Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo V21

Vivo V21 diluncurkan setelah ramainya perbincangan saudara kandungnya V21 5G di pasar global. Karena tidak semua pengguna smartphone lebih memilih untuk menggunakan Android dengan jaringan 5G, maka Vivo pun menghadirkan anak baru yang tepat bagi kalian pencinta smartphone kuat tanpa pertimbangan jaringan terbaru.

HP Vivo
Spesifikasi Vivo V21
  • Rilis Mei 2021
  • Layar 6.44 inci AMOLED 90Hz HDR10+ ~409 ppi
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
  • GPU Adreno 618
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 44 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 4.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo V21 dan Harganya

Vivo V21 memiliki dua varian warna yang bisa kalian pilih, yakni Diamond Flare dan Roman Black dengan harga banderol mulai dari 4 jutaan. Vivo V21 sendiri adalah versi V21 5G yang dipangkas dengan beberapa pengurangan untuk mendapatkan status ponsel murah.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan perangkat ini secara menyeluruh? Nah, mari membahasnya secara lengkap pada tulisan ini.

Kelebihan Vivo V21

Berbicara tentang kelebihan Vivo V21, ada sederet keunggulan yang bisa kalian temui dan sekaligus dibanggakan oleh Vivo. Beberapa kelebihannya mencakup bodi langsing hingga baterai besar yang patut diacungi jempol.

Desain Menawan dengan Bodi Ramping dan Ringan

Secara umum, vivo V-series selalu dibedakan dari desainnya, tidak terkecuali pada V21. Dari dua variasi warna yang dihadirkan, masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri dalam hal nuansa dan gaya desain.

Variasi Roman Black membawa permukaan abu-abu gelap dengan garis-garis memanjang, yang pada sudut tertentu diklaim menghasilkan warna sedikit biru. Meskipun tepi perangkat ini terbuat dari plastik, tetapi ia dicat logam sehingga secara visual membuatnya lebih berkelas.

Namun jika kalian menginginkan smartphone yang lebih cerah, Diamond Flare adalah pilihan yang tepat. Vivo telah mengusung bingkai mengkilap di sisinya dengan bagian belakangnya dihiasi pola yang rumit dan tidak biasa.

Keduanya adalah pilihan desain Vivo yang diiringi bobot ringan serta bodi yang tipis karena Vivo V21 menawarkan berat sekitar 171 gram saja beserta ketebalan yang tercatat 7.38 mm. Dengan begini, tak usah diragukan lagi bahwa Vivo V21 adalah smartphone ultra-thin stylish yang cocok untuk gaya masa kini.

Mengusung Panel AMOLED Full HD+

Di satu sisi, Vivo mencoba membuat smartphone tipis dan ringan, tetapi pada saat yang sama beberapa fitur desainnya tetap tidak berubah dengan latar belakang model lama. Displaynya sendiri mengusung panel AMOLED berukuran besar hingga 6.44 inci.

Di antara fitur-fitur layar AMOLED, Vivo telah menyiapkan beberapa profil warna yang sudah jadi, penyesuaian white balance manual, mode Always On, hingga Peredupan DC untuk membuat mata kalian tidak terlalu lelah. Panel berkualitas ini juga menampung sensor In-display fingerprint khas smartphone masa kini yang canggih.

Bukan hanya menghadirkan desain cantik, layar di bagian depannya turut membawa tampilan memuaskan dengan resolusi 2400 x 1080 piksel (Full HD+) dan rasio aspek 20:9. Dengan kerapatan piksel 408 ppi dan dukungan HDR10, kalian akan memperoleh kualitas yang tidak main-main dari smartphone kelas menengah ini.

Performa Bersaing

Mari kita beralih ke bagian dapur pacu yang menjadi kelebihan selanjutnya. Saat membeli smartphone baru, kinerja yang diberikannya merupakan faktor penting bagi kalian yang produktif. Khususnya di pasar yang didorong oleh spesifikasi seperti Indonesia, SoC memainkan peran utama dalam memengaruhi keputusan seseorang untuk membeli telepon tertentu.

Dengan segmen smartphone kelas menengah yang kompetitif seperti biasanya, Vivo turut menawarkan kinerja powerfull yang bisa diandalkan sebagai daily driver. Smartphone ini memiliki prosesor Snapdragon 720G, sama seperti Vivo V20 tahun lalu.

Snapdragon 720G menggunakan Konfigurasi Inti 2+6 dengan dua core Kryo 465 Gold berdaya tinggi yang didasarkan pada arsitektur Cortex-A76 ARM. Sementara enam inti hemat daya-nya diberi nama Kryo 465 Silver dan ini didasarkan pada Cortex-A55. Di sisi lain, terdapat akselerator Adreno 618 untuk menangani grafis harian dengan sempurna.

Dengan fabrikasi 8nm dan clock speed 2.3GHz, chipset ini memiliki Performa CPU yang sedikit lebih baik (sekitar 3-5%) daripada 730/730G. Kalian tidak usah khawatir lagi akan menemukan lag atau macet ketika sedang bermain game atau sedang multi-tasking karena dapur pacu Vivo V21 terlihat menjanjikan.

Kapasitas Penyimpanan Jumbo dengan Slot MicroSD

Sebagai mid-ranger, Vivo V21 berani menawarkan ruang penyimpanan yang besar seperti para kompetitornya. Untuk memenangkan hati pengguna Android, Vivo menyediakan RAM 8GB yang dikombinasikan bersama variasi penyimpanan internal 128GB dan 256GB.

Meskipun terdengar biasa karena sesuai harga, namun keistimewaan Vivo V21 ada pada dukungan microSD dan fitur Extended RAM. Ya, perangkat ini mendukung ekspansi microSD yang bisa kalian manfaatkan untuk menambah kapasitas hingga 1TB sehingga lebih bebas menyimpan banyak file. Mengenai Extended RAM alias tambahan RAM yang dipinjam dari memori internal, Vivo menyediakan hingga 3GB agar kinerjanya tetap mulus.

Sensor Kamera yang Oke

Masih belum puas dan ingin mendapatkan kelebihan lainnya? Nah, kalian bisa menemukan kelebihan tersebut pada sektor fotografi. Kalian akan mendapati susunan 3 kamera di bagian punggung yang terdiri dari kamera utama, ultra-wide, dan kamera makro.

Vivo V21 hadir dengan unit Quad-bayer 64MP yang membawa aperture f/1.8. Menariknya, kamera ini juga mencakup tambahan OIS yang disambut baik yang tidak ada pada pendahulunya. Selain itu, terdapat kamera ultrawide dengan resolusi sebesar 8MP. Sementara kamera ketiganya adalah sensor makro khusus 2MP dengan aperture f/2.4.

Namun selain kamera belakang, sensor wide di bagian depan juga tak kalah menggiurkan. Vivo memberikan penawaran resolusi besar 44MP dengan aperture f/2.0 untuk selfie dan video call dengan nyaman sehari-hari.

Baterai Besar dengan Fast Charger

Kelebihan yang sayang untuk dilewatkan dari Vivo V21 adalah kapasitas dayanya yang mencapai ukuran 4.000 mAh. Mengingat bobot dan body yang ramping, tak heran Vivo tidak membekalinya bersama baterai lebih tinggi. Namun kapasitas ini tetap lumayan untuk mendukung aktivitas kalian karena disertai teknologi fast charging 33W.

Kekurangan Vivo V21

Di balik kelebihan yang menawan, ada beberapa kekurangan Vivo V21 yang ‘menyempil’ dan harus kalian pertimbangkan. Apa saja kekurangan tersebut? Berikut ini informasinya khusus untuk kalian.

Refresh Rate Masih Rendah

Rasanya memang dilematik saat Vivo merilis spesifikasi perangkat ini. Dibalik keanggunan layar AMOLED-nya, kalian harus merelakan kecepatan refresh tinggi. Pasalnya Vivo V21 hanya membawa refresh rate 60Hz saja yang sudah pasti kurang bersahabat bagi para pengguna Android canggih masa kini.

Tidak Ada Proteksi Layar

Kekurangan Vivo V21 selanjutnya masih seputar layar. Dengan budget 4 jutaan, sangat disayangkan kalian tidak akan mendapatkan smartphone yang memuaskan di sektor display. Meskipun visualisasinya menjamin, namun keamanan dan kinerjanya kurang smooth.

Secara garis besar Vivo V21 memang cukup menjanjikan untuk penggunaan standar. Namun jika kalian adalah pengguna yang selektif terhadap tampilan display, perangkat ini kurang tepat dijadikan sebagai smartphone andalan di tahun 2021 karena masih banyak opsi lainnya di harga yang sama.