Review Kelebihan dan Kekurangan Mi 11 Lite

Berikut kelebihan Mi 11 Lite dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi

Xiaomi menawarkan jajaran unggulan yang menarik dengan kehadiran Mi 11 dan Mi 11 Ultra. Tetapi perusahaan yang berkembang dengan pesat ini masih dapat memanfaatkan nama merek Mi 11 yang luar biasa untuk membuat penawaran terbarunya lebih menarik dengan meluncurkan varian Mi 11 Lite 4G, anggota keluarga paling terjangkau dengan harga banderol 3 jutaan saja.

HP Xiaomi
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Mi 11 Lite
  • Rilis Juni 2021
  • Layar 6.55 inci AMOLED HDR10 90Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 732G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Internal 6/64 GB, 6/128 GB, 8/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4250 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 3.700.000 - 4.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Mi 11 Lite dan Harganya

Xiaomi memasarkan Mi 11 Lite sebagai ponsel yang ramping dan manis. Ini berarti desainnya adalah sorotan utama daripada spesifikasi, kinerja, atau kamera. Mi 11 Lite juga mengadopsi bahasa desain yang sama dengan model teratas Mi 11. Namun, ada fitur dan spesifikasi teknis yang sedikit berbeda dari perangkat ini.

Meskipun begitu tentu saja kalian sudah paham bahwa smartphone terbaru dari Xiaomi cenderung memberikan keuntungan yang sayang untuk dilewatkan disertai beberapa poin minusnya. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari Mi 11 Lite? Mari cari tahu lebih dalam pada tulisan ini.

Kelebihan Mi 11 Lite

Seperti yang telah disinggung pada paragraf di atas, Mi 11 Lite mengunggulkan segi desainnya yang langsung memanjakan mata. Sejak diluncurkan perangkat ini memang langsung menarik perhatian karena tampilannya sangat kekinian. Untuk mengenal beberapa kelebihan Mi 11 Lite, pastikan menyimak informasi berikut.

Desain Stylish dan Slim

Mi 11 Lite tetap sesuai dengan namanya. Dimensinya sangat ramping, dengan ketebalan hanya 6,8 mm, dan beratnya hanya 157g. Selain itu, desain yang wajib diapresiasi dari perangkat ini adalah keputusan Xiaomi untuk menjaga agar modul kamera tidak terlalu menonjol. Dengan penutup halus di sekitar tepi dan di belakang, tentu Mi 11 Lite akan sangat menyenangkan ketika digunakan sehari-hari.

Di bagian belakang, ia hadir dengan desain matte anti-Silau yang berfungsi untuk memastikan bahwa tidak ada noda sidik jari yang menempel dengan mudah. Xiaomi menawarkan Mi 11 Lite 4G dalam 3 varian warna, yakni Boba Black, Bubblegum Blue, dan Peach Pink. Sedangkan versi saudara 5G-nya tersedia dalam pilihan warna Mint Green, Citrus Yellow, dan Truffle Black. Dengan begini, kalian akan mendapatkan tampilan yang sama menarik dengan versi yang lebih mahal.

Layar AMOLED Full HD+

Smartphone cantik yang satu ini mengusung layar 6,55 inci dengan dukungan kecepatan refresh 60 atau 90 Hz dan memiliki kecerahan nominal hingga 800 nits. Xiaomi telah memilih untuk menggunakan panel AMOLED yang kompatibel dengan HDR10 pada Mi 11 Lite serta memiliki resolusi 2400 x 1080 piksel alias Full HD+. Karena layarnya menghasilkan kerapatan piksel tinggi 402 ppi, maka tak heran jika klaim ketajaman visualnya tak perlu diragukan lagi.

Berkat kecerahan tinggi dari panel AMOLED, Xiaomi Mi 11 Lite dapat digunakan dengan baik di luar ruangan. Konten yang kalian baca tentu masih cukup terbaca di layar bahkan di bawah sinar matahari langsung. Selain mendukung kecepatan refresh 90Hz, layar pada perangkat ini memiliki kecepatan pengambilan sampel sentuh hingga 240Hz serta gamut warna lebar DCI-P3. Nah, apakah kalian masih meragukan spesifikasi displaynya?

Dilengkapi IP Rating dan Proteksi Layar

Xiaomi dikenal tidak pelit memberikan spesifikasi yang berguna untuk efisiensi penggunaan. Kalian bisa menikmati layar yang telah dilindungi oleh pelindung layar Corning Gorilla Glass 5, dan seluruh bodinya bersertifikat tahan air IP53. Hal tersebut menyiratkan bahwa Mi 11 Lite dapat menahan percikan air yang tidak disengaja dan bahkan hujan sedang sehingga tak perlu khawatir saat menggunakannya di waktu gerimis.

Performa Bersaing dengan Penyimpanan Lega

Selain dukungan jaringan, hal besar yang membedakan Mi 11 Lite dengan saudara versi 5G-nya adalah dapur pacu. Versi 5G ditenagai oleh Snapdragon 780G , Mi 11 Lite 4G menggunakan Snapdragon 732G yang jauh lebih lambat dengan chip grafis Adreno 618-nya. Selain itu, Snapdragon 732G berbasis 8nm juga bukan chipset baru. Ini pada dasarnya adalah versi overclock dari Snapdragon 730G, yang pertama kali diumumkan Qualcomm pada 2019.

Namun perlu diketahui bahwa keduanya menggunakan jenis penyimpanan flash yang sama, yakni UFS 2.2. Di Indonesia dan pasar global, Mi 11 Lite dipasarkan dengan 3 variasi penyimpanan. Kalian bisa memilih antara RAM 6/6/8GB yang dipasangkan bersama penyimpanan internal 64/128/128GB. Seluruh model tersebut sama-sama dibanderol di range 3 jutaan saja sehingga tetap ramah di kantong.

Dengan chipset Snapdragon 732G, RAM hingga 8GB, dan penyimpanan UFS 2.2 yang cepat, Mi 11 Lite bisa kalian andalkan untuk penggunaan sehari-hari.

Kamera Mumpuni

Mi 11 Lite memiliki pengaturan tiga kamera di bagian belakang yang mencakup kamera utama 64MP (aperture f/1.79), kamera ultra-wide 8MP (aperture f/2.2), dan kamera telemakro 5MP (aperture f/2.4). Sementara sensor wide beresolusi 16MP (aperture f/2.45) melakukan tugas selfie di bagian depan dengan baik.

Sensor optik pada Mi 11 Lite selanjutnya dilengkapi dengan rentetan fitur kamera yang menawan termasuk Movie Effects seperti Time Freeze, Slow Shutter, enam mode Long Exposure, dan masih banyak lagi.

Hal yang mengesankan dari kameranya adalah mode Pro yang sangat multi-fungsi tersedia untuk ketiga lensa kamera, dan bahkan diklaim bisa digunakan saat merekam video. Kalian bisa merekam video dengan kualitas mencapai 4K pada 30fps untuk hasil yang maksimal melalui kamera utama.

Baterai Tahan Lama

Salah satu hal yang menjadi titik perhatian saat memilih smartphone baru adalah kapasitas daya. Xiaomi Mi 11 Lite sendiri menyediakan baterai 4.250mAh yang siap menemani aktivitas seharian. Ia didukung oleh fast charger 33W sehingga kalian tak perlu menunggu lama saat mengisi ulang daya.

Kekurangan Mi 11 Lite

Di antara deretan kelebihan Mi 11 Lite, ada beberapa kekurangan yang menghiasinya. Nah, apakah kalian penasaran dengan kekurangan tersebut? Mari membahasnya secara singkat pada penjelasan berikut.

Tidak Memiliki Jack Audio 3.5mm

Jika menilik para kompetitornya, mereka masih menyertakan jack audio dalam rilis terbaru. Namun kalian tidak bisa mendapatkan hal ini pada Mi 11 Lite. Karena keterbatasan tempat dan mengutamakan desain, Xiaomi memilih untuk menghilangkan fitur kesayangan para pengguna smartphone ini. Oleh sebab itu kalian harus menggunakan earbud atau wireless headphone sebagai penggantinya.

Menggunakan Tipe Slot Hybird

Walaupun memiliki dukungan ekspansi microSD, ternyata Mi 11 Lite mengharuskan penggunanya untuk memilih ingin menggunakan SIM 2 atau menyematkan microSD. Tipe slot hybird memang dianggap kurang efisien sehingga tidak cocok bagi kalian yang ingin Dual SIM Stand-by sambil menggunakan microSD.

Secara garis besar kekurangan dari Mi 11 Lite bukanlah masalah yang besar. Apalagi mengingat harga banderolnya yang tidak menguras kantong dan tawaran spesifikasinya yang menggiurkan, smartphone stylish dari Xiaomi ini sangat worth it to buy untuk kalian.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn