Review Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 Pro

Komponen Poco X3 Pro terlihat persis sama dengan Poco X3 NFC. Eksteriornya hampir tidak berubah karena masih memiliki bagian belakang plastik dan bingkai aluminium. Poco X3 Pro sendiri adalah ponsel murah yang sangat mumpuni dan menjadi hit di kalangan gamer yang memiliki budget terbatas. Kalian bisa mendapatkannya berbekal budget 3 jutaan saja.

HP Xiaomi
Spesifikasi Poco X3 Pro
  • Rilis April 2021
  • Layar 6.67 inci IPS LCD 120Hz HDR10 ~395 ppi
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 860 (7 nm)
  • GPU Adreno 640
  • Internal 6/128 GB, 8/256 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 20 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5160 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 3.600.000 - 4.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Poco X3 Pro dan Harganya

Poco merupakan salah satu brand yang tak segan-segan bereksperimen dengan tema warna radikal di smartphone mereka. Warisan itu berlanjut dengan Poco X3 Pro. Ditujukan untuk pembeli muda, perangkat ini hadir dalam tiga pilihan warna untuk kalian, yakni Phantom Black, Frost Blue, dan Metal Bronze. Tema warnanya ditekankan oleh modul kamera belakang berbentuk tidak biasa dan desain bermotif menarik di punggung belakangnya.

Selain desain yang nyentrik tersebut, ada banyak kelebihan yang bisa kalian dapatkan dari Poco X3 Pro. Namun juga ada beberapa poin minus berupa kekurangan yang disimpan olehnya sehingga perlu dipertimbangkan kembali. Tak perlu berlama-lama, mari simak kelebihan dan kekurangan Poco X3 Pro di bawah ini.

Kelebihan Poco X3 Pro

Ada banyak hal yang bisa dibicarakan ketika menyinggung tentang kelebihan perangkat ini. Mulai dari layar hingga daya tahan baterai, Poco X3 Pro siap memberi kejutan yang menyenangkan dengan harga terjangkau. Beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan dari Poco X3 Pro adalah sebagai berikut.

Layar Full HD+ dengan Refresh Rate Tinggi

Seperti yang telah disinggung, smartphone ini lahir sebagai jawaban atas kebutuhan para gamer mobile. Layarnya adalah panel besar berukuran hingga 6.67 inci dengan resolusi 1080 x 2340 alias FHD+ yang sekaligus membawa kerapatan 395 ppi. Komponen layar tersebut menunjukkan bahwa ia merupakan turunan dari Poco X3 NFC.

Agar semakin meyakinkan pilihan para gamer, layarnya sudah mendukung kecepatan refresh 120Hz adaptif disertai kecepatan sampling sentuh 240Hz. Oleh sebab itu kalian tidak perlu risau dengan kecepatan responsnya saat bermain game.

Serupa dengan perangkat Poco yang lainnya, kalian akan menemukan fakta bahwa kecerahan tipikal layar X3 Pro adalah 450 nits. Tidak hanya itu saja, ada sertifikasi Widevine L1 untuk streaming konten HD pada layanan streaming seperti Netflix dan Amazon Prime sehingga visualisasi yang ditampilkannta akan maksimal.

Proteksi Layar dan Body

Selain menawarkan layar besar dengan segenap fitur untuk bermain game dengan lancar, rupanya Poco tidak lupa membekali proteksi layar dan bodi pada X3 Pro. Layarnya telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 yang tentu lebih tinggi di antara para kompetitornya. Sementara bodi-nya telah mengantongi IP53. Oleh sebab itu jangan khawatir mengenai ketahanannya terhadap debu dan percikan air.

Kinerja Powerfull

Fitur highlight pada Poco X3 Pro adalah chipset Snapdragon 860. Meskipun secara teknis ini adalah chipset baru, chipset tersebut tidak lain adalah Snapdragon 855+ yang diganti namanya. Dengan demikian melalui chipset ini kalian akan menemukan satu inti Cortex A76 pada 2.96GHz, tiga turunan Cortex A76 pada 2.84GHz, dan empat inti berbasis Cortex A55 di atas menjadi 1,78 GHz.

Keputusan Qualcomm untuk meluncurkan kembali chipset untuk tahun 2021 adalah langkah yang cerdas. Snapdragon 860 memiliki modem 4G built-in, dan chipset ini sangat cocok untuk pembuat perangkat yang ingin memaksimalkan kinerja tanpa beralih ke platform berkemampuan 5G.

Baterai Berkapasitas Tinggi dengan Fast Charging 33W

Untuk mendukung kinerjanya dengan maksimal seharian, Poco X3 Pro memiliki baterai berkapasitas tinggi hingga 5.160 mAh. Maka jangan heran dengan daya tahannya yang bisa bertahan seharian penuh. Apalagi Poco telah menyertakan dukungan fast charging hingga 33W yang berarti tidak butuh waktu lama untuk mengisi ulang daya.

Sensor Kamera Oke

Seperti kebanyakan ponsel hari ini, Poco X3 Pro memiliki empat kamera di belakang. Kalian akan menemukan lensa primer 48MP Sony IMX582, kamera ultra-wide 8MP, dan kamera makro 2MP bersama dengan lensa potret 2MP. Ada kamera 20MP di depan yang menjadi langganan sensor Xiaomi selama beberapa waktu belakangan ini. Menariknya Poco X3 Pro juga mendukung perekaman video hingga 4K pada 30fps yang juga mengunggulkan fitur Mode Malam dan Dual Video.

Penyimpanan Besar

Poco memberikan keunggulan menawan pada perangkat ini dengan menyematkan penyimpanan besar yang tidak tanggung-tanggung atau pelit. Poco X3 Pro memiliki variasi RAM 6/8GB dan penyimpanan internal 128/256GB. Bahkan kalian bisa menambahkan penyimpanan eksternal microSD dengan daya tampung 1TB.

Speaker Stereo dengan Audio Resolusi Tinggi

Agar lebih menyenangkan untuk bermain game atau menonton film, Poco X3 Pro telah dilengkapi dengan speaker stereo dengan audio resolusi tinggi. Padahal masih banyak para pesaingnya yang masih membawa speaker mono.

Sudah NFC

Apakah kalian termasuk penggemar fitur modern ini? Jika iya, maka Poco X3 Pro sangat cocok dijadikan sebagai daily driver andalan. Tidak perlu risau lagi mengenai transfer data yang efisien karena perangkat ini telah mengusung teknologi tersebut.

Kekurangan Poco X3 Pro

Terlepas dari harganya yang terjangkau, memang spesifikasi yang ditawarkan oleh Poco sangat menggiurkan. Namun ada beberapa komponen kekurangannya yang juga harus kalian pertimbangkan terlebih dahulu.

Masih Menggunakan Panel IPS LCD

Meskipun memiliki klaim reproduksi warna memuaskan tetapi tetap saja panel LCD-nya tertinggal dari warna-warna cerah yang ditawarkan oleh layar AMOLED. Hal ini tentu saja agak mengecewakan, karena beberapa pesaing dengan harga murah seperti Redmi Note 10 telah menawarkan layar AMOLED dalam kisaran harga ini.

Berat Lebih Dari 200 Gram

Jika kalian sudah terbiasa menggunakan smartphone slim dan ringan, Poco X3 Pro bisa jadi smartphone yang tidak bersahabat mengingat bobotnya yang berat mencapai 215 gram. Bahkan ketebalannya juga lebih dari 9 mm yang berarti kurang nyaman saat digenggam menggunakan satu tangan selayaknya smartphone lain.

Kecerahan Rendah

Satu lagi kekurangan di segi layar yang akan kalian temukan dari perangkat ini. Xiaomi biasanya kerap melengkapi sub-brand nya dengan kecerahan tinggi lebih dari 1.000 nits. Namun sayangnya hal tersebut tidak sertakan pada Poco X3 Pro sehingga kalian akan kesulitan menggunakan perangkat ini ketika di luar ruangan terutama di bawah matahari langsung. Meskipun telah disertai proteksi, kekurangan ini mungkin tidak bisa ditoleransi bagi kalian yang sering beraktivitas secara outdoor.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Poco X3 Pro yang wajib kalian ketahui lebih lanjut. Apabila memungkinkan, selalu lakukan perbandingan menyeluruh sesuai kebutuhan antara smartphone yang satu dan lainnya agar tidak menyesal. Namun melihat keseluruhan spesifikasi dan kelebihannya, Poco X3 Pro sangat affordable untuk dimiliki. Jadi, apakah kalian sudah yakin memilikinya atau justru memilih smartphone lainnya di akhir tahun ini?