Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 5G

Samsung Galaxy S21 merupakan flagship termurah di jajaran Galaxy S21 tahun lalu. Pada seri ini, Samsung telah menghadirkan peningkatan yang mengesankan. Meski body belakangnya bermaterial plastic dan semi glasstic, namun Galaxy S21 5G memiliki desain baru Contour Cut yang menandakan ia menjadi bagian dari S-series di tahun 2021.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Jd.id Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G
  • Rilis Januari 2021
  • Layar 6.2 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~421 ppi
  • Chipset Exynos 2100 (5 nm)
  • GPU Mali-G78 MP14
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 64 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 10 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 10.700.000 - Rp 11.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G dan Harganya

Sebagai versi dasar di antara 2 saudaranya, Galaxy S21 5G tentu saja menyimpan beberapa hal yang menjadi kekurangannya. Namun tidak perlu khawatir karena kelebihan perangkat ini pun tak kalah menarik perhatian pengguna Android. Agar tidak salah pilih, mari kita telusuri apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 5G.

Kelebihan Samsung Galaxy S21 5G

Di setiap rilis terbaru smartphone high end miliknya, Samsung gemar membuat terobosan dengan menghadirkan spesifikasi yang lebih upgrade. Untuk itulah Samsung Galaxy S21 5G menawarkan deretan kelebihan berikut ini.

Desain Galaxy S Berkelas

Hal pertama yang dihighlight oleh Samsung Galaxy S21 5G dibanding suksesornya adalah desain Contour Cut. Susunan modul kameranya menjadi lebih menarik dengan body yang tahan lama dan kuat sehingga kesan premium Galaxy S pada perangkat ini terlihat menawan.

Satu perbedaan signifikan dalam desain antara S21 dan S21 Ultra adalah bahan belakangnya. Keduanya memiliki lapisan matte, tetapi S21 terdiri dari plastik, bukan Gorilla Glass Victus. Perangkat ini hadir dengan pilihan warna yang sangat calm untuk kalian yang mencari smartphone stylish. Perangkat ini tersedia dengan varian warna Phantom Violet, Phantom White, Phantom Gray, dan Phantom Pink.

Ponsel dengan harga mulai dari 12 jutaan ini memiliki bobot 169 gram saja karena pengaruh materialnya sehingga sukses menjadikannya masuk dalam jajaran flagship paling ringan di tahun 2021. Tak lupa Samsung turut memberikan proteksi maksimal untuk kaca depan dengan menggunakan Gorilla Glass Victus agar tidak rentan goresan atau retak.

Layar Dynamic AMOLED 2X 120Hz

Galaxy S21 memiliki layar berukuran 6.2 inci yang menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X. Layarnya menyesuaikan kecepatan refresh hingga 120Hz, tergantung pada aktivitas di atas layar apakah kalian sedang bermain game, menonton video, atau hanya menjelajahi web.

Sudah jadi rahasia umum bahwa Samsung menghadirkan kualitas panel yang ciamik dan memuaskan. Hal tersebut juga berlaku untuk Galaxy S21 5G karena tak ayal sudah menjadi andalan Samsung. Kalian bisa menggunakannya dengan nyaman seharian berkat fitur Eye Comfort Shield yang telah disertakan.

Selain itu Samsung Galaxy S21 5G memiliki dukungan HDR10+ shingga visualisasi video akan tampak lebih nyata. Seolah belum cukup, ponsel ini menaikkan tingkat kecerahan puncak yang lebih tinggi daripada pendahulunya. Dengan angka kecerahan hingga 1.300 nits, tidak aka nada masalah besar ketika kalian menggunakannya di luar ruangan.

Sensor dan Fitur Kamera Menarik Perhatian

Bagian kamera selalu menjadi hal yang dicari oleh generasi muda. Di antara tiga kamera belakang Galaxy S21, Samsung menempatkan sensor terbesar di belakang kamera telefoto sehingga kalian dapat memperbesar objek foto untuk benar-benar mendapatkan detailnya. Kombinasinya terdiri dari kamera utama beresolusi 12MP, sensor ultrawide 12MP, dan yang terakhir adalah kamera telefoto sebesar 64MP.

Samsung juga meluncurkan mode baru di jajaran Galaxy S21 yang disebut dengan Director's View. Melalui fitur ini, akan muncul pratinjau ketiga kamera yang menghadap ke belakang di layar sehingga kalian bisa beralih di antara keduanya saat sedang merekam.

Fitur tersebut membuat kalian tidak perlu mencubit layar karena cukup ketuk pratinjau kamera saja. Selain itu, kalian juga dapat menampilkan gaya selfie view picture-in-picture atau split-view yang sudah familier karena biasa digunakan untuk membuat konten YouTube, Instagram, dan TikTok.

Seperti Galaxy Note 20 Ultra, perangkat ini diklaim memiliki kemampuan recording video hingga 8K yang juga disertai Pro Video lho. Masih ragu dengan kinerjanya?

Performa Menjanjikan

Untuk pasar AS, Galaxy S21 5G ditenagai dengan chipset besutan Qualcomm. Namun untuk pasar Indonesia dan beberapa wilayah lainnya, perangkat ini memiliki dapur pacu yang ditenagai oleh chipset Exynos 2100 milik Samsung. Di segmennya, performa Samsung Galaxy S21 5G terdengar menjanjikan.

Tiga cluster Exynos 2100 mempunyai 8 CPU yang berperan penting dalam menjalankan mulstitaskaing aplikasi serta game dengan lebih smooth. Arsitektur octa-core pada prosesor Exynos 2100 menawarkan kecepatan clock yang bervariasi.

Samsung mengklaim pengaturannya sebagai kinerja multi-core baru di pasar smartphone tahun lalu. Core ini mencakup satu core ARM Cortex-x1 yang memiliki clock 2.9GHz, tiga core CPU Cortex-A78 berperforma tinggi yang berjalan hingga 2.8GHz, dan 4 Cortex-A54 yang berjalan pada 2.2GHz yang juga dikenal hemat daya.

Chipset Exynos 2100 hadir dengan GPU ARM Mali-G78. Fiturnya diklaim bisa membantu menawarkan dukungan yang ditingkatkan untuk berbagai teknologi smartphone tingkat atas seperti Augmented Reality, Mixed Reality, atau Virtual Reality. Dengan bantuan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128/256 GB, Galaxy S21 5G secara praktis bisa diandalkan sebagai daily driver.

Kapasitas Daya Besar

Baterai Galaxy S21 5G mempunyai ukuran yang sama besarnya dengan versi dasar Galaxy S20 pendahulunya. Meski tidak sebesar ukuran S21 Ultra atau S21 Plus yang mencapai 5.000mAh dan 4800mAh, namun Samsung Galaxy S21 5G diklaim bisa menemani aktivitas kalian seharian. Pasalnya, tersemat kapasitas daya 4000mAh yang pas dan standar untuk smartphone berukuran kurang dari 6.5 inci.

Kekurangan Samsung Galaxy S21 5G

Setelah mengetahui kelebihan Galaxy S21 5G, belum lengkap rasanya jika tidak membahas pula mengenai kekurangannya. Berikut ini kekurangan Galaxy S21 5G yang wajib kalian pertimbangkan.

Resolusi Layar Masih Full HD+

Kualitas resolusi FHD+ bukan berarti menyiratkan bahwa perangkat ini buruk dari segi visualisasinya. Namun hal yang harus diperhatikan adalah Galaxy S21 5G merupakan salah satu flagship yang bersaing dengan banyak merk lainnya sehingga ada banyak pilihan bagi konsumen untuk mencicipi kualitas panel lebih dari Full HD+ di harga lebih dari 10 jutaan. Kualitas FHD+ ini dinilai turun dibandingkan pendahulunya yang menawarkan QHD+.

Dukungan Fast Charge Kalah Saing

Samsung memang unggul dalam hal ketahanan daya. Namun sangat disayangkan untuk dukungan pengisi daya cepatnya Galaxy S21 5G masih harus kalah saing dengan para kompetitornya. Sebagai pengguna, kalian diberikan support pengisi daya kabel hingga kapasitas 25W saja dibandingkan merk lain di harga serupa yang sudah mencapai angka 65W. Namun sebagai penawarnya, Samsung Galaxy S21 5G menyediakan dukungan wireless charge 15W dan reverse charge seperti Galaxy Buds hingga 4W.

Harus diakui bahwa keunggulan Samsung Galaxy S21 5G sangat menggoda. Meski ada beberapa poin yang menjadikannya agak kalah saing, untuk kalian yang menginginkan smartphone tangguh dengan harga pas, Galaxy S21 5G sangat worth it to buy.