Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Di dalam keluarga seri S milik Samsung, varian Ultra adalah andalan paling menonjol karena spesifikasinya yang berbeda dan lebih diperhatikan dari varian dasar atau pun varian Plus. Pada tahun lalu Samsung Galaxy S21 Ultra 5G juga menarik perhatian pengguna Android dengan beberapa penawarannya di sektor kamera, baterai, serta performa tangguh.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G
  • Rilis Januari 2021
  • Layar 6.2 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~515 ppi
  • Chipset Exynos 2100 (5 nm)
  • GPU Mali-G78 MP14
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB, 8/512 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 10 MP (periscope telephoto), 10 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 40 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 14.900.000 - 17.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dan Harganya

Berbeda dengan jajaran S22 tahun ini yang dihadirkan di Indonesia dengan chipset baru Qualcomm, Galaxy S21 Ultra sama seperti suksesornya yang ditenagai oleh chipset Exynos. Jika masih ingin menjajal kehebatan S21 Ultra 5G, maka kalian harus menyiapkan budget 14 sampai 19 jutaan. Namun sebelum memboyongnya pulang, pertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dihadirkan bersama dua saudaranya, S21 dan S21+. Secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa S21 Ultra 5G membawa pembaruan besar dari segi hardware dan software. Mari membahasnya lebih lanjut untuk mengetahui kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Layar Besar dengan Resolusi WQHD+

Galaxy S21 Ultra memiliki layar terbesar dari jajaran Galaxy S21 yang membentang seluas 6,8 inci. Ini adalah salah satu panel Dynamic AMOLED 2x andalan Samsung dan telah mendukung refresh rate hingga 120Hz pada resolusi Wide QHD+ asli (1.440 x 3.200 piksel). Oleh sebab itu tak heran jika kualitas tampilan perangkat ini benar-benar mumpuni. Jika kalian adalah penggemar smartphone berlayar besar, Galaxy S21 Ultra 5G adalah pilihan yang tepat.

Layar menawan tersebut diproteksi secara maksimal oleh Corning Gorilla Glass Victus yang juga turut hadir di bagian punggung ponsel. Tidak lupa, sensor sidik jari ultrasonic yang diklaim berukuran 1.7 kali lebih besar siap menjaga Galaxy S21 Ultra 5G dari akses tangan orang asing.

Menariknya, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G juga memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 1.500 nits dalam video HDR. Ini artinya kalian tidak akan kesulitan mendapatkan visibilitas yang cukup ketika menggunakan ponsel di luar ruangan. Saat malam hari, tersedia pula mode Eye Comfort yang berguna untuk mengurangi cahaya biru yang menjadikan mata menjadi cepat lelah dan sakit.

Mendukung Fitur S Pen

Varian Ultra memang dihadirkan mewah dan berbeda. Hal ini juga berlaku bagi Galaxy S21 Ultra 5G yang memiliki dukungan fitur S Pen. Berkat tampilan kecepatan refresh yang tinggi pada Galaxy S21 Ultra 5G, maka fitur S Pen-nya memiliki latensi yang sangat rendah.

Hasilnya? Dijamin semua yang kalian gambar dan tulis muncul di layar tanpa jeda. Meskipun tidak disediakan langsung seperti S22 Ultra, namun kalian bisa membelinya secara terpisah. Sebagai informasi, Galaxy S21 Ultra 5G juga tidak memiliki stylus digital.

Memiliki Resolusi Kamera Besar

Sistem kamera S21 Ultra 5G mengalami pembaruan yang signifikan dari Galaxy S20. Pasalnya, ada sepasang kamera telephoto yang tersemat pada perangkat ini dengan resolusi 10MP. Keduanya membawa kemampuan kamera optical zoom 10x dan space zoom hingga 100x. Untuk kamera utamanya kalian bisa mengandalkan sensor baru beresolusi 108MP dan didampingi oleh kamera ultrawide 12MP. Di notch depan layar tersemat pula kamera selfie 40MP yang termasuk besar di kelasnya.

Namun tetap saja seperti flagship dengan kamera megapiksel tinggi lainnya, S21 Ultra 5G tidak mengambil gambar 108MP secara default melainkan 12MP dalam mode otomatis. Sementara Untuk video, S21 Ultra dapat merekam video 8K pada 24fps dan resolusi 4K pada 60fps dengan kualitas perekaman suara stereo. Selain itu, ia dilengkapi pula dengan stabilisasi optik dan elektronik. Kamera depannya tak kalah mengesankan karena diklaim dapat merekam dalam 4K pada 30 atau 60fps lho.

Baterai 5.000 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G selanjutnya ada pada sektor daya baterainya yang besar. Dengan kapasitas 5.000 mAh, maka perangkat ini dapat menemani aktivitas kalian seharian penuh. Di segmennya memang sangat dibutuhkan penawaran dari sektor daya yang kuat agar bisa bersaing. Jika ingin menambah masa pakai lebih lama, maka sangat disarankan untuk menggunakan layar dengan refresh rate standar saja.

Performa Tangguh

Jika sudah familer dengan strategi Samsung, tentu kalian akan memaklumi mengapa flagship Samsung kerap dihadirkan dalam dua versi dapur pacu. Untuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G ditenagai oleh chipset 5G dari Samsung, yakni Exynos 2100. Chipset ini secara praktis diklaim memperbaiki masalah dan gangguan pada pendahulunya, Exynos 990.

Kinerja mutakhirnya didukung oleh kombinasi tepat RAM hingga 16GB dan penyimpanan internal yang mencapai 512GB. Versi tertinggi ini menjadi pusat perhatian karena untuk seri S22 sekalipun belum hadir kapasitas yang sangat lapang tersebut.

Telah Memiliki Wi-Fi 6E

Sebagai flagship yang tidak bisa diremehkan begitu saja, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G sudah memiliki dukungan terdepan jaringan Wi-Fi 6E. Pada dasarnya perbedaan antara WiFi 6 dan WiFi 6E adalah spektrum 6GHz.

Singkatnya, WiFi 6E memiliki semua fitur yang sama dengan WiFi 6, tetapi sekarang hadir dengan 6GHz, yang akan menghasilkan kecepatan yang lebih unggul dan latensi yang lebih rendah. Untuk pengguna Android yang tidak menyukai buffering saat streaming atau menonton konten lainnya, hal ini akan sangat berguna. Kalian bisa menikmati konten resolusi 4K di YouTube atau Netflix tanpa buffering mengganggu.

Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Tidak adil rasanya membahas kelebihannya tanpa mengetahui apa saja kekurangan yang disimpan oleh perangkat ini. Oleh sebab itu kalian harus memperhatikan beberapa aspek berikut ini yang menjadi kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Variasi Warna Sangat Sedikit

Meski design Samsung Galaxy S21 Ultra telah ditingkatkan dari suksesornya, ternyata kalian hanya bisa memilih salah satu dari dua varian warna saja, yakni Phantom Black dan Phantom Silver. Padahal pembaharuan Contour Cut dan finishing matte pada ponsel ini akan lebih menawan jika disediakan dalam varian warna yang lebih banyak seperti Galaxy S22.

Tidak Dilengkapi Charger

Ya, keputusan Samsung untuk tidak menyertakan adaptor charge pada Galaxy S21 Ultra 5G mungkin termasuk pilihan yang bijak bagi sebagian pengguna. Namun untuk yang baru pertama kali mencicipi smartphone high end Samsung akan terasa menyulitkan untuk membelinya secara terpisah dengan harga 200 ribuan. Apalagi pada perangkat ini dukungan fast charging-nya hanya 25W saja, bukan 45W seperti penerusnya yang baru saja di luncurkan di tahun 2022 ini.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang harus kalian ketahui sebelum membelinya. Harus diakui bahwa ponsel ini mengemas lebih banyak kelebihan daripada kekurangannya yang secara umum masih bisa ditoleransi. Apakah kalian sudah terpikat oleh pesonanya? Untuk memboyong perangkat ini pulang jangan lupa siapkan budget mulai dari 14 jutaan ya.