Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

Di tahun 2022 Samsung menghadirkan Galaxy S22 Ultra sebagai versi tertinggi dari jajaran S-series yang baru saja diluncurkan. Perangkat ini menunjukkan bahwa Samsung sangat memahami kaingin konsumen untuk smartphone powerful dan memiliki fitur terbaik warisan dari Galaxy Note. Ya, apalagi kalau bukan fitur S Pen yang telah disertakan pada Galaxy S22 Ultra.

Samsung Galaxy S22 Ultra
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra
  • Rilis Februari 2022
  • Layar 6.8 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 12/256 GB, 12/512 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 10 MP (periscope telephoto), 10 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 40 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 5000 mAh, Fast charging 45W
  • Harga Rp 18.000.000 - 21.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra dan Harganya

Highlight Samsung Galaxy S22 Ultra tentu saja tidak hanya mengenai S Pen. Ada beberapa hal yang menjadikan ponsel dengan harga belasan juta ini menawan mulai dari peningkatan sensor kamera, layar lebih oke, hingga support teknologi fast charge yang lebih cepat. Namun agar semakin yakin untuk memilih Samsung Galaxy S22 Ultra sebagai daily driver, mari membahas lebih lanjut kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra

Sebagai andalan Samsung di segmen smartphone high-end, tentu saja Galaxy S22 Ultra menawarkan segudang kelebihan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi banyak yang mengansumsikan Galaxy S22 Ultra sebagai new version dari Galaxy Note karena membawa keunggulan seri yang sudah pensiun tersebut. Beberapa kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra ini dijamin akan membuat kalian terpincut.

1. Bodi Kompak dan Desain Simpel

Hanya dalam pandangan saja sudah terlihat bahwa Galaxy S22 Ultra memiliki desain berbeda dari kedua saudaranya di seri S22. Meskipun lebih besar dan berat, hal ini bisa dimaklumi mengingat Galaxy S22 Ultra memang diperuntukkan bagi kalian pengguna yang menyukai tampilan lebih lebar dan tangguh.

Samsung telah memberikan proteksi ganda di depan dan belakang perangkat ini dengan Corning Gorilla Glass Victus Plus disertai bingkai dari aluminium lapis baja. Karena body-nya memiliki tepi lengkung di sisi layar, Samsung juga telah menjamin tingkat ergonomis yang bisa diandalkan ketika kalian menggunakannya seharian penuh. Selain itu, Galaxy S22 Ultra juga membawa rating IP68 yang berarti tidak rentan rusak ketika terkena air atau pun di ruangan penuh debu.

2. Memiliki Fitur S Pen

Sudah barang tentu fitur S Pen adalah primadona yang membuat Galaxy S22 Ultra semakin menarik. Seperti Galaxy Note, S Pen di Galaxy S22 Ultra terselip rapi di ponsel sehingga sangat efisien. Samsung mengklaim telah meningkatkan responsibilitasnya 70% dan mengurangi latensi hingga mencapai tingkat 3X lebih cepat sehingga fitur yang satu ini bisa kalian gunakan dengan smooth di atas layarnya.

3. Layar Dynamic AMOLED 2x dengan Resolusi WQHD+

Selayaknya smartphone andalan Samsung, layar Galaxy S22 Ultra membawa ukuran terbesar di jajaran Galaxy S. Ponsel ini mengusung panel Dynamic AMOLED 2X yang menjamin tampilan warna yang kaya dengan tingkat hitam pekat optimal. Ukuran layarnya adalah 6.8 inci sehingga membentang dengan lebar dan cocok untuk berbagai aktivitas digital. Layar tersebut menampilkan resolusi 3088 x 1440 (WQHD+) yang disertai pula dengan kerapatan piksel sekitar 500 ppi.

Jangan lupa bahwa Samsung Galaxy S22 Ultra menawarkan high refresh rate hingga 120Hz yang diatur secara adaptif. Selain itu, S22 Ultra mudah digunakan di luar ruangan bahkan di bawah sinar matahari langsung karena termasuk salah satu layar smartphone paling terang di pasaran saat ini. Samsung mengklaim pada tingkat standar dapat mencapai hingga 1250 nits, sementara mode kecerahan yang ditingkatkan mencapai 1750 nits.

4. Software Terupdate

Samsung Galaxy S22 Ultra dihadirkan dengan versi Android 12 dan user interface Samsung One UI 4.1 di atasnya. Selain fitur-fitur baru yang lebih memudahkan, kalian tetap memperoleh tampilan familier yang praktis dari perangkat ini.

Kabar baiknya adalah Samsung menjanjikan 4 tahun pembaruan OS utama yang lebih berani dari merek lainnya. Bersamaan dengan itu, kalian pun akan mendapatkan pembaruan keamanan selama 5 tahun lho. Ini berarti ketika kalian menggunakan S22 Ultra, maka secara berkala akan mendapatkan Android versi 13, 14, 15, dan 16 di masa mendatang. Sangat menarik bukan?

5. Kombinasi Kamera Pas

Seperti Galaxy S21 Ultra tahun lalu, Galaxy S22 Ultra hadir dengan sensor utama 108 megapiksel, sensor ultrawide 12 megapiksel, dan dua lensa telefoto 10 megapiksel. Hal yang menjadikan keduanya berbeda adalah klaim Samsung mengenai kemampuan zoom dan fitur yang tersedia. Sementara untuk kamera selfie-nya kalian bisa mengandalkan sensor 40MP di bagian depan pada notch layarnya.

Samsung mengklaim bahwa kamera pada perangkat ini memiliki fitur terbaru yang disebut dengan Adaptive Pixel. Fitur ini berguna untuk menggabungkan resolusi dari sensor utamanya dengan proses yang dikenal sebagai pixel binning. Berdasarkan kemampuan kamera secara keseluruhan, Samsung juga mengklaim bahwa Galaxy S22 Ultra bisa memproses data empat kali lebih banyak.

6. Performa Bersaing

Sebagaimana pendahulunya, Samsung memasarkan produknya dengan chipset yang berbeda-beda sesuai wilayah. Jajaran Galaxy S22 tahun ini menggunakan chipset Exynos 2200 dan Snapdragon 8 Gen 1 yang masih fresh. Di Indonesia sendiri Samsung Galaxy S22 memakai chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 1 (4nm).

Performanya tentu saja tidak akan mengecewakan karena Samsung pun telah menyediakan varian kapasitas penyimpanan yang beragam agar mendukung kinerjanya dengan maksimal. Kalian bisa memilih salah satu dari 3 varian kapasitas memori, yakni 8/128 GB, 12/256 GB, dan 12/512 GB.

7. Baterai Jumbo dengan Fast Charging 45W

Dengan layar besar dan high refresh rate, Samsung Galaxy S22 Ultra membutuhkan kapasitas baterai jumbo. Mengenai hal ini kalian tidak perlu risau karena Samsung telah menyematkan baterai 5.000mAh yang didukung dengan fast charge 45W. Tidak hanya itu saja, tersedia pula wireless charge 15W dan reverse wireless charge 4.5W.

Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

Meskipun deretan spesifikasinya sangat memikat, ada beberapa hal yang penting juga untuk diperhatikan karena termasuk dalam kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra, yakni sebagai berikut.

1. Harga Mahal

Sudah jadi rahasia umum bahwa Samsung selalu membanderol perangkat high-end yang dimilikinya dengan harga yang kurang bersahabat di kantong. Untuk varian dasar dengan kapasitas RAM 8 GB dan ROM 128 GB, kalian harus menyiapkan budget setidaknya 17 jutaan lho. Sementara varian kapasitas tertingginya yang memiliki RAM 12 GB dan ROM 512 GB menyentuh angka 20 jutaan.

2. Tidak Tersedia Slot microSD dan Jack Headphone

Samsung juga enggan menyediakan slot microSD pada smartphone flagship-nya. Oleh sebab itu kalian harus mencadangkan secara online file yang tersimpan ketika membutuhkan kapasitas lebih besar. Selain itu, Galaxy S22 Ultra juga tidak membawa port jack audio 3.5mm sehingga kalian harus puas menggunakan earbud saja.

Itulah sederet kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra yang menjadi andalan Samsung dalam merebut hati konsumen pencinta smartphone kelas atas. Bagi kalian dengan mobilitas yang tinggi, perangkat ini bisa dijadikan pilihan worth it dengan segudang kelebihannya yang unggul di atas.