4 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Dengan Aplikasi Traveloka

Apakah Anda suka travelling? Salah satu hal penting ketika liburan adalah memilih transportasi untuk menuju ke lokasi wisata. Ketika Anda berniat pergi ke tempat yang jauh atau pun luar negeri, transportasi yang paling nyaman dan direkomendasikan yaitu pesawat terbang. Saat ini pun, beli tiket pesawat bisa lebih mudah dengan munculnya berbagai platform seperti Traveloka.

traveloka tiket pesawat promoImage Credit : Traveloka

Namun, harga tiket pesawat yang tidak murah bisa menjadi faktor liburan sulit untuk terlaksana. Kendati demikian, liburan termasuk ke dalam salah satu hal penting, yang sekiranya penting untuk Anda lakukan, untuk mengistirahatkan pikiran dari penat dan hiruk pikuk pekerjaan.

Dalam artikel ini, akan kami jabarkan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk berburu tiket pesawat murah. Mulai dari waktu yang tepat untuk check out tiket pesawat hingga memilih bandara tempat pesawat landing. Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel di bawah ini!

Jangan Beli Tiket Banyak dalam Sekali Checkout

Liburan memang lebih menyenangkan ketika pergi bersama rombongan, entah itu dengan keluarga atau sahabat. Kebanyakan orang yang pergi liburan rombongan akan memesan tiket secara serentak dengan satu akun saja, meskipun cara ini dinilai lebih efektif, ternyata pesan tiket secara terpisah bisa lebih hemat, lho! Kenapa bisa begitu? Maskapai penerbangan akan mematok harga tiket sesuai dengan yang tertinggi jika Anda memesan kursi pesawat secara rombongan. Misalnya, jika Anda membeli tiga kursi dan salah satu kursi harganya 2 juta rupiah sedangkan kursi lain hanya seharga 1 juta saja, maka maskapai akan menetapkan harga tiap kursi menjadi 2 juta rupiah.

Perlu diketahui jika harga tiap kursi pesawat walaupun di kelas yang sama bisa berbeda-beda, tergantung posisi yang dipilih. Maka dari itu, sebaiknya Anda pesan tiket pesawat secara terpisah.

Pilih Bandara Tujuan yang Lebih Murah

Pemilihan bandara tujuan bisa juga menjadi faktor harga tiket pesawat. Misalnya jika Anda terbang dari Jakarta ke Malang, bisa jadi harganya jauh lebih mahal dibandingkan tiket pesawat dari Jakarta ke Surabaya. Lokasi kedua kota tersebut tidak terlalu jauh jika menggunakan jalur darat.

Anda bisa memilih tiket pesawat Jakarta-Surabaya dan gunakan transportasi umum jalur darat untuk menuju Malang demi menghemat ongkos.

Selain dengan cara di atas, Anda bisa menggunakan tiket connecting flight untuk trip ke tempat jauh seperti luar negeri. Meskipun lebih ribet, namun menggunakan tiket connecting flight biasanya akan lebih murah daripada connect flight.

Seperti contohnya ketika akan berlibur ke Tokyo, Jepang, Anda bisa membandingkan harga tiket pesawat Jakarta-Tokyo langsung dengan tiket pesawat transit Jakarta-Singapura + Singapura-Tokyo.

Pesan Tiket Pesawat Jauh-jauh Hari

Bukan menjadi rahasia lagi jika tiket pesawat yang dipesan jauh-jauh hari bisa lebih murah dibandingkan dengan tiket yang dibeli mendekati keberangkatan. Terutama jika Anda memanfaatkan momen promo dari aplikasi agen tiket, seperti Traveloka atau promo dari pihak maskapai langsung.

Namun, pesan tiket sejak jauh-jauh hari tentu saja banyak risikonya, maka Anda harus benar-benar mengosongkan jadwal untuk trip tersebut. Karena tiket pesawat yang dibatalkan tidak bisa di-refund atau reschedule.

Tetapi, bukan tidak mungkin jika tiket pesawat lebih murah saat mendekati keberangkatan, meskipun kemungkinannya cukup kecil. Ini biasanya jika ada penumpang yang membatalkan tiket mereka.

Pilih Waktu yang Tepat untuk Beli Tiket Pesawat

Sebagai pemburu tiket pesawat murah, Anda wajib tahu hari dan tanggal promo tiket pesawat berdatangan. Tidak ada harga tiket pesawat murah di hari libur atau saat weekend, jadi jangan gunakan hari-hari tersebut untuk check out tiket pesawat. Anda bisa pesan tiket pesawat di weekday, yang paling dianjurkan adalah Selasa, Rabu, dan Kamis.

Kemudian, tanggal pemesan tiket pesawat yang paling tepat yaitu tanggal dua puluh ke atas. Mungkin, pada tanggal-tanggal tersebut target bulanan maskapai sudah tercapai sehingga mereka berbaik hati memberikan promo. Tentu saja orang-orang lebih memilih beli tiket pesawat ketika awal bulan karena baru saja gajian.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika pesan tiket pesawat jauh-jauh hari lebih mungkin bisa mendapatkan harga tiket jauh lebih murah, terutama jika Anda memilih penerbangan di bulan Januari, Desember, Juni, atau Juli. Jika pesan tiket dekat dengan jadwal penerbangan, bisa dipastikan pada bulan tersebut tidak ada tiket pesawat murah karena permintaan yang tinggi.

Beberapa orang bahkan rela begadang untuk mendapatkan tiket pesawat promo. Biasanya, tiket promo datang di tengah malam dan saling berebutan. Anda bisa memanfaatkan fitur PayLater Traveloka untuk memudahkan transaksi sehingga tidak perlu menggunakan dua aplikasi untuk pembayaran.

Cara ini juga bisa Anda pakai jika uang untuk pembelian masih akan dikirimkan beberapa hari lagi. Jika menunggu uang cair terlebih dahulu, sudah bisa dipastikan Anda akan kehilangan momen mendapatkan tiket pesawat terbang harga promo.

Gunakan PayLater Traveloka untuk dapatkan tiket pesawat murah sekarang juga, lalu bayar nanti ketika uang sudah ditangan Anda. Jangan sampai lewatkan promo tiket pesawat murah!