Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21+ 5G

Meskipun seri Samsung Galaxy S22 telah tersedia, namun masih banyak yang mengincar seri Galaxy S21. Untuk layar besar dan performa pas, maka kalian bisa menetapkan pilihan pada Galaxy S21+ 5G yang berada di tengah-tengah antara para saudaranya di Galaxy S21 tahun lalu. Meskipun tidak terlalu ‘wah’ seperti versi Ultra, Samsung Galaxy S21+ 5G sangat worth it to buy untuk kategori smartphone tangguh yang ramah di kantong.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S21+ 5G
  • Rilis Januari 2021
  • Layar 6.7 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~394 ppi
  • Chipset Exynos 2100 (5 nm)
  • GPU Mali-G78 MP14
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 64 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 10 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4800 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 11.800.000 - 12.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S21+ 5G dan Harganya

Samsung menciptakan perangkat S-Series sebagai flagship andalan yang merebut perhatian pasar. Dari Galaxy S21+ 5G kalian bisa langsung melihat deretan keunggulan spesifikasinya. Yuk, ketahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21+ 5G untuk mengenalnya lebih jauh.

Kelebihan Samsung Galaxy S21+ 5G

Seperti biasa, versi Plus dari seri Galaxy S Samsung harus bisa dihadirkan secara seimbang dan membedakan diri dari varian dasar dan varian Ultra. Diumumkan pada 14 Januari bersama dengan S21 dan S21 Ultra di Unpacked virtual Samsung, ponsel dengan harga mulai dari 12 jutaan ini membawa beberapa kelebihan berikut ini.

Desain Lebih Premium

Galaxy S21+ 5G pada dasarnya terlihat sama dengan S21, hanya sedikit lebih besar dan lebih berat. Perangkat ini memiliki bobot 200 gram dan tebal 7,8mm yang dilengkapi pula oleh panel belakang Gorilla Glass Victus.

Jika kalian terkesan dengan desain Contour Cut yang ada pada Galaxy S22 tahun ini, pada dasarnya elemen khas tersebut diperkenalkan di jajaran Galaxy S21 lebih dahulu.

Kombinasi kaca belakang, bodi yang lebih tipis, dan bobot yang lebih rendah menjadikan S21+ sebagai perangkat tersolid di keluarga S21.

Dengan bagian belakang yang memiliki finish matte, tidak perlu khawatir ponsel ini mudah mengecap sidik jari atau kotoran ketika digunakan seharian. Pilihan warna Galaxy S21+ 5G pun tergolong calm, yakni Phantom Violet, Phantom Black, dan Phantom Silver.

Untuk ketahanan yang terjamin, jajaran Galaxy S21 membawa rating IP68 yang rata-rata selalu ada di setiap smartphone high end Samsung. Artinya, tidak masalah jika ponsel ini tidak sengaja terjatuh ke air dengan kedalaman 1.5 meter dalam waktu tidak lebih dari 30 menit.

Display Menarik

Seperti pendahulunya, Galaxy S21+ mendapatkan layar Infinity-O Super AMOLED berukuran 6,7 inci. Ponsel ini membawa sistem smart dynamic refresh rate 48 hingga 120Hz sehingga kinerja dan tampilannya tidak akan mengecewakan.

Untuk Galaxy S21 dan S21 Plus, Samsung “menurunkan” tampilan ke resolusi 1080p alias Full HD+. Namun sebagai gantinya kalian dapat mengaktifkan mode adaptif 120Hz setiap saat pada resolusi ini. Bagi sebagian orang tentu hal ini lebih unggul dibandingkan dengan Galaxy S20 Plus tahun lalu, di mana kalian harus memilih antara QHD 60Hz dan 1080p 120Hz. Sekarang, kalian tinggal memilih kecepatan refresh yang diinginkan.

Dengan pengaturan yang dibawanya, maka software Galaxy S21+ 5G akan mengatur dan menyesuaikan kecepatan refresh sesuai apa yang ada di layar untuk mengoptimalkan masa pakai baterai. Selain itu Samsung telah menyematkan sensor fingerprint di bawah layar yang diklaim 1.7x lebih besar dan 50% lebih cepat lho.

Sensor Kamera Bersaing di Kelasnya

Galaxy S21 Plus menggunakan pengaturan kamera yang sama dengan Galaxy S20 Plus. Perangkat ini memiliki lensa wide angle 12MP, sensor ultrawide 12MP, dan lensa telefoto 64MP. Samsung memang mengunggulkan lensa telefoto pada Galaxy S21+ 5G yang menggunakan 3x hybrid optical zoom dan 30x space zoom.

Dengan kombinasi kamera yang dimilikinya, kalian tidak hanya bisa memotret dengan detail dan warna solid saja melainkan juga bisa menciptakan video recording berkualitas. Bagaimana tidak karena Galaxy S21 Plus dapat mencapai resolusi hingga 8K pada 24 frame per detik (fps).

Selain itu, ponsel ini juga mendukung rekaman 4K pada 60 fps dan 1080p pada 120 fps. Semakin tinggi resolusi yang dipilih, maka semakin smooth hasilnya. Jika kalian memilih resolusi 1080p pada 60 fps, fitur menarik berupa mode Super Steady siap membantu. Mode Super Steady mengandalkan AI untuk membantu menghilangkan goyangan tangan dalam merekam, sehingga menghasilkan video yang lebih smooth.

Fitur baru lainnya di sini adalah mode Director's View, yang memungkinkan kalian untuk mengambil gambar dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Para pembuat konten dan vlogger tentu akan menyambut fitur ini karena sangat membantu dalam dokumentasinya.

Performa Kuat

Seperti seluruh jajarannya, Galaxy S21+ juga mendapatkan chipset Samsung Exynos 2100. Untuk pasar AS, ponsel ini dihadirkan dengan Qualcomm Snapdragon 888. Sementara di Indonesia, Galaxy S21+ 5G ditenagai oleh Exynos 2100 yang membuat peningkatan kinerja yang nyata dibandingkan dengan pendahulunya.

Galaxy S21+ 5G tentunya dijamin akan selalu terasa super cepat karena memiliki RAM 8GB dan penyimpanan internal 128/256 GB. Apalagi tipe penyimpanannya adalah UFS 3.1 sehingga tidak akan ditemui lag dan kecepatan baca tulisnya bisa diandalkan.

Baterai Awet

Komponen daya adalah hal unggul yang patut diacungi jempol dari ponsel teratas Samsung. Kali ini Samsung Galaxy S21+ 5G memiliki baterai 4.800 mAh, yang menunjukkan bahwa ia 800mAh lebih besar dari baterai di Galaxy S21, dan 200mAh lebih kecil dari baterai di S21 Ultra.

Secara teknis, itu berarti kalian akan mendapatkan masa pakai yang sedikit lebih lama daripada S21 dan hampir sama dengan versi Ultra. Untuk penggunaan normal, perangkat ini bisa digunakan seharian tanpa perlu buru-buru mengisi ulang atau haus daya.

Kekurangan Samsung Galaxy S21+ 5G

Meskipun kelebihan Samsung Galaxy S21+ 5G terlihat sangat menggoda, jangan dulu buru-buru memilihnya sebagai daily driver terbaru kalian. Pertimbangkan beberapa kekuranganny berikut ini.

Tidak Memiliki Slot MicroSD

Slot microSD baik itu dedicated slot atau shared slot sama-sama disukai oleh mayoritas pengguna Android terutama bagi yang menginginkan tambahan kapasitas penyimpanan secara praktis. Sayangnya hal ini tidak akan kalian dapatkan dari Galaxy S21+ 5G karena Samsung tidak menyediakannya. Kalian harus mencadangkan ke cloud menggunakan jaringan internet untuk sedikit melapangkan ruang penyimpanan smartphone.

Fast Charging Kalah Saing

Di saat vendor lain berusaha keras menarik perhatian pengguna Android dengan menyediakan pengisi daya cepat yang mumpuni, Samsung Galaxy S21+ 5G hanya dibekali dukungan fast charging 25W saja. Untuk mengatasi kekecewaan ini, Samsung menyediakan dukungan wireless fast charge dan reverse power share yang termasuk teknologi canggih andalan smartphone terkini.

Samsung Galaxy S21+ 5G masih worth it to buy di tahun 2022 yang masih fokus kepada peningkatan kinerja dan sensor kamera. Perangkat ini membawa sederet keunggulan yang cocok bagi kalian yang gemar memotret atau merekam video, pencari tampilan smartphone yang oke, dan performa yang bisa diandalkan untuk aktivitas sehari-hari. Sudah siap mencoba keunggulannya?