Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C25s

Kontribusi Realme terhadap industri smartphone dalam beberapa tahun telah memberikan pengaruh yang besar. Semua fitur dari merek ini bersaing ketat dengan Xiaomi karena dibuat khusus untuk orang-orang yang mencari ponsel murah.

HP Realme
Spesifikasi Realme C25s
  • Rilis Juli 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset MediaTek Helio G85 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C25s dan Harganya

Kalian yang telah membeli dan mencoba smartphone dari Realme tentu tidak pernah meremehkan kinerjanya yang cukup menjanjikan. Hal serupa juga akan kalian rasakan pada Realme C25s. Diluncurkan pada Juli 2021, ponsel ini memiliki pesona nyata untuk menarik perhatian pasarnya.

Merek yang satu ini telah membuktikan nilai jual dan kemurahan hatinya untuk perangkat kelas rendah. Jadi mari membahas hal tersebut secara rinci tentang kelebihan dan kekurangan Realme C25s yang penting untuk diketahui.

Kelebihan Realme C25s

Hadir dengan layar yang layak, prosesor, kamera yang lebih baik, dan daya tahan baterai yang luar biasa, Realme C25s memberikan dampak yang bertahan lama bagi pengguna. Meskipun ini adalah smartphone 4G, dengan budget 2 jutaan saja kalian akan mendapatkan beberapa kelebihan berikut ini.

Desain Kekinian dan Tidak Rentan Sidik Jari

Desain perangkat ini sangat identik dengan Realme C25 dengan varian warna yang sama pula yakni Water Grey dan Water Blue. Selain itu Realme mempertahankan bodinya yang kompak dan nyaman digenggam berkat pola garis desain geometris di bagian belakang. Meskipun memiliki finishing mengkilap tetapi dengan pencegahan noda sidik jari tentu kalian akan mendapatkan kesan yang premium dari Realme C25s.

Realme C25s menampilkan dukungan yang sudah dikenalkan yang oleh Realme sebagai desain Seni Geometris. Ini memang mirip dengan tampilan Realme C25 dalam hal tekstur dan finishing yang diluncurkan lebih dahulu sehingga kalian tidak asing lagi. Panel belakang tersebut terbuat dari plastik yang terasa halus karena garis-garis yang ditempatkan secara merata agar bisa digunakan dengan nyaman.

Layar Lapang yang Memuaskan

Realme C25s membingkai panel IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi HD+. Layarnya tidak jauh berbeda dengan para kompetitornya karena turut memiliki resolusi 720 x 1600 piksel dan kerapatan piksel 270ppi. Sama seperti model lama, layar Realme C25s diklaim cukup mampu memberikan gambar dan teks yang tajam dan jernih.

Selain itu, panel Realme C25s juga memiliki reproduksi warna dan kontras yang baik. Ia menawarkan kecerahan puncak 570 nits yang memungkinkan kalian untuj menggunakan smartphone di luar ruangan, bahkan di bawah sinar matahari langsung. Ditambah dengan sudut pandang yang efisien dan bezel tipis, tentu saja menonton video bersama teman dan keluarga menjadi nyaman.

Performa Tangguh

Realme mengandalkan chipset tangguh untuk rilis C25s. Anak baru di seri C ini dilengkapi dengan chipset gaming yang kuat, MediaTek Helio G85. Untuk tujuan perbandingan, model yang digantikannya memiliki Helio G70. Hal tersebut menunjukkan bahwa keputusan ini adalah peningkatan yang signifikan apalagi Realme membanderol harga yang kurang lebih sama untuk kedua model.

Meskipun kalian tidak dapat mengharapkan chipset Snapdragon pada ponsel C25s, namun tentu saja kalian akan senang dengan kinerja yang diberikan MediaTek Helio G85 dalam kisaran harga yang terjangkau.

SoC baru ini dikembangkan di bawah proses 12nm dan mengemas CPU octa-core hingga 2GHz. Prosesor ini menawarkan kecepatan clock maksimum 2,0 GHz yang dibuat oleh 2 inti, sedangkan 6 sisanya dicadangkan untuk 1,8 GHz. Ini adalah kombinasi terbaik untuk memberi kalian kinerja yang layak. Perangkat ini dapat memainkan game ringan tanpa masalah juga karena kehadiran unit grafis Mali-G52 MC2.

Penyimpanan Besar

Untuk mendukung performanya secara matang, Realme telah menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar pada perangkat ini. Kalian akan mendapati RAM 4GB dan penyimpanan internal hingga 128GB. Tanpa ragu, Realme juga telah memberikan dukungan slot microSD sehingga kalian bisa mempeeluas kapasitas penyimpanan untuk mendapatkan ruang yang lebih besar lagi.

Baterai Jumbo

Nilai jual utama yang tak boleh kalian lewatkan dari Realme C25Y adalah kapasitas baterainya yang berukuran jumbo. Dengan ukuran 6.000 mAh, tentu saja perangkat ini bisa menemani kalian lebih dari seharian penuh tanpa bolak-balik mengisi ulang daya.

Penggunaannya tidak akan ada masalah saat menonton video atau scrolling internet karena kalian akan mendapatkan 8 jam masa pakai baterai non stop. Namun dengan penggunaan minimum tanpa intensitas tinggi, ketahanannya diklaim sangat bisa diandalkan. Apalagi Realme telah menyiapkan beberapa fitur seperti pengoptimalan baterai dan reverse charge yang efisien saat bepergian.

Konfigurasi Kamera Menawan di Kelasnya

Realme C25s juga menunjukkan nilai jual menarik dalam hal sektor kamera. Pasalnya, smartphone ini dilengkapi modul tiga kamera yang menampilkan kamera utama 48MP dengan lensa aperture f/1.8. Ini salah satu dari sedikit perangkat yang memiliki sensor tersebut pada titik harga tidak lebih dari 2 juta. Selain itu, ada juga kamera 2MP (aperture f/2.4) untuk bidikan makro dan 2MP (aperture f/2.4) untuk bidikan bokeh.

Selain mode HDR, hal menarik yang bisa kalian nikmati dari kamera Realme C25s adalah fitur Super NightScape untuk kualitas fotografi yang lebih menawan saat di malam hari. Jika kalian termasuk pengguna Android yang mempertimbangkan spesifikasi kamera, Realme C25s adalah pilihan yang tepat.

Kekurangan Realme C25s

Realme C25s memang penuh keunikan dan tawaran kelebihan yang menarik. Namun sebaiknya kalian mengetahui beberapa kekurangan Realme C25s berikut ini sebelum memantapkan hati memilihnya sebagai smartphone sehari-hari.

Resolusi Layar Belum Full HD+

Bagi sebagian orang, mengonsumsi konten seperti streaming dan film akan lebih memuaskan jika dibarengi kualitas layar Full HD+. Meskipun layar HD+ lebih hemat daya, namun kapasitas baterai milik Realme C25s sudah di atas rata-rata sehingga akan lebih menawan apabila layarnya beresolusi Full HD+.

Tidak Mengantongi IP Rating dan Proteksi Layar

Masih seputar layar, kalian harus ekstra hati-hati saat menggunakan perangkat ini di tempat yang rentan jatuh dan goresan. Selain itu sangat disayangkan melihat fakta bahwa Realme C25s belum diberi bekal berupa IP Rating untuk ketahanan bodi baik itu dari cipratan, debu, atau air.

Bobot Cukup Berat dan Tebal

Kekurangan yang satu ini adalah persoalan berat perangkat yang mencapai 209 gram. Besarnya kapasitas daya baterai yang kalian dapatkan pada Realme C25s harus ditukar dengan bobot yang juga bertambah berat sehingga kurang nyaman apabila digunakan dengan satu tangan saja. Karena ketebalannya juga mencapai 9.6 mm, Realme C25s kurang cocok bagi kalian para pencinta smartphone ultra-thin.

Demikian informasi penting berupa kelebihan dan kekurangan Realme C25s yang membawa upgrade spesifikasi dari C25. Terlepas dari 3 kekurangan di atas, kelebihan perangkat ini menjadikannya sangat worth it untuk dimiliki. Apalagi harga banderol Realme C25s di Indonesia sangat terjangkau sehingga kalian tak perlu merogoh kocek dalam-dalam.