Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22

Berikut kelebihan Samsung Galaxy S22 dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi
Samsung Galaxy S22
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S22
  • Rilis Februari 2022
  • Layar 6.6 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 10 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 10 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 3700 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 12.000.000 - 13.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S22 dan Harganya

Samsung Galaxy S22 adalah versi paling mini dari Galaxy S22 Series tahun ini. Saat seri flagship yang satu ini diperkenalkan, Samsung Galaxy S22 menarik perhatian para pencari smartphone Android berukuran tidak terlalu besar seperti trend yang ada di segmennya. Ya, dengan ukuran layar 6.1 inci, ponsel yang satu ini tetap terlihat anggun karena dibekali desain premium.

Di Indonesia Samsung Galaxy S22 dibanderol dengan harga mulai dari 11 jutaan, lebih murah dibandingkan dengan S22 Plus dan S22 Ultra. Lantas, apakah fitur dan spesifikasinya tidak jauh berbeda? Mari mengulas lebih dalam mengenai kelebihan dan kelebihan Samsung Galaxy S22 agar kalian tidak salah pilih.

Kelebihan Samsung Galaxy S22

Secara sekilas, Samsung Galaxy S22 terlihat sama dengan pendahulunya Galaxy S21. Agar tidak salah kaprah, ketahui kelebihan Samsung Galaxy S22 berikut ini.

Desain Premium dan Tangguh

Samsung telah meninggalkan model body glasstic untuk perangkat high-end terbarunya. Galaxy S22 lebih tangguh dari sebelumnya karena telah ditingkatkan dengan bingkai Aluminium Armor Samsung untuk kekuatan yang lebih baik. Ponsel ini menggunakan panel datar Gorilla Glass Victus Plus di bagian depan dan belakang yang tentunya berkualitas lebih unggul.

Untuk tetap memastikan perangkat terlindungi dari kerusakan eksternal, Samsung Galaxy S22 dibekali dengan rating IP68 yang tidak asing lagi di antara flagship Samsung. Artinya Samsung Galaxy S22 juga bisa diajak menyelam di kedalaman 1.5m meter selama 30 menit tanpa takut rusak.

Namun dari perkenalan Galaxy Unpacked juga telah terlihat bahwa salah satu aspek yang hampir tidak berubah Samsung dari tahun lalu adalah tonjolan kamera Contour Cut di bagian belakang. Warnanya pun tidak kalah memikat dengan 4 pilihan utama, yaitu Phantom White, Phantom Black, Green, dan Pink Gold. Mana nih favorit kamu?

Layar Berkualitas

Galaxy S22 menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X Samsung berkualitas yang khas. Panel tersebut membawa resolusi 2340 x 1080 piksel dengan kerapatan 425 ppi yang berarti sangat tajam. Tak lupa Samsung melengkapinya dengan menghadirkan kecepatan refresh maksimum mencapai 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Layar datar pada ponsel ini juga mendukung HDR10+ sehingga kualitas tampilan konten video yang kalian tonton akan selalu terlihat bagus.

Menariknya lagi Samsung menciptakan fitur baru bernama Vision Booster yang dirancang untuk meningkatkan hal-hal seperti kontras dan saturasi warna dalam kondisi sangat terang atau redup. Samsung Galaxy S22 membawa sensor sidik jari di bawah layar atau in display dengan tipe ultrasonic sehingga tingkat responsibilitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Kinerja Dijamin Oke

Galaxy S22 adalah salah satu ponsel pertama yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1 milik Qualcomm yang baru. Pada perangkat ini ia dikombinasikan dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Jika tidak keberatan membayar 1 juta lagi, maka kalian sudah bisa mendapatkan versi penyimpanan internal 256GB dengan kapasitas RAM 8GB.

Performa gaming adalah sorotan lain dari chipset yang digunakan pada jajaran Galaxy S22. Menurut Qualcomm, GPU Adreno terbarunya menawarkan performa rendering 30 persen lebih cepat dan mengonsumsi daya 25 persen lebih sedikit. Dengan perpaduan antara peningkatan kinerja dan fitur-fitur baru, Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan tampilan yang menarik pada flagship Android generasi berikutnya.

Sensor Kamera Andalan

Samsung menjagokan fitur kamera baru seperti Adaptive Pixel dan peningkatan Nightography. Galaxy S22 memiliki kamera utama 50MP, ultra-wide 12MP, dan telefoto 10MP. Dengan pixel bined, maka kamera utamanya mengambil gambar yang kalian potret dengan resolusi 12MP.

Meskipun kamera telephoto Galaxy S22 turun dari 64MP pada Glaxy S21 ke 10MP saat ini, namun Samsung menjanjikan zoom optic 3x lebih baik untuk hasil foto yang lebih menarik. Untuk selfie atau video call dan keperluan lain yang menggunakan kamera depan, Samsung Galaxy S22 menawarkan resolusi 10MP dengan aperture f/2.2 dan bidang pandang 80 derajat.

Samsung juga telah menyediakan fitur baru seperti Auto Framing yang berfungsi untuk melacak hingga 10 wajah orang saat merekam video. Sementara adanya Samsung Advanced OIS bisa memastikan klip kalian terlihat mulus dan bebas guncangan. Masih ragu dengan kameranya?

Software Terupdate

Galaxy S22 memulai debutnya dengan user interface Samsung One UI 4.1 untuk Android 12. Jika kalian sudah biasa menyukai iterasi sebelumnya dari Samsung One UI, edisi ini akan semakin menyenangkan terutama karena Samsung menyebutkan bahwa mereka telah menambahkan fitur kustomisasi dan privasi.

Selain itu, ada peningkatan yang sangat menjanjikan dari jajaran Galaxy S22. Pasalnya, Samsung menyediakan pembaruan software selama 4 tahun berturut-turut dan dukungan keamanan selama 5 tahun untuk penggunanya lho. Yakin ingin menolak kelebihan yang satu ini?

Kekurangan Samsung Galaxy S22

Setelah membahas kelebihannya, tentu saja belum lengkap tanpa mengungkapkan apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy S22. Beberapa kekurangannya berikut patut kalian pertimbangkan kembali sebelum merogoh kocek untuk smartphone yang satu ini.

Baterai Lebih Kecil

Mulai dari Galaxy S22, S22 Plus, hingga S22 Ultra, semuanya dibekali kapasitas daya yang berbeda sehingga pengguna Android bisa memilihnya sesuai preferensi. Namun masalah utamanya adalah Galaxy S22 mengemas baterai paling kecil karena ukurannya pun lebih mini. Dengan baterai 3.700 mAh, kalian tidak bisa mengharapkan masa pakai seharian penuh jika menggunakannya tanpa henti.

Ditambah lagi Samsung Galaxy S22 tidak seperti S22 Plus dan S22 Ultra yang didukung oleh fast charge 45W. Untuk mengisi ulang, Samsung Galaxy S22 hanya dibekali dukungan pengisi daya cepat 25W saja. Jika mobilitas kalian tidak terlalu padat, mungkin persoalan baterai ini bisa diabaikan.

Pilihan Penyimpanan Kurang Variatif

Salah satu faktor penentu ketika ingin membeli smartphone baru adalah kapasitas penyimpanan. Samsung Galaxy S22 tidak mempunyai slot microSD sehingga kalian harus puas dengan kapasitas RAM 8GB dan penyimpanan internal maksimalnya 256GB. Berbeda dengan seri S22 Ultra yang punya pilihan ROM hingga 512GB, Galaxy S22 hanya memberikan batas ROM 215GB saja.

Untuk menyimpan berbagai file di awal penggunaan, kapasitas tersebut tentu saja cukup besar. Namun di kemudian hari pengguna harus mencadangkan manual di penyimpanan virtual agar mendapatkan kapasitas lebih.

Tidak Memiliki Jack Headphone

Sebagaimana smartphone flagship terbaru, Samsung Galaxy S22 juga tidak menyertakan port yang disukai oleh banyak pengguna ini. Oleh sebab itu jika kalian tetap ingin mendengarkan audio melalui jack headphone, maka sediakan terlebih dahulu konektornya ya.

Secara keseluruhan Galaxy S22 adalah smartphone andalan terbaru yang worth it to buy terutama untuk kalian penggemar ponsel ringkas. Ukurannya yang pas digunakan dengan satu tangan dan lebih ringan dari dua saudaranya akan menjadi daily driver andalan untuk aktivitas digital. Kalian bisa memperoleh Galaxy S22 dengan menyiapkan budget mulai dari 11 jutaan.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn