Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y75 5G

Terus berinovasi dan merebut hati pasar smartphone, Vivo kembali meluncurkan smartphone 5G terbaru di Indonesia yang masuk dalam seri Y, yakni Y75 5G. Ya, salah satu senjata terbaru Vivo ini didapuk sebagai perangkat pertama di seri Y yang memiliki dukungan 5G.

Vivo Y75 5G
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo Y75 5G
  • Rilis Februari 2022
  • Layar 6.58 inci IPS LCD
  • Chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8+4/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 4.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y75 5G dan Harganya

Vivo Y75 5G masuk dalam jajaran smartphone mid-range sehingga harganya masih terjangkau dan bersahabat dengan kantong untuk kalian yang mendambakan smartphone terbaru. Tag line All Fun in One yang disematkan Vivo menggambarkan bahwa Y57 5G akan menyenangkan untuk digunakan sebagai daily driver. Namun sebelum membelinya, mari ketahui beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y75 5G berikut ini.

Kelebihan Vivo Y75 5G

Ada beberapa kelebihan Vivo Y75 5G yang rasanya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kalian yang menginginkan ponsel terbaru dengan tampilan stylish dan performa matang akan sangat cocok dengan Vivo Y75 5G. Yuk, bahas secara lengkap kelebihan Vivo Y75 5G.

Sudah Mendukung Jaringan 5G

Kelebihan yang pertama tentu saja yang telah tertera pada namanya secara langsung. Vivo Y75 5G sudah mendukung jaringan 5G yang diklaim memiliki kecepatan mengunduh 7x lebih gesit daripada jaringan 4G. Teknologi terbaru ini hadir karena Vivo menyematkan prosesor Dimensity 700 5G (7nm) yang powerful pada Y57 5G. Meskipun fungsi jaringan 5G masih tergantung pada ketersediaan khusus jaringan 5G di area setempat, namun bagi kalian yang tinggal di wilayah support 5G tentu bisa merasakan efektivitasnya lebih dahulu.

Desain Ringan dan Tipis

Vivo tidak pernah gagal dalam misinya untuk membuat smartphone yang memiliki desain menawan. Semua perangkat mid-range Vivo berhasil menarik perhatian dengan body yang ringan dan halus. Vivo Y75 5G sendiri hanya memiliki berat 187 gram saja dengan ketebalan 8.25 mm.

Bahasa desain Vivo yang disematkan pada perangkat ini adalah Vivo Dynamic Design. Kalian bisa melihat bahwa Vivo Y75 5G didesain dengan dua warna calm dikombinasikan bersama. Perolehan warna yang menarik tersebut adalah hasil dari teknik Crystaline Matte agar body-nya tahan debu dan bebas dari goresan maupun sidik jari. Kapan lagi mendapatkan smartphone 3 jutaan secantik ini?

Layar Full HD+

Resolusi tinggi pada smartphone adalah salah satu alasan mengapa perangkat tersebut banyak dicari oleh pengguna. Vivo telah memenuhi keinginan konsumen yang mendambakan layar Full HD+ pada Vivo Y75 5G sehingga semua konten yang ditampilkan akan terasa nyaman dilihat.

Layar Vivo Y75 5G berukuran 6.58 inci dengan P3 color gamut untuk memuaskan mata. Layar ini tentu saja memiliki saturasi warna yang tinggi dengan diiringi Mode Perlindungan Mata Khusus agar kalian semakin nyaman menggunakannya.

Masih mengikuti trend masa kini, Colorful Screen yang dibawa oleh Vivo Y75 5G memiliki rasio screen to body cukup besar, yakni 90.6% sehingga lebih luas. Di samping layar resolusi tinggi ini Vivo telah menyediakan Ultra Fast Side Fingerprint.

Memiliki Dukungan NFC

Siapa nih yang mencari smartphone dengan dukungan NFC? Fitur yang satu ini sudah ada kok di Vivo Y75 5G sehingga tidak perlu bimbang lagi. Adanya NFC menyiratkan bahwa kalian bisa memindahkan atau mengirim dokumen, transaksi digital uang elektronik, atau memindahkan fungsional kartu akses ke smartphone.

Kamera Super Tajam 50 MP

Tidak ketinggalan, kelebihan yang satu ini hampir dipastikan selalu ada di setiap smartphone mid-range terbaru Vivo. Pengguna smartphone memang rata-rata mengidamkan kualitas jepretan yang mumpuni hanya dari kamera ponsel saja. Oleh sebab itu Vivo Y75 5G membawa kamera utama dengan resolusi 50 MP agar kalian tidak kecewa ketika mengabadikan momen berharga.

Dengan resolusi besar ini, gambar yang kalian ambil baik di siang atau malam hari akan tampak tajam dengan warna yang solid. Kamera tersebut dilengkapi dengan dukungan portrait bokeh sehingga hasilnya akan tampak nyata. Sementara untuk memotret di malam hari, kalian bisa mengandalkan super night mode yang ada di kamera belakang dan depan perangkat ini.

Ruang Penyimpanan Jumbo

Tidak pelit kepada penggunanya, Vivo Y75 5G menawarkan kapasitas penyimpanan yang terbilang besar. Kalian bisa memanfaatkan sepenuhnya RAM 8GB dan fitur Extended RAM hingga 4GB pada perangkat ini. Artinya, kalian akan menerima total 12GB RAM di Vivo Y75 5G. Tak lupa pula Vivo menyematkan dukungan memori card yang bisa ditambahkan hingga 1TB. Padahal rata-rata smartphone terbaru masa kini tidak punya slot micro SD lho.

Baterai Besar dan Tahan Lama

Bisa bepergian tanpa khawatir daya smartphone cepat habis adalah idaman setiap orang. Vivo Y75 5G adalah salah satu ponsel pintar yang memiliki daya hingga 5.000 mAh sehingga dapat diandalkan untuk seharian penuh. Apalagi Vivo juga telah menyertakan teknologi 5G UltraSave dari MediaTek sehingga tenaganya lebih efisien dan tidak boros daya.

Kekurangan Vivo Y75 5G

Di balik kelebihannya yang memikat di atas, Vivo Y75 5G masih menyimpan beberapa kekurangan. Mungkin saja kekurangannya berikut ini menjadi pertimbangan terbesar kalian ketika memilih smartphone baru.

Layar Masih IPS LCD dan Refresh Rate Rendah

Tidak dipungkiri bahwa layar Super AMOLED masih menjadi faktor penentu untuk pengguna yang sangat memperhatikan hal teknis. Kecerahan, tingkat warna yang solid, dan kenyamanan mata saat melihat layar AMOLED sulit digeser dengan layar di bawahnya. Selain itu, Vivo juga enggan memberikan kecepatan refresh yang tinggi karena Y57 5G hanya dibekali refresh rate 60 Hz saja. Sebagai gantinya, ada resolusi tinggi yang bisa menjadi pertimbangan ke dua.

Kecepatan Charger Kalah Saing di Kelasnya

Bayangkan saja kalian membeli smartphone mid-range dengan dukungan fast charging 18W. Tentu agak kesal karena di segmen yang sama dan budget yang tidak jauh berbeda, kalian masih bisa mendapatkan kecepatan isi daya yang lebih tinggi hingga 33W atau paling tidak 25W. Pada Vivo Y75 5G kalian harus puas dengan dukungan fast charging 18W saja.

Tidak Memiliki Kamera Ultra-wide

Meskipun resolusi kamera utamanya sangat mengesankan, yakni 50 MP, sangat disayangkan Vivo Y75 5G tidak dibekali lensa ultra-wide. Akibatnya, kalian tidak bisa memuaskan diri untuk memotret sudut pandang yang lebih lebar ketika liburan.

Tidak Dilengkapi Speaker Stereo

Nah, kalau kekurangan yang satu ini adalah catatan penting bagi kalian yang suka mendengarkan musik dengan output memuaskan. Vivo Y75 5G tidak dilengkapi speaker stereo dan menawarkan speaker tunggal saja. Padahal persaingan spesifikasi smartphone terbaru sangat ketat dan banyak tersedia perangkat lain sebagai alternatifnya.

Itu dia kelebihan dan kekurangan Vivo Y75 5G yang wajib kalian ketahui. Secara garis besar smartphone ini worth it untuk kalian yang menginginkan perangkat dengan mobilitas tinggi. Namun untuk keperluan multimedia, nampaknya Vivo Y75 5G akan sedikit mengecewakan.