Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C21Y

Realme C21Y merupakan smartphone terbaru dari Realme. Merek yang satu ini telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dan sekarang menjadi salah satu perusahaan smartphone terbesar di dunia.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Realme C21Y
  • Rilis Juli 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset Unisoc T610 (12 nm)
  • GPU Mali-G52
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 2/32 GB, 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.600.000 - 1.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C21Y dan Harganya

Bahkan baru-baru ini, Realme menduduki peringkat perusahaan smartphone terbesar keenam di dunia dan juga perusahaan tercepat yang mengirimkan lebih dari 100 juta smartphone di seluruh dunia. Ini menunjukkan adanya prospek besar untuk ponsel Realme dalam beberapa tahun mendatang.

Realme C21Y memang tidak diluncurkan se-mengesankan seri menengahnya. Smartphone kelas menengah mereka, Realme GT, dikenal luas sebagai sub-merek andalan dengan banyak peminat. Namun kalian juga bisa mencoba melirik seri C yang lebih terjangkau namun tak kalah menarik.

Sekilas, Realme C21Y terlihat seperti ponsel premium. Kualitas buildnya tampak sangat bagus untuk harga yang dijual berdasarkan informasi resmi Realme, yakni mulai dari 1.5 juta saja. Karena perangkat terbaru dari Realme ini tidak akan menguras kantong, mari ketahui lebih dalam apa saja yang akan kalian dapatkan dari Realme C21Y.

Kelebihan Realme C21Y

Pertarungan di segmen entry-level memang sulit dimenangkan jika hanya mengandalkan spesifikasi berulang dari pendahulunya. Namun tenang saja karena Realme C21Y membawa peningkatan yang cukup bisa diandalkan sebagai perangkat harian. Berikut ini kelebihan Realme C21Y yang wajib untuk diketahui sebelum membeli smartphone ini.

Desain Tidak Murahan

Realme C21Y tidak mencoba mendekati tampilan dari model lain melainkan tetap membawa ciri khas dari sub-mereknya sendiri. Salah satunya adalah nama Realme di bagian belakang yang dihadirkan bersama pantulan cahaya yang bereaksi dengan cara yang berbeda pada bagian punggung.

Efek tersebut hadir dikarenakan teksturnya yang kasar, yang juga sekaligus membuat material plastik di Realme C21Y tidak memberikan kesan material yang murahan.

Padahal biasanya smartphone dengan harga 1 jutaan akan menawarkan punggung polos biasa saja. Selain material, tentu desain polosnya akan tampak membosankan dan terkesan murah. Untung saja Realme C21Y tidak demikian sehingga ini adalah sebuah kelebihan yang sayang untuk dilewatkan.

Layar Besar yang Memuaskan

Berbicara tentang layar, Realme C21Y memiliki layar IPS LCD 6,5 inci yang sangat besar dengan resolusi maksimum 720 x 1600 piksel alias HD+. Kalian bisa menggunakan telepon di luar ruangan yang teduh dan tidak ada masalah dengan visibilitas karena Realme telah menyertakan kecerahan maksimum 420 nits.

Tak kalah menyenangkan dengan smartphone lainnya, dalam pengaturan layar kalian dapat beralih antara tema gelap, kecerahan adaptif, memilih skala gambar dan ukuran font, hingga menampilkan pemberitahuan pada layar yang terkunci. Selain itu kalian juga dapat mengatur kondisi di mana layar akan menyala disertai kontras tertentu. Dengan begini, Realme C21Y sangat direkomendasikan untuk yang gemar menonton film.

Performa Tangguh dengan Penyimpanan Lega

Realme C21Y ditenagai oleh prosesor Unisoc T610 8-core. Chip tersebut dibuat menggunakan teknologi proses 12 nm dan terdiri dari sepasang core Cortex-A75 pada 1,8 GHz dan enam core Cortex-A55 dengan frekuensi clock yang sama. Akselerator Mali-G52 bertanggung jawab atas grafisnya.

Meski dirilis pada Juni 2019 lalu, chipset tersebut masih digunakan di smartphone. Di antara smartphone entry-level, cukup normal untuk menggunakan perangkat keras berusia 2 tahun apalagi mengingat krisis produksi dan kekurangan prosesor sehingga Realme memilih untuk menggunakan chipset ini.

Smartphone ini menerima dukungan variasi RAM 3/4 GB (LPDDR4X) dan penyimpanan internal 32/64 GB, serta opsi ekspansi microSD yang dapat diperluas hingga 256 GB. Jika kita berbicara tentang kinerja, maka dalam sewajarnya dalam penggunaan normal Realme C21Y cukup gesit dan dengan sempurna mengatasi tugas sehari-hari.

Namun apabila kalian menggunakan perangkat ini untuk game, mengingat karakteristiknya kalian seharusnya tidak mengharapkan sesuatu yang ‘wah’ karena Realme C21Y bukan menjual performa gaming.

Baterai Besar Tahan Seharian

Saat ini adalah hal yang wajar apabila melihat smartphone terbaru mengemas baterai besar. Namun komponen ini bisa dibanggakan karena tidak semua vendor memiliki kemurahan hati untuk menawarkan daya baterai yang mendukung. Kalian bisa mengandalkan baterai 5.000 mAh yang dibawa oleh Realme C21Y untuk menemani aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Bahkan dengan penggunaan yang tidak terlalu intensif, kapasitas daya sebesar itu bisa bertahan selama 2 hari.

Konfigurasi Triple Kamera

Realme C21Y tidak ingin kalah saing dalam hal kemampuan menghasilkan potret menawan bagi penggunanya. Kamera belakang perangkat ini terdiri dari tiga modul yang mencakup kamera utama 13MP dengan aperture f/2.2 dan PDAF, kamera makro 2MP (aperture f/2.4), dan sensor monokrom dengan aperture dan resolusi yang sama.

Modul 13MP atau kamera utamanya akan membantu kalian membidik banyak objek dengan detail dan warna yang solid. Kameda ini memungkinkan kalian untuk merekam video pada 1080p sekaligus menyediakan mode Video, Time Lapse, dan Slow Motion (720p) standar. Rentang mode fotonya sendiri terdiri dari beberapa pilihan mulai dari Otomatis, Potret, Burst dan Makro, Pro (Standar dan Malam), hingga Panorama.

Dukungan di atas tentunya akan sangat menyenangkan dan cukup bisa diandalkan untuk smartphone yang sangat terjangkau. Apakah kalian ingin mencoba kinerja kameranya?

Kekurangan Realme C21Y

Setelah mengetahui beberapa kelebihan Realme C21Y, kini saatnya untuk mengetahui kekurangan yang juga harus kalian pertimbangkan. Bisa jadi kekurangan di bawah ini adalah pertimbangan utama kalian dalam memilih smartphone baru.

Pengisi Daya Masih Jadul

Di tahun 2021, rasanya USB Type-C sudah menjadi sebuah trend yang wajib diikuti setiap smartphone baru. Namun sayangnya Realme memilih untuk menyertakan model microUSB saja pada C21Y sehingga terkesan agak ketinggalan jaman. Inilah yang juga menyebabkan kecepatan pengisian daya Realme C21Y lambat dan belum menandingi para pesaingnya.

Realme C21Y tidak didukung oleh fast charging 18W sebagaimana yang biasa terlihat di smartphone lainnya dengan harga serupa. Jadi jika kalian menginginkan kecepatan isi ulang yang mengesankan, Realme C21Y bukanlah pilihan yang tepat sebagai daily driver andalan.

Kamera Selfie 5MP

Meskipun terdapat susunan triple kamera di bagian punggung Realme C21Y yang memang telah menjadi standar smartphone di range harganya, namun kamera selfie-nya sangat mengecewakan. Kalian hanya akan mendapatkan sensor wide yang terdapat di notch layarnya dengan resolusi 5MP saja. Tentu saja kemampuan ini di bawah rata-rata karena setidaknya Realme harus menyediakan resolusi 8MP agar bisa bersaing dengan perangkat entry-level lain.

Itulah sederet kelebihan dan kekurangan Realme C21Y yang penting untuk diketahui khususnya bagi kalian pencinta smartphone low-end. Jika tidak mempersoalkan kemampuan kamera depan atau teknologi pengisi dayanya, Realme C21Y sangat affordable dan ramah di kantong. Kalian bisa memilih salah satu dari dua variasi warna yang disediakan oleh Realme, yakni Cross Black dan Cross Blue.