Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 5G

Sama seperti Seri Realme 7 tahun 2020, entri berkemampuan 5G dari lini Realme 8 tahun ini memulai debutnya beberapa saat setelah saudara kandungnya diluncurkan. Perangkat yang diluncurkan di tanah air pada pertengahan 2021 ini dibanderol dengan harga resmi 3 jutaan saja sehingga menjadikannya sebagai salah satu smartphone 5G termurah di Indonesia.

HP Realme
Spesifikasi Realme 8 5G
  • Rilis April 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD 90Hz ~405 ppi
  • Chipset MediaTek Dimensity 700 5G (7 nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 10.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 8 5G dan Harganya

Desainnya memang tampak tidak asing karena Realme memang biasa membawa tampilan familier di seri terjangkau. Namun ada sejumlah kelebihan dan kekurangan yang bisa kalian temui pada Realme 8 5G. Mari kita bahas bersama hal tersebut secara lebih dalam pada tulisan ini.

Kelebihan Realme 8 5G

Ponsel Android murah ini menawarkan beberapa spesifikasi yang mengesankan dengan konektivitas generasi berikutnya menjadi salah satu yang menarik. Mulai dari layar hingga ketahanan daya, siap-siap dibuat terpukau dengan performa maksimalnya.

Bobot Ringan dan Kompak

Untuk memberi sedikit gejolak di pasarnya, Realme 8 5G mengikuti tren smartphone dengan bodi kompak yang ringan. Tidak terlalu tebal atau pun tipis, perangkat ini membawa dimensi 162.5 x 74.8 x 8.5 mm. Sementara bobotnya sendiri sangat bisa diandalkan sebagai smartphone ringan karena memiliki berat hanya 185 gram saja.

Layar Besar Full HD+

Dalam hal tampilan display, Realme 8 5G cocok untuk menonton streaming, film, hingga bermain game. Berukuran 6.5 inci, Realme 8 5G berani bersaing dalam hal ukuran Android masa kini. Sebagai kejutan untuk ponsel murah, Realme 8 5G menawarkan kecepatan refresh 90Hz yang cukup cepat di kelasnya.

Hal menarik lain yang bisa ditemukan dari Realme 8 5G adalah rasio dan kerapatan layar. Realme telah menyiapkan rasio screen-to-body mencapai 90.5% dengan kerapatan tinggi 405 ppi. Oleh sebab itu tak ayal tampilannya memang patut diapresiasi. Mengenai kecerahan, kalian bisa mengandalkan kecerahan tertinggi 600 nits untuk melihat dengan jelas visualisasinya ketika digunakan di luar ruangan.

Performa Mumpuni

Di dalam Realme 8 5G, kalian akan menemukan MediaTek Dimensity 700 5G SoC dengan prosesor Octa-core clock 2,2 GHz. Ini adalah langkah kecil dari chipset 800U 5G di Realme 7 5G, tetapi kalian tidak perlu khawatir mengenai kinerjanya yang maksimal. Bersamaan dengan chip ini, kalian akan mendapatkan GPU ARM Mali G57 untuk pemrosesan grafis.

Dibanding dengan perangkat lainnya dengan harga serupa, Realme 8 5G sudah memenuhi syarat untuk bersaing dengan keunggulannya dalam hal mobile gaming. Sebagai informasi, Mediatek Dimensity 700 adalah SoC kelas menengah yang cepat dengan modem 5G terintegrasi. Ia mencakup dua core ARM Cortex-A76 cepat hingga 2,2 GHz dan enam core Cortex-A55 hemat daya hingga 2 GHz (Octa-Core dengan Heterogeneous Multi-Processing).

Sesuai namanya yang membawa embel-embel jaringan 5G, kalian bisa memanfaatkan kecepatan pemrosesan yang berbeda dan selangkah lebih maju daripada smartphone 4G.

Kapasitas Penyimpanan Besar

Selain performanya yang menjanjikan, Realme 8 5G hadir dengan kapasitas penyimpanan besar sebagai bentuk dukungan Realme untuk kalian para pengguna produktif. Namun di pasar Indonesia Realme hanya menyiapkan konfigurasi penyimpanan tunggal dengan RAM LPDDR4X sebesar 8GB dan memori internal UFS 2.1 128GB.

Jika kombinasi tersebut masih belum cukup untuk kalian, Realme telah menyediakan dukungan ekspansi microSD dengan kemampuan kapasitas 1TB.

Sensor Kamera Oke

Realme 8 5G hadir dengan kamera selfie 16MP di bagian depan dan tiga lensa di bagian belakang. Susunannya mencakup kamera utama 48MP, kamera makro 2MP, serta tak lupa terdapat sensor depth 2MP. Meski konfigurasi sensor pada perangkat ini dinilai merupakan ‘downgrade’ dari para saudaranya, namun tetap ciamik di segmen 3 jutaan.

Belum lagi Realme telah menyediakan banyak dukungan dan fitur pada kamera perangkat ini untuk mendukung kegiatan fotografi. Kalian bisa sepenuhnya memanfaatkan Super Nightscape, Panorama, Pro, Timelapse, Mode Potret, HDR, Ultra Makro, hingga Al Scene Recognition.

Meskipun kualitas rekaman videonya masih 1080p pada 30fps, Realme 8 5G sudah dilengkapi stabilisasi video UIS agar hasil rekaman tidak goyah dan menarik perhatian.

Kapasitas Baterai Tinggi

Seluruh komponen menggiurkan dari Realme 8 5G juga didukung oleh kapasitas dayanya yang tinggi. Kalian bisa mengandalkan baterai 5.000 mAh pada perangkat ini dengan daya tahan seharian penuh. Beberapa fitur juga hadir untuk mengoptimalkan masa pakainya mulai dari Smart 5G hingga Super Power Saving Mode.

Dengan Smart 5G, Realme mengklaim bahwa kinerjanya bisa 30% lebih hemat dalam hal konsumsi daya. Sementara Super Power Saving Mode bermanfaat untuk memperpanjang masa pakai baterai hingga berjam-jam walaupun hanya tersisa 5% saja.

Kekurangan Realme 8 5G

Di balik menariknya smartphone 5G terjangkau dari Realme ini, ada sisi minusnya yang wajib kalian pertimbangkan. Apa saja kekurangan yang tersimpan pada Realme 8 5G? Simak informasi berikut ini.

Panel Masih IPS LCD

Menonton film dan bermain game memang paling asyik jika menggunakan perangkat berlayar lebar dengan resolusi Full HD+. Namun akan lebih menyenangkan apabila layar tersebut dibarengi tipe panel AMOLED yang menyimpan banyak dukungan fitur kelas atas. Sayangnya Realme 8 5G belum bisa memberikan hal itu pada kalian.

Pilihan Realme untuk menggunakan layar LCD memang agak mengecewakan meskipun ini adalah tradeoff agar sesuai dengan opsi kecepatan refresh layar yang lebih tinggi. Jika ingin panel AMOLED yang lebih tajam, maka kalian bisa mendapatkannya dari model dasar 8 dan 8 Pro yang terjebak dengan kecepatan refresh 60Hz.

Tidak Mempunyai Kamera Ultra-wide

Sangat disayangkan di titik harga 3 jutaan justru Realme lupa menghadirkan kamera ultra-wide. Padahal untuk fotografi yang menawan saat ini berbagai brand sudah melengkapi perangkat terbarunya dengan quad kamera atau bahkan lebih. Apalagi dengan bidang pandang luas seperti pemandangan, para kompetitornya sedang berlomba-lomba menawarkan sensor ultra-wide bersama segenap dukungan fiturnya. Jika kalian berniat membuat konten dengan tema fotografi alam dan objek lain secara maksimal, maka Realme 8 5G bukan tipe smartphone yang bersahabat dan kurang bisa diandalkan.

Fast Charging Masih 18W

Kekurangan Realme 8 5G selanjutnya ada pada teknologi pengisi daya. Pasalnya, perangkat ini hanya diberikan bekal berupa fast charging 18W yang kurang cepat di segmennya. Budget 3 juta yang kalian miliki bisa digunakan untuk mendapatkan smartphone lain yang menawarkan fast charging 33W sehingga kalian lebih menghemat waktu ketika mengisi ulang dayanya.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 8 5G yang wajib untuk diketahui. Semakin kaya fitur terbaru ala smartphone masa kini, maka semakin banyak pula kompromi yang harus dilakukan oleh vendor ternama jika harganya dibanderol murah. Nah, setelah membaca informasi di atas, apakah Realme 8 5G masih menjadi smartphone incaran kalian?