Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y15s

Tak kalah saing dengan pasar smartphone entry-level di tahun ini, Vivo kembali meluncurkan perangkat baru di Y series dengan menghadirkan Vivo Y15s. Dengan berbekal budget 1 jutaan saja, kalian sudah bisa mendapatkan Vivo Y15s yang memiliki varian warna Wave Green dan Mystic Blue.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo Y15s
  • Rilis November 2021
  • Layar 6.51 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek Helio P35 (12nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 3 GB/32 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAhv
  • Harga Rp 1.900.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y15s dan Harganya

Sebelumnya seri Vivo Y dikenal memiliki bahasa desain yang homogen. Hal ini juga dapat dilihat pada smartphone terbarunya, termasuk Vivo Y15s. Perangkat ini adalah smartphone serba plastik yang dilengkapi dengan lapisan glossy di bagian belakang.

Nah apakah spesifikasi teknis dan jeroannya termasuk salah satu smartphone entry-level recommended untuk kalian miliki? Jika melihat dari informasi spesifikasi yang dirilis, terlihat bahwa Vivo telah mencoba menyusun smartphone terjangkau yang ideal, tetapi dapatkah itu menonjol di antara pasar smartphone yang sangat ketat? Ketahui lebih lanjut melalui informasi berikut.

Kelebihan Vivo Y15s

Model terbaru ini mendapatkan daya tarik karena desainnya yang mencolok, chipset Helio P35 yang kuat, dan baterai 5000mAh yang sangat besar sehingga yakin bisa membangkitkan minat target pasarnya pada smartphone ini. Mari bahas beberapa kelebihan tersebut.

Mengusung Desain 3D Slim

Kelebihan pertama yang dibanggakan oleh Vivo pada perangkat ini adalah desain tipis dan ringan yang langsung menjadi daya tarik utamanya. Selain dikenal kerap menghadirkan smartphone baru dengan fitur mumpuni dan desain khas yang cantik, Vivo juga memuaskan pengguna setianya dengan bobot smartphone yang tidak mencapai 200 gram sehingga sangat efisien untuk digenggam.

Vivo Y15s menawarkan bobot keseluruhan 179 gram dengan tebal 8.28 mm untuk bergabung bersama saudaranya yang lain sebagai smartphone ringkas. Meskipun bermaterial plastic, namun berkat desain dan warna cantiknya kalian tidak akan merasa bahwa perangkat ini murah.

Ukuran Display yang Besar dengan Eye Protection

Vivo Y15s mengusung tampilan display berukuran besar di segmennya dengan 6.51 inci. Meskipun menggunakan IPS LCD, namun hal ini dapat dimaklumi mengingat harga jualnya yang hanya 1 jutaan saja. Sudut pandang yang ditawarkan pun tidak kalah berkualitas karena saat ini sebagian besar layar LCD smartphone berkualitas tinggi menggunakan teknologi IPS untuk menawarkan tampilan 178 derajat tanpa pergeseran warna atau distorsi warna.

Ukuran 6.51 inci pada Vivo Y15s sangat cocok bagi kalian yang hobi menonton film atau streaming video sehingga tampilannya memuaskan. Meskipun kualitas layarnya tidak ‘wah’ seperti AMOLED, namun masih recommended untuk pengguna yang low-budget.

Selain itu, layar Vivo Y15s juga dilengkapi dengan Eye Protection untuk menyaring cahaya biru yang berfungsi agar tampilan yang dihadirkan membuat mata menjadi nyaman.

Chipset Bersaing untuk Performa Lancar

Diluncurkan pada tahun 2021, Vivo Y15s justru dibekali oleh chipset lama yang mulai mendapat perhatian sejak 2019 lalu, MediaTek Helio P35. Chipset ini mengintegrasikan delapan inti ARM Cortex-A53 dalam dua kelompok (big.LITTLE) dengan empat core kinerja clock hingga 2.3 GHz. Sementara kartu grafis yang terintegrasi adalah PowerVR GE8320 dengan clock hingga 680 MHz.

Smartphone dengan Helio P35 dapat menggunakan sensor ganda 13MP atau sensor 25MP tunggal di bagian depan. SoC ini juga memungkinkan mesin hardware untuk gambar bokeh tingkat profesional bersama Electronic Image Stabilization (EIS) dan Rolling Shutter Compensation (RSC) yang menghilangkan blur pada gambar.

Adanya chipset tersebut akan membantu kalian untuk menjalankan aplikasi dengan lancar. Oleh sebab itu Vivo Y15s adalah pilihan yang tepat jika kalian menginginkan daily driver dengan penggunaan standar yang bebas hambatan.

Memiliki Slot MicroSD

Saat ini slot microSD adalah salah satu pertimbangan penting bagi sebagian besar pengguna Android agar bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar selain bawaan dari smartphone. Kali ini Vivo Y15s memberikan dukungan ekspansi penyimpanan microSD hingga 1TB sehingga kalian tak perlu khawatir soal ruang penyimpanan untuk banyak file.

Baterai Besar 5.000 mAh

Nilai jual yang sekaligus menjadi kelebihan bagi seri Vivo Y adalah kapasitas baterai tinggi. Kalian akan mendapatkan baterai 5.000 mAh untuk menemani aktivitas seharian. Apalagi saat ini Vivo telah memiliki teknologi Vivo Energy Guardian yang bisa mengoptimalkan kinerja perangkat agar pemakaian dan daya tahan baterai lebih efisien. Selain itu, perangkat ini memiliki fitur Reverse Charge 5V/1A untuk berbagi daya dengan perangkat lain layaknya powerbank.

Membawa Ultra-side Fingerprint

Vivo Y15s tidak seperti perangkat lain dengan tipe fingerprint di bagian punggungnya melainkan membawa tipe side fingerprint. Vivo mengklaim tingkat respon yang cepat hanya 0.2 detik saja. Ultra-side fingerprint ini yang sekaligus melengkapi desain rampingnya sehingga perangkat ini bisa kalian gunakan dengan nyaman.

Kekurangan Vivo Y15s

Meski tampilan luarnya cantik, ada beberapa komponen spesifikasi yang menjadikan Vivo Y15s kurang disenangi. Beberapa di antaranya adalah mengenai sensor kamera, dan output charger yang mengiringi baterai besar pada perangkat ini. Mari bahas beberapa kekurangan Vivo Y15s berikut.

Hanya Memiliki Resolusi HD+

Vivo Y15s hadir dengan layar IPS LCD lebar yang memiliki resolusi layar 720 x 1544 piksel. Hampir semua smartphone seri Vivo Y termasuk perangkat ini hadir dengan resolusi layar 720p. Hal ini tentu saja cukup mengecewakan, apalagi jika dibandingkan dengan smartphone 1.8 jutaan lain dari Xiaomi sudah menawarkan resolusi Full HD+.

Resolusi yang kalah saing ini akan berdampak pada tampilan visualisasi yang dihadirkan dengan tingkat rentang dinamis yang lebih rendah. Jika kalian menyukai kualitas layar yang lebih tinggi, memilih Vivo Y15s mungkin bukan pilihan yang tepat.

Sensor Kamera Ala Kadarnya

Kekurangan selanjutnya dari Vivo Y15s berasal dari sektor kamera. Vivo Y15s hanya menawarkan dual kamera pada bagian belakang dan single kamera selfie. Selain hanya dua sensor, keduanya juga masih kalah saing dibanding perangkat entry level yang lain.

Kalian akan memperoleh kamera utama 13MP yang disandingkan bersama sensor depth 2MP. Tidak ada sensor ultra-wide atau pun kamera makro di sini. Sementara kamera depannya adalah sensor standar dengan resolusi 8MP. Dari spesifikasi kameranya, Vivo Y15s memang tidak menyajikan keistimewaan yang mencolok untuk kamu yang senang memotret melalui smartphone.

Kapasitas Penyimpanan Kecil

Saat memilih smartphone baru, faktor yang mempengaruhi minat penjualan salah satunya adalah kapasitas penyimpanan. Semakin besar kapasitas yang ditawarkan, maka akan semakin menarik pula smartphone bersebut. Vivo memutuskan untuk menyematkan RAM hanya 3GB dan memori internal 32GB saja pada Y15s. Meskipun masih bisa diperluas dengan microSD, kombinasi keduanya kurang menonjol.

Masih Menggunakan MicroUSB

Kekurangan terakhir Vivo Y15s adalah masih menggunakan microUSB untuk mengisi daya. Di saat pesaingnya sudah menggunakan USB Type-C, Vivo malah memilih menggunakan tipe USB yang sudah ketinggalan jaman.

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan Vivo Y15s yang wajib kalian pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Setelah membaca informasi di atas, apakah kalian masih tertarik untuk menjadikannya sebagai daily driver andalan?