9 Tips Membeli HP Murah Tapi Tidak Murahan

Di masa pandemi seperti sekarang, semua orang dituntut untuk banyak berdiam diri di rumah saja. Segala kegiatan dan pekerjaan, sebisa mungkin dilakukan dari rumah. Itu sebabnya, semua orang kini butuh hp. Akan tetapi karena ekonomi mengalami penurunan, pemenuhan kebutuhan akan hp beralih ke hp-hp murah.

HP Xiaomi Keluaran TerbaruImage Credit : Xiaomi Indonesia

Jika Anda termasuk salah satu yang butuh hp, dan hp yang dicari adalah hp murah, jangan sembarangan. Beli hp murah boleh saja, tapi jangan yang murahan, misalnya Redmi 9T. Sebab walaupun murah, jika Anda jeli, Anda akan dapat hp yang bagus. Murah tapi tidak murahan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat membeli hp murah. Semoga dengan begitu nantinya Anda akan mendapatkan hp bagus meski harganya murah.

1. Cek Bagian CPU atau Prosesornya

Setiap hp mempunyai prosesor yang berbeda-beda. Prosesor berperan besar di dalam kecepatan prosesing. Jika prosesornya jelek, jelas hp itu akan berjalan lemot, dan mungkin banyak nge-lag. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah hp yang menggunakan prosesor yang merknya ternama. Misalnya saja seperti Qualcomm Snapdragon, Nvidia Tegra, Exynos, Intel, atau mediatek (MTK). Kemudian juga pilih yang inti core-nya minimal 2 core (dual core). Semakin banyak akan semakin bagus. Ah ya, pilih chipset-nya juga yang punya clock speed tinggi. Minimal 1 GHz. Dan jelas, lebih tinggi akan lebih baik.

2. Pilih Hp yang Punya RAM Besar

RAM merupakan memori yang menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Jadinya, semakin besar RAM akan semakin baik. Dengan begitu, kekuatan multitasking-nya akan semakin bagus. Pilih hp dengan kapasitas RAM minimal 1 GB. Lagi-lagi, semakin besar RAM-nya akan semakin bagus.

3. Cek Bagian GPU (General Processing Unit)

GPU merupakan bagian hardware hp yang punya peran penting, terutama untuk main game yang berkualitas HD dan juga 3D. Seperti namanya, GPU berperan di dalam pemrosesan grafis. GPU yang baik akan memberikan performa 2D dan 3D yang cepat dan lancar. Untuk hal ini pilihlah GPU yang memiliki clock speed tinggi minimal 500 MHz. Semakin besar, semakin bagus.

4. Cek LCD Layar

Yang paling nyata dari fungsi hp tentu Anda dapatkan dari bagian layar. Nah untuk hal ini, pilihlah hp android yang layarnya memiliki resolusi minimal 480 x 320 pixel, serta berteknologi layar IPS (in-Plane Switches) atau Super-LCD. Supaya Anda mendapatkan kualitas gambar atau tampilan layar yang bagus. Dan jangan lupa juga, usahakan hp yang dipilih juga sudah diberi lapisan pelindung anti gores. Misalnya seperti Gorilla Glass, Dragontail, dan lain-lain. Supaya layar terjaga kualitasnya dari goresan-goresan yang mungkin terjadi.

5. Cek Bagian OS

Untuk hp android, OS sangatlah penting. Meski banyak jenisnya, pilihlah android yang menggunakan OS paling terbaru, supaya support terhadap berbagai aplikasi. OS yang bisa dipilih misalnya saja android 4,0 ICS (Ice Cream Sandwich). Jika uangnya ada, bisa pilih OS 4,1 Jellybean, Kit Kat, atau Marshmallow.

6. Cek Memori Internal

Di masa seperti sekarang, hp banyak digunakan untuk bekerja dan sekolah. Jadinya pasti menyimpan banyak file. Untuk itu pilihlah hp yang memori internalnya besar, minimal 16 GB. Semakin besar akan semakin bagus. Dan jika mungkin, pilih juga yang punya slot micro-sd, supaya bisa dijadikan tempat menambah memori saat memori internal habis.

7. Cek Teknologi Jaringan

Zaman sekarang, jaringan internet yang diberikan provider ada banyak macamnya. Dari mulai 3G, 4G, LTE, hingga 5G. Supaya lancar, pilihlah hp yang sesuai dengan jaringan provider yang dipakai. Dan tentu saja yang support sistem wifi.

8. Cek Kemampuan Kamera

Kamera merupakan bagian terpenting dari hp di zaman sekarang. Anda pasti akan membutuhkannya untuk berbagai keperluan. Nah untuk itu, cek kemampuan kamera saat membeli hp. Untuk kamera belakang, Anda bisa memilih kamera yang kekuatannya minimal 5 MP, lengkap dengan flash. Ada pun untuk kamera selfie, pilihlah kamera yang berkekuatan minimal 1.5 atau 3 MP. Cek juga support tidaknya dalam hal perekaman video. Minimal mampu menghasilkan video berkekuatan 1080p atau Full HD.

9. Cek Kapasitas Baterai HP

Walau pun banyak di rumah, Anda tentu berharap hp yang tahan seharian. Jadinya Anda tak perlu banyak ngecas hp. Nah untuk ini, cek kapasitas hp saat membeli. Pilihlah daya baterai yang minimal 2500 mAh. Jika kamu suka main game, daya di atas 3000 mAh akan lebih baik.

Itu dia 9 tips membeli hp murah dan tidak murahan. Jika Anda perlu referensi produk, memilih Redmi 9T bisa Anda pertimbangkan. Hal ini karena walaupun murah, Redmi 9T punya banyak keunggulan. Misalnya saja performa chipsetnya yang lumayan oke karena menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 662. Berkatnya, hp ini bisa digunakan untuk gaming kelas menengah, berbagai aktivitas hiburan, hingga multitasking ini itu secara lancar tanpa ada gangguan nge-lag.

HP Xiaomi
Spesifikasi Redmi 9T
  • Rilis Februari 2021
  • Layar 6.53 inci IPS LCD ~395 ppi
  • Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Internal 4/64GB, 6/128GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 18W
Selengkapnya : Spesifikasi Xiaomi Redmi 9T dan Harganya

Kemudian, Redmi 9T juga punya daya tahan baterai yang lumayan lama. Sebab kapasitasnya 6000 mAh. Berkat daya sebesar ini, Anda bisa terbebas dari ngecas berkali-kali dalam sehari. Di luar rumah seharian pun aman. Dan jangan salah, baterainya ini juga sudah support fast charging di daya 15 watt.

Kameranya gimana? Redmi 9T punya tiga kamera utama. Yakni lensa utama yang berkekuatan 48 MP Quad Bayer, lalu lensa makro berkekuatan 2 MP, serta lensa sensor berkekuatan 2 MP. Nah kamera depannya, Redmi 9T mengusung kamera berkekuatan 8 MP. Lumayan deh buat selfie!

Yang gemar dengerin musik, Redmi 9T juga bisa dijadikan pilihan. Dia sudah pakai teknologi Dual Stereo Speaker. Xiaomi mengklaim bahwa kualitas audio ini sangat imersif.

Secara tampilan juga gak kalah. Dia punya desain bodi yang lumayan menarik. Kemudian punya konektivitas yang lengkap serta sudah tahan cipratan air, dan punya pengamanan yang lumayan dengan adanya sensor sidik jari di bagian samping.

Wah, mengesankan ya Redmi 9T ini. Beneran hp murah tapi tidak murahan. Yuk buruan cus ke Blibli saja untuk membelinya. Di sana ada banyak toko yang menawarkan hp ini. Dan dijamin murah.