Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y21T

Vivo Y21T adalah perangkat smartphone anyar yang awal tahun 2022 telah memikat banyak pengguna Android. Dibanderol dengan harga 2 jutaan saja, Vivo Y21T memang wajib masuk dalam list smartphone terbaik yang cocok bagi kalian yang punya mobilitas tinggi. Deretan spesifikasi yang ditawarkan oleh Vivo melalui perangkat ini memang terkesan memuaskan dan mampu bersaing dengan para rivalnya.

Vivo Y21T
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo Y21T
  • Rilis Januari 2022
  • Layar 6.58 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6+2/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 3.100.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y21T dan Harganya

Beberapa highlight yang bisa menjadi pertimbangan utama adalah layar besar, performa yang dijanjikan bertenaga, hingga triple kamera dan baterai jumbo. Dengan sorotan yang sedemikian rupa tentu saja pencinta Android tangguh akan segera terpikat. Namun sebelum kamu membelinya mari ketahui lebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan Vivo Y21T berikut ini.

Kelebihan Vivo Y21T

Pada paragraf di atas telah disinggung bahwa Vivo Y21T memiliki sejumlah kelebihan yang tak ayal membuat siapa pun bersedia mengeluarkan kocek 2 jutaan saja. Ya, perangkat dengan desain modern yang satu ini memang sangat memikat. Mari tilik secara lengkap kelebihan Vivo Y21T pada tulisan ini.

Desain Slim dan Trendi

Kelebihan pertama yang langsung terlihat sejak pertama kali Vivo Y21T menampakkan diri adalah desainnya. Seperti biasa, Vivo tidak akan mengecewakan pengguna setianya dengan menghadirkan perangkat smartphone yang mengusung desain slim dan trendi khas smartphone kekinian.

Vivo Y21T membawa desain flat frame 2.5D sehingga persis seperti para saudaranya yang masuk dalam jajaran smartphone ringan dan tipis yang menyenangkan untuk digunakan dengan satu tangan. Namun menariknya Vivo T21T dikatakan membawa teknik terbaru Dual Tone Step. Desain tersebut menghasilkan tata letak kamera belakang yang elegan dan lebih canggih sehingga lebih menyenangkan pula untuk dilihat.

Perangkat dengan pilihan warna Pearl White dan Midnight Blue ini membawa bobot hanya 182 gram saja dengan ketebalan 8.0 mm. Oleh sebab itu bagi kamu yang menyenangi smartphone tipis dan elegan, Vivo Y21T sangat worth it to buy.

Kapasitas Penyimpanan Jumbo

Untuk pengguna dengan mobilitas tinggi tentu saja Vivo Y21T tak lupa membawa kapasitas penyimpanan besar. Kalian tak perlu risau karena perangkat ini telah dibekali RAM 6GB dengan kapasitas memori internal sebesar 128GB. Selain itu Vivo Y21T juga membawa fitur extended RAM sehingga akan ada tambahan RAM sebesar 2GB dari ROM yang tidak digunakan. Hasilnya tentu saja kinerja ponsel lebih smooth dan tidak ditemui lag. Masih ragu memilih Vivo Y21T?

Dapur Pacu Bertenaga

Untuk bisa menyaingi para kompetitornya, Vivo Y21T menawarkan dapur pacu yang bertenaga. Vivo telah menyematkan chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 680 ke dalam perangkat ini. Prosesor Octa-core tersebut memiliki clock-speed hingga 2.4GHz dan diimbangi GPU Adreno 610 agar pemrosesan grafisnya dapat ditangani dengan baik.

Kabar baiknya adalah chipset yang memberi tenaga pada Vivo Y21T merupakan Ultra Efficient Prosesor yang memiliki fabrikan 6nm. Artinya, ia lebih hemat energi dan tentu saja lebih efisien. Apalagi dengan kombinasi penyimpanan jumbo yang telah disediakan oleh Vivo, performa Vivo Y21T sulit untuk dilewatkan begitu saja.

Daya Baterai Besar

Tak butuh waktu lama bagi smartphone dengan kapasitas daya baterai besar untuk menarik perhatian pangsa pasarnya. Hal tersebut juga berlaku bagi Vivo Y21T karena telah ada daya baterai 5.000mAh untuk kamu yang mengharapkan masa pakai yang bertahan lama. Tak lupa Vivo juga menghadirkan Multi-Turbo 5.0 agar kinerja antar komponen di dalam smartphone tidak membuatnya over-heat.

Agar bisa lebih efisien, pengelolaan dayanya dibantu oleh prosesor dan Vivo Energy Guardian alias VEG sehingga semakin optimal. Selain itu, Vivo Y21T juga hadir dengan fitur reverse charging sehingga kamu dapat menjadikannya sebagai power bank untuk perangkat lain di saat darurat.

Memiliki 50MP Triple Camera

Nah, kalau kelebihan yang satu ini adalah poin yang paling dinanti oleh pengguna fotogenic. Vivo Y21T akan membantu kamu menciptakan hasil potret yang menawan melalui kombinasi 3 kamera belakangnya yang dipimpin oleh 50MP kamera utama.

Karena resolusi yang besar tersebut dijamin foto yang kamu ambil akan terlihat lebih jernih. Kemampuan kamera utamanya dilengkapi oleh kamera super bokeh untuk menciptakan efek blur dan kamera super makro yang memberikan fokus sedekat 4cm agar tekstur foto terasa lebih nyata. Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur Super Night Mode yang telah dihadirkan oleh Vivo besama super noise-cancelling RAW-level agar gambar yang diambil di malam hari tampak indah.

Menyediakan Slot MicroSD

Meski merupakan hal yang sepele, namun kenyataannya banyak yang mempertimbangkan mengenai slot microSD sebelum membeli smartphone baru, Untungnya Vivo Y21T menyediakan triple card slot sehingga kamu bisa melakukan ekspansi memori hingga 1TB.

Kekurangan Vivo Y21T

Dibalik kelebihannya yang sulit untuk dilewatkan masih ada beberapa hal yang menjadi kekurangan Vivo Y21T. Misalnya saja jika kamu sudah terbiasa menggunakan smartphone dengan layar AMOLED tentu akan sulit menerima hadirnya perangkat ini karena hanya berpanel LCD. Selain itu kecepatan chargernya juga masih kalah dibanding rivalnya di harga yang sama lho. Daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa kekurangan Vivo Y21T berikut.

Menggunakan Panel IPS LCD dan Beresolusi HD+

Meskipun Vivo Y21T mengusung layar besar yakni 6.51 inci, namun sangat disayangkan bahwa Vivo tidak memilih panel AMOLED. Tentu saja kualitas panel IPS LCD dan AMOLED sangat berbeda. Terlebih resolusi layar yang dihadirkan hanya HD Plus saja. Akibatnya, kamu tidak akan bisa menikmati konten visualisasi dengan resolusi tinggi. Padahal di titik harganya yang berkisar di angka 3 jutaan, telah banyak pesaingnya yang menawarkan panel AMOLED atau setidaknya resolusi layar Full HD+ demi kenyamanan pengguna.

Kamera Selfie Hanya 8MP

Kekurangan ke dua ada pada kamera selfienya yang memiliki resolusi hanya 8MP saja. Memang benar dengan resolusi tersebut kamu masih bisa berswafoto atau video call dengan nyaman. Namun tetap saja resolusi tersebut masih kalah saing dengan para rival di segmen yang serupa. Apalagi saat ini sudah banyak yang mengandalkan kamera depan untuk membuat berbagai konten kebutuhan media sosial.

Fast Charging 18W

Nah, kalau kekurangan yang satu ini adalah hal yang paling dihindari oleh pengguna Android yang menginginkan dukungan pengisi daya cepat yang di atas rata-rata. Vivo Y21T hanya dibekali teknologi fast charge sebesar 18W saja yang biasanya ada di smartphone yang dibanderol dengan harga 1 – 2 jutaan. Apakah hal ini bukan masalah bagi kamu?

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y21T yang wajib kamu ketahui sebelum mengandalkannya sebagai daily driver. Secara keseluruhan perangkat ini menawarkan performa dan ketangguhan daya yang baik. Namun hal tersebut masih belum cukup apabila kamu mencari smartphone dengan resolusi layar tinggi dan dukungan pengisi daya cepat di atas rata-rata.