartphone ini.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari X70 Pro sebagai perangkat menawan terbaru dari Vivo. Terlepas dari beberapa kekurangannya, Vivo X70 Pro sangat cocok bagi kalian fotografer mobile untuk menghasilkan konten yang epik.