Ini Untungnya Jika Punya HP dengan RAM Besar

Anda mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa sih saat membeli hp Anda harus memilih yang RAM-nya besar? Apa sih sebenarnya manfaat dari RAM yang besar pada hp itu? Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Berbagai Fungsi RAM

Dalam hp, RAM yang merupakan kepanjangan dari Random Access Memory merupakan sebuah tempat penyimpanan data. Jelas, besar kecilnya kapasitas RAM, itu sangat memengaruhi kinerja hp tersebut dalam memproses data serta perintah yang diberikan.

Tempat penyimpanan sementara

Ya, simpelnya, RAM ini memiliki fungsi dalam penyimpanan data-data digital jangka pendek. Sesuai dengan cara kerjanya. Saat hp dihidupkan dan Anda membuka aplikasi, data OS serta aplikasi akan disimpan di RAM.

Setelah menggunakan aplikasi pun demikian. Data-data dan aktivitas yang dilakukan disimpan di dalam RAM. Intinya, berbagai riwayat aplikasi itu semua datanya akan disimpan di dalam RAM.

Berperan dalam membaca data

Fungsi RAM yang lain di hp adalah membaca data. Fungsi ini bersinergi dengan fungsinya sebagai penyimpan data.

Nah nanti saat Anda membuka aplikasi itu lagi, RAM secara otomatis akan membaca data dan aktivitas Anda yang ada di aplikasi tersebut, jadinya tidak dari nol lagi. Dan ini jelas akan membuat Anda beraktivitas lebih cepat dan lebih mudah.

Mendukung proses multitasking

Ini merupakan fungsi RAM yang sangat penting. RAM berperan di dalam proses multitasking. Bisa dibayangkan jika kapasitas RAMnya kecil? Hp tersebut akan kesusahan untuk melakukan fungsinya.

Data yang ada di dalamnya bisa dibilang crowded. Sebaliknya jika RAM-nya besar. Dia tentu akan mudah untuk merespon berbagai perintah yang diberikan. Jadi proses multitasking pun berjalan dengan lancar dan cepat.

Meningkatkan performa

RAM termasuk dalam komponen penting dalam meningkatkan kinerja sebuah hp. Kombinasi chipset, prosesor, GPU dan juga RAM beserta memori internal jadi patokan kualitas performa sebuah hp.

Dengan memiliki RAM yang besar, proses multitasking menjadi lebih ringan, hp pun dapat bekerja lebih maksimal. Anda pun bisa menikmati kinerja hp yang terkesan mulus, tidak lag dan bisa diandalkan meski sedang memainkan game berat sekali pun.

Lancar bermain game

Anda yang gemar bermain game harus memilih hp dengan kapasitas RAM yang besar. Selain karena harus punya kemampuan multitasking yang tinggi, hp ini juga harus mampu menyimpan data dan pengoperasian yang banyak.

Belum lagi jika game yang dimainkan punya grafis HD. RAM yang dipilih harus benar-benar besar supaya game yang Anda mainkan bisa lancar tanpa hambatan.

Nah itu tadi berbagai keuntungan yang bisa Anda rasakan jika memiliki hp dengan RAM besar, di atas 3GB.

Rekomendasi Hp dengan RAM Besar?

Jika Anda mencari hp yang RAM-nya besar, Samsung A20s bisa jadi pilihan. Sebab walaupun harganya ada di range 2 jutaan, hp ini punya RAM yang lumayan besar, yaitu 3GB dan 4GB. Dengan kapasitas RAM minimal 3GB, berbagai proses multitasking bisa Anda lakukan dengan lancar di hp Samsung Galaxy A20s ini. Bahkan termasuk main game.

HP Samsung

Dan tak hanya RAM-nya saja yang besar yang jadi kelebihan Samsung Galaxy A20s ini. Ada beberapa hal menarik lain yang juga dimiliki hp ini. Berikut ini misalnya.

Punya tiga kamera belakang yang lumayan

Selain punya RAM besar, Anda juga akan mendapatkan kamera belakang yang lumayan oke saat membeli hp Samsung Galaxy A20s. Kamera belakangnya ini punya 3 lensa dengan konfigurasi 13 MP (kamera depan), 8 MP (kamera ultra-wide), serta 5 MP (kamera depth sensor).

Desainnya premium

Samsung Galaxy A20s merupakan hp yang masuk ke dalam golongan entry level. Akan tetapi, desainnya banyak dibilang premium. Elegan dengan warna belakang yang solid. Meskipun menggunakan bahan polikarbonat, tapi desainnya menyerupai kaca.

Kapasitas baterai yang besar

Beli hp dengan RAM besar untuk main game? Pas jika memilih hp ini. Selain RAM-nya akan membuat lancar game Anda, kapasitas baterainya juga akan membuat Anda tak perlu sering-sering mengisi daya baterai. Kekuatannya yang 4.o00 mAh lumayan akan memanjakan Anda. Untuk pemakaian reguler sih tak perlu dipertanyakan lagi. Bisa seharian tanpa perlu dicas berkali-kali.

Support fast charging

Nah ini yang juga akan memanjakan Anda para gamer jika memilih hp ini. Tanpa perlu berlama-lama mengisi daya, baterai hp ini akan terisi dengan cepat. Sebab dia sudah support fast charging. Jika hp di kelasnya, mengisi baterai sampai penuh itu bisa 2 hingga 3 jam, nah hp ini cukup 1 jam lebih sedikit saja.

USB type-c dan triple slot SIM

Kelebihan lain dari hp ini adalah punya kemampuan transfer data yang cepat. Sebab dia sudah menggunakan kabel data USB Type-C. Dan buat yang ingin pakai dual SIM, hp ini juga menyediakan slot tambahan. Ada 3 malahan. Namun yang satunya merupakan slot microSD yang bisa digunakan untuk menambah eksternal memori hingga 1 TB.

Layar yang luas

Main game tak afdol jika layar hp-nya kecil. Nah Samsung Galaxy A20s punya layar yang luas, yakni 6,5 inci HD+ dengan kekuatan 720 x 1560 piksel. Dengan mengusung teknologi Infinity-V, layarnya menjadi tampak semakin lega.

Itu dia kelebihan Samsung Galaxy A20s, selain punya RAM yang besar Galaxy A20s juga memiliki sejumlah keunggulan lain yang sangat worth untuk hp harga 2 jutaan.

Untuk Anda yang sudah tidak sabar ingin memilikinya, Anda bisa membelinya di Blibli. Ada banyak toko yang menyediakan Samsung Galaxy A20s asli di Blibli. Proses cepat, aman, dan juga nyaman. Selamat berbelanja!

Deden Kurniawan

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال