Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60 Pro

Lini utama smartphone tahun 2021 dari Vivo adalah jajaran X60 yang secara teknis diluncurkan pada akhir 2020 di China, tetapi peluncuran globalnya dilakukan pada tahun 2021. Dari empat ponsel dalam seri ini, Vivo X60 Pro adalah perangkat paling menyita perhatian publik karena spesifikasinya yang mengesankan.

HP Vivo
Spesifikasi Vivo X60 Pro
  • Rilis Mei 2021
  • Layar 6.56 inci AMOLED 120Hz HDR10+ ~398 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • GPU Adreno 650
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), 13 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4200 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 10.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo X60 Pro dan Harganya

Smartphone ini masuk dalam jajaran high-end yang dibanderol dengan harga 9 jutaan sehingga memiliki banyak pesaing kelas atas yang tentunya tidak kalah menawan. Vivo sendiri optimis menghadirkan X60 Pro tahun ini bersama kolaborasi dengan Zeiss untuk menawarkan nilai jual utama di bagian kamera.

Ada banyak hal yang bisa kalian dapatkan dari Vivo X60 Pro mulai dari kelebihan hingga kekurangannya yang sukses menjadi topik hangat tahun ini. Untuk itu jangan lupa untuk membaca tulisan ini hingga akhir ya.

Kelebihan Vivo X60 Pro

Selain konfigurasi kameranya, Vivo dengan berbaik hati memberikan kelebihan di segi layar, desain, baterai, hingga performa. Deretan kelebihannya di bawah ini bisa kalian andalkan sebagai daily driver.

Bobot Ringan dan Desain Simpel

Pada ukuran berat 179g, Vivo X60 Pro terlihat sebagai smartphone yang cukup ringan sehingga membuatnya menarik dibandingkan dengan segudang smartphone berukuran super di tingkat harganya. Ukurannya dimensinya adalah 158,6 x 73,2 x 7,9mm, jadi cukup tipis juga dan cocok bagi kalian penggemar smartphone ultra-thin.

Vivo memutuskan untuk menggunakan kembali desain ultra-thin pada X50 Pro dulu ke perangkat ini sehingga tampilan cantiknya tidak akan berubah. Bagian cover belakang pun demikian simpel dengan permukaan rata tanpa tonjolan kamera yang mengganggu. Berdasarkan prinsip desai ini, Vivo X60 Pro cocok untuk setiap pengguna dari berbagai kalangan usia.

Mengusung Panel AMOLED dengan Refresh Rate 120Hz

Vivo X60 Pro memiliki layar yang tampak rata-rata untuk ponsel dengan harga yang lebih murah. Namun selama layarnya tetap menawan tentu saja hal ini bukan masalah. Di bagian depan kalian akan mendapati panel 6,56 inci yang melengkung dengan lembut dan dipecah oleh cut-out untuk kamera yang menghadap ke depan di tepi atas. Karena bezel Vivo X60 Pro sangat tipis, tentu saja kalian bisa menonton film favorit atau bermain game dengan visualisasi yang nyaman.

Dalam hal spesifikasi teknis, kalian akan melihat resolusi 1080 x 2376 piksel atau FHD. Tipe displaynya adalah AMOLED yang dihadirkan bersamaan dengan dukungan untuk HDR10+ sehingga warnanya berani dan cerah.

Seperti pada kebanyakan ponsel premium modern, Vivo telah membekalinya dengan kecepatan refresh layar 120Hz, yang berarti gambar diperbarui 120 kali per detik. Kalian bisa mengaturnya ke kecepatan refresh 60Hz atau Smart Switch untuk menghemat daya baterai agar lebih efisien.

Untuk perlindungan, ada Gorilla Glass 6 yang melindungi bagian belakang sementara layar di bagian depan dilindungi oleh kaca Schott Xensation. Mengenai sistem biometri Vivo X60 Pro sudah mengusung tipe in-display dari AMOLED yang dibawanya sebagai bentuk fitur terdepan untuk bersaing di kelasnya.

Sensor Kamera dengan Stabilisasi Gimbal 2.0

Seperti iklannya, Vivo memang mengunggulkan sensor kamera perangkat ini. Ada total empat kamera yang terbagi menjadi 1 buah kamera depan dan 3 kamera belakang yang berkolaborasi dengan ZEISS. Kalian bisa mengandalkan sepenuhnya tiga kamera belakang Vivo X60 Pro yang terdiri dari kamera utama 48MP dan dua kamera sekunder 13MP (telefoto dengan 2x optical zoom dan ultra-wide dengan 120˚ FOV), sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 32MP.

Meskipun identik dengan X60 biasa, versi Pro ini mendapatkan Gimbal Stabilization 2.0 yang dibangun di atas Sistem Kamera Gimbal yang ada pada X50 Pro sebelumnya. Dengan dukungan teknologi yang telah disempurnakan, Vivo X60 Pro membawa dua mode stabilisasi, yakni Stabilisasi Standar dan Stabilisasi Ultra.

Performa Kuat

Kelebihan Vivo X60 Pro selanjutnya ada pada sektor dapur pacu. Dipersenjatai oleh Qualcomm Snapdragon 870, maka Vivo menyiratkan bahwa perangkat ini mendukung jaringan 5G dengan performa kuat.

Namun kalian harus ingat meskipun Snapdragon 870 memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi daripada Snapdragon 888 spek teratas, tetap saja chipset ini didasarkan pada arsitektur yang sedikit lebih tua. Oleh karena itu, performanya bukan yang paling kuat yang akan kalian dapatkan pada tahun 2021.

Karena mengusung SoC 5G, Vivo X60 Pro sudah memiliki dukungan jaringan terbaru untuk konektivitas yang lebih lancar. Vivo juga melakukan beberapa hal menarik untuk mendorong potensi X60 Pro dengan menawarkan RAM 12GB yang besar. Kalian bisa memperluas RAM-nya hingga sekitar 15GB karena memiliki akses 3GB ke ROM yang dikenal dengan RAM Extended. Sementara penyimpanan internalnya berkapasitas 256GB yang termasuk besar.

Baterai Besar

Untuk mendukung seluruh kinerjanya, Vivo X60 Pro mengemas baterai besar 4.200 mAh. Dengan begitu Vivo X60 Pro bisa menemani aktivitas kalian seharian. Meskipun kapasitas ini lebih rendah 100 mAh dari versi standar X60, namun baterai tersebut tetap bisa diandalkan.

Kekurangan Vivo X60 Pro

Sebagai flagship yang dibanggakan, tentu deretan spesifikasinya menjadi titik perhatian sehingga akan mudah menemukan kekurangan dari perangkat ini. Secara umum, berikut ini kekurangan yang tersimpan pada Vivo X60 Pro yang harus kalian pertimbangkan kembali.

Tidak Mempunyai Slot MicroSD

Kekurangan pertama datang dari sisi dukungan penyimpanan ekstra. Menilik kelasnya, memang sangat jarang ditemukan smartphone yang masih menawarkan slot microSD. Namun bagi sebagian besar pengguna Android dukungan ekspansi penyimpanan sangat dibutuhkan untuk mempermudah penggunaan. Sayangnya kalian tidak akan mendapatkan hal tersebut dari Vivo X60 Pro.

Teknologi Fast Charging Hanya 33W

Berada di titik harga yang hampir menyentuh angka 10 juta, ekspektasi tentang Vivo X60 Pro tentu saja tinggi termasuk spesifikasi teknis dalam hal pengisi daya. Di saat smartphone terbaru yang lain dengan harga 5 jutaan sudah memiliki dukungan fast charger hingga 65W, Vivo hanya melengkapi perangkat ini dengan teknologi pengisi daya cepat 33W saja. Apakah kalian tidak keberatan dengan keputusan Vivo ini?

Belum lagi ditemukan pula fakta bahwa Vivo X60 Pro juga belum mendukung teknologi pengisi daya wireless yang diharapkan oleh target pasarnya. Padahal setidaknya Vivo turut memberikan nilai jual dari sektor daya dan pengisi daya selain sisi kameranya.

Tidak Ada Stereo Speaker

Layar menawan perangkat ini memang terlihat menggiurkan. Namun ia tidak diimbangi dengan dukungan audio yang memadai berupa speaker stereo. Vivo sedang tidak royal kepada pengguna setianya karena hanya menyematkan mono speaker saja yang sudah pasti tidak maksimal untuk digunakan dengan nyaman saat bermain game atau menonton film.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo X60 Pro yang wajib untuk diketahui. Berdasarkan tulisan ini, semoga kalian bisa membandingkan pilihan yang tepat untuk smartphone baru di akhir tahun ya.