Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60

Memiliki perangkat baru dengan kombinasi sensor kamera yang mumpuni untuk menghasilkan foto dan video menarik adalah hal yang diidam-idamkan oleh sebagian pengguna smartphone. Banyak merek smartphone yang bermitra dengan pembuat kamera terkenal untuk meningkatkan kualitas fotografi pada smartphone mereka.

HP Vivo
Spesifikasi Vivo X60
  • Rilis April 2021
  • Layar 6.56 inci AMOLED 120Hz HDR10+ ~398 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • GPU Adreno 650
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), 13 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4300 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 8.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo X60 dan Harganya

Hal ini bukanlah konsep baru, karena sebelumnya telah ada Huawei dan Leica yang bekerja sama satu sama lain untuk seri P dan Mate unggulannya. Dalam nada yang sama, Vivo juga telah bermitra dengan Zeiss untuk pertama kalinya di seri X60 baru.

Vivo memang telah berupaya meningkatkan kemampuan fotografinya dengan seri X50 tahun lalu. Namun berkat kemitraan baru dengan Zeiss ini, Vivo memastikan bahwa target pasarnya akan benar-benar menyadari kehebatan kamera penerus seri X50 sejak awal.

Dengan komponen menarik tersebut, ada baiknya kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo X60.

Kelebihan Vivo X60

Meski diunggulkan dalam hal kamera, namun lebih dari itu Vivo X60 sebenarnya mempunyai bagian mengesankan lain mulai dari layar hingga detail desainnya. Tanpa berlama-lama lagi, inilah kelebihan dari Vivo X60 yang harus kalian ketahui.

Desain Menarik dan Kekinian

Dalam hal desain, Vivo memang jarang mengecewakan karena turut ditularkan semangat desain dari seri Oppo. Dilihat berdasarkan bagian luar saja tentu pangsa pasar sudah mengetahui baik Vivo X60 maupun X60 Pro adalah saudara kembar.

Hal tersebut berarti X60 bisa langsung menarik perhatian kalian sejak pertama kali melihatnya karena dihadirkan dengan hasil akhir gradien yang unik. Meskipun saat ini telah cukup banyak ponsel dengan pola gradien, namun Vivo mampu membuat panel X60 terlihat cukup menarik. Vivo sendiri menyediakan dua variasi warna pada X60, yakni Midnight Black dan Shimmer Blue.

Hal yang terpenting selain desain adalah bodinya yang secara keseluruhan mengikuti tren kekinian untuk smartphone ramping dan ringan. Salah satu faktor yang membuat bobotnya hanya 176 gram saja dikarenan tipe material plastik sehingga tidak membuatnya menjadi berat. Namun ukuran ketebalan 7.44 mm pada Vivo X60 juga membuatnya terlihat modern dan bisa diapresiasi.

Layar AMOLED 120Hz dengan Resolusi Full HD+

Vivo X60 dikemas dalam layar 6.56 inci dengan resolusi 1080 x 2376 piksel (Full HD+) dengan kerapatan layar 398 ppi. Layar tersebut sudah mendukung HDR10+ dan memiliki kecepatan refresh tinggi 120Hz sehingga persoalan tampilan bukan kendala bagi Vivo X60. Kecepatan refresh yang tinggi itu turut didampingi oleh touch sampling rate sebesar 240Hz agar kalian bisa bermain game dan menavigasikan layar dengan cepat.

Kecepatan refresh tinggi pada perankat ini berjalan sebagai pengaturan default di mana kalian bisa mengaturnya ke mode 60Hz atau 120Hz atau membiarkannya berubah secara dinamis sesuai kebutuhan. Namun yang pasti hasil penggunaan mode 120Hz sangat mengesankan karena memungkinkan tampilan refresh 200% lebih cepat daripada smartphone dengan kecepatan refresh standar.

Tipe display-nya mengusung tampilan punch-out yang terletak di tengah bezel atas berukuran kecil sehingga tidak akan mengganggu pemandangan kalian saat menonton film. Layarnya sendiri menawarkan screen-to-body hingga 92,7% yang cukup besar dan bagus untuk konsumsi game dan media. Sebagai tambahan dan proteksi, Vivo telah menyertakan Corning Gorilla Glass 6 agar kalian tidak perlu risau untuk ketahanan layarnya.

Dapur Pacu Menjanjikan

Selain tampilan luar, X60 juga memiliki banyak kemiripan dengan kemampuan dari jeroan Vivo X60 Pro. Meski chipsetnya tidak sama, namun tetap saja performanya bisa diandalkan. Smartphone ini mengambil daya dari chipset Qualcomm Snapdragon 870, iterasi yang disempurnakan dari SoC Snapdragon 865 tahun lalu. Prosesor octa-core berkemampuan 5G ini bisa memastikan bahwa Vivo X60 dapat menangani pemrosesan dengan lancar.

Penerus dari versi 865 ini menggunakan inti Cortex A77 yang sama yang menjalankan CPU Kryo 585 Prime dan Gold untuk kinerja, dan inti Cortex A55 dengan CPU Kryo 585 Silver untuk efisiensi. Elemennya memang berbeda dengan versi tertinggi Snapdragon 888 sehingga kalian belum bisa mengharapkan kinerja yang setara. Namun di kelasnya Vivo X60 cukup unggul dan menjanjikan untuk berbagai penggunaan mulai dari sedang hingga berat.

Untuk mendukung performa yang bertenaga, Vivo telah menyediakan kapasitas penyimpanan besar yang bisa kalian manfaatkan. Perangkat ini dibekali RAM hingga 8GB yang dikombinasikan bersama penyimpanan internal UFS 3.1 sebesar 128GB.

Kamera ZEISS untuk Hasil Ciamik

Salah satu perbedaan terbesar antara Vivo X60 dan X60 Pro adalah aperture kamera utama. Meskipun kedua smartphone hadir dengan susunan tiga kamera yang menawarkan resolusi 48MP, namun Vivo X60 memiliki aperture f/1.79.

Terlepas dari ukuran aperture, sensornya tercatat sama dalam hal ukuran dan ukuran pikselnya juga. Demikian dengan dua sensor lainnya juga sama yang terdiri dari kamera ultra-wide 13MP, ditambah kamera telefoto 13MP yang menawarkan zoom optik 2x dan berfungsi ganda sebagai sensor depth. Di bagian depan, kedua ponsel mendapatkan lensa selfie 32MP untuk potret yang tidak kalah menawan.

Bukan hanya teknologi fotografinya saja yang memukau, kemampuan videografi perangkat ini juga bisa diandalkan. Kalian bisa merekam video hingga 4K pada 30/60 fps untuk keperluan konten atau dokumentasi momen berharga.

Kapasitas Baterai Tinggi

Kelebihan selanjutnya yang akan kalian dapatkan dari Vivo X60 adalah kapasitas baterainya yang tinggi. Dengan ukuran 4.300 mAh, ini menyiratkan bahwa Vivo X60 memiliki ukuran yang agak lebih unggul dari versi X60 Pro. Kalian bisa mengandalkan perangkat ini untuk menemani aktivitas seharian dengan penggunaan standar.

Kekurangan Vivo X60

Di balik kelebihan tentu ada beberapa sisi yang menjadi kekurangannya. Nah, tidak ada salahnya kalian mengetahui kekurangan Vivo X60 di bawah ini sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut.

Belum Mengantongi IP Rating

Jangan dulu senang mengetahui bahwa Vivo X60 telah diberi proteksi layar untuk ketahanan tambahan dari goresan atau gesekan. Faktanya tidak ada catatan IP Rating yang dirilis oleh Vivo pada perangkat ini. Artinya Vivo X60 tidak bisa kalian bawa di tempat-tempat yang rentan seperti berdebu atau basah.

Fast Charging Hanya 33W

Saat para merek ternama sedang berlomba menghadirkan kecepatan isi ulang yang tinggi, Vivo justru ‘memaksa’ penggunanya untuk puas dengan dukungan fast charging 33W. Meski tergolong cukup cepat, namun harga banderolnya membuat calon konsumen berharap Vivo memberikan dukungan yang lebih untuk fast charging perangkat ini.

Tidak Ada Slot MicroSD

Kekurangan terakhir yang akan kalian temui dari Vivo X60 adalah tidak adanya opsi ekspansi microSD. Oleh sebab itu kalian harus puas dengan konfigurasi 8GB + 128GB yang diberikan Vivo.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo X60, smartphone dengan highlight sensor kamera dan layar. Jika telah terkesima, kalian bisa mendapatkan perangkat ini dengan merogoh kocek 7 jutaan.