Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20 (2021)

Vivo Y20 2021 menyapa pencinta smartphone pada tahun 2021 lalu. Dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, kamu bisa mendapatkannya berbekal budget 2 jutaan saja. Bukan sembarang ponsel terjangkau, Vivo Y20 2021 mengunggulkan spesifikasi yang biasa terlihat pada seri Y. Kamu mungkin sudah akrab dengan desain, baterai tahan lama, hingga penyimpanan besar di seri ini bukan?

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo Y20 2021
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.51 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset Mediatek Helio P35 (12nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Charging 10W
  • Harga Rp 2.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y20 (2021) dan Harganya

Jangan risau soal performa karena Vivo Y20 2021 menjanjikan kinerja yang andal sehingga bisa dipercaya sebagai daily driver. Meskipun secara sekilas ponsel ini tampak sama dengan para pendahulunya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak informasinya berikut ini.

Kelebihan Vivo Y20 2021

Vivo memang gemar menghadirkan entry-level yang menyasar pengguna dengan banyak kebutuhan. Khusus varian Y20 2021, Vivo fokus kepada desain yang lebih kalem dan baterai tahan lama. Namun tentu saja kelebihan Vivo Y20 2021 tidak hanya sebatas itu. Yuk, ketahui beberapa kelebihan Vivo Y20 2021.

Desain Modern

Sekilas, desainnya yang glossy membuat bodi polikarbonatnya terlihat seperti kaca. Material plastik yang digunakan pada smartphone Vivo Y20 2021 memang terlihat premium dan tidak terkesan murah. Kamu bisa memilih salah satu pilihan warna dari Dawn White dan Nubela Blue yang dihadirkan oleh Vivo.

Masih dengan desain 2.5D untuk memberikan kesan ramping, Vivo Y20 2021 membawa bobot tidak lebih dari 192 gram. Selain itu, ketebalannya pun hanya 8.41 mm saja kok sehingga Vivo berani mengklaim ‘ramping’ pada perangkat ini. Untuk kamu yang lebih suka ponsel tipis, Vivo Y20 2021 wajib dijadikan pilihan pertama ketika ingin memberi smartphone baru.

Ruang Penyimpanan Luas

Beralih ke kelebihan selanjutnya adalah mengenai kapasitas penyimpanan yang luas pada Vivo Y20 2021. Meskipun bukan yang terbaik di kelasnya, namun setidaknya Vivo Y20 2021 berani menawarkan kapasitas ruang RAM sebesar 4GB dengan penyimpanan internal 64GB. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi soal memori smartphone.

Namun memang harus diakui banyak yang merasa bahwa RAM 4GB dengan ROM 64GB masih terasa kurang. Untuk mengantisipasi hal tersebut Vivo Y20 2021 memberikan dukungan slot microSD yang berguna untuk ekspansi memori hingga 256GB.

Baterai Besar dan Awet

Kelebihan yang pastinya selalu dinanti oleh pengguna smartphone adalah daya baterai jumbo. Meskipun memiliki bodi yang ramping, namun Vivo berhasil menyematkan baterai sebesar 5.000mAh pada perangkat ini. Vivo Y20 2021 sendiri membawa teknologi AI hemat daya dan memiliki klaim bisa bertahan selama hampir 15 jam untuk streaming film HD.

Selain baterai yang besar dan awet, Vivo Y20 2021 juga menawarkan dukungan reverse charging sehingga kamu bisa berbagai daya saat dibutuhkan.

Konektivitas Wi-Fi 5GHz yang Lebih Stabil

Nah, kalau yang satu ini adalah kelebihan yang sangat dinanti oleh pengguna Wi-Fi anti lemot. Kecepatan transmisi data pada sebuah smartphone tergantung pada dukungan konektivitas yang disediakan oleh smartphone itu sendiri. Pada Vivo Y20 2021 ini telah tersedia dukungan hingga Wi-Fi 5GHz sehingga arusnya lebih stabil.

Sebagai informasi, Wi-Fi 5 memiliki keunggulan Kecepatan data lebih tinggi, kurang rentan terhadap gangguan, dan biasanya lebih sedikit perangkat yang menggunakan frekuensi ini.

Memiliki Side Fingerprint

Urusan privasi ponsel adalah hal yang patut diperhatikan ketika memilih smartphone baru. Tak perlu risau memikirkan perihal sistem unlock karena Vivo Y20 2021 telah mengusung side fingerprint atau sensor sidik jari di samping. Vivo mengklaim bahwa side fingerprint pada Y20 2021 mampu membuka kunci smartphone hanya dalam kurun waktu 0.22 detik saja. Sangat responsif bukan?

Kekurangan Vivo Y20 2021

Berdasarkan kelebihan yang telah dibahas mungkin kamu telah menerka bagian mana yang menjadi kekurangan dari Vivo Y20 2021. Mulai dari layar, chipset, hingga sensor kamera, mari membahas lebih dalam kekurangan perangkat ini.

Layar Masih Beresolusi HD+

Kekurangan pertama terletak pada layar Vivo Y20 2021. Layar Ultra All Screen yang dimilikinya memang memuaskan dari segi ukuran, yakni 6.51 inci dengan rasio 20:9. Hanya saja kamu harus berpikir ulang jika menginginkan kualitas tampilan yang lebih nyaman untuk rentang video full HD+. Sama seperti saudaranya perangkat ini hanya dibekali dengan panel IPS LCD yang beresolusi HD+ saja.

Untuk mengatasi kekurangan yang satu ini, Vivo menghadirkan mode Eye Protection. Kamu tetap bisa menggunakan Vivo Y20 2021 dengan nyaman tanpa khawatir melelahkan mata karena mode tersebut akan menyaring cahaya biru dari layar.

Chipset Kurang Bersaing

Kekurangan selanjutnya ada pada sektor dapur pacu Vivo Y20 2021. Perangkat ini diotaki oleh chipset besutan MediaTek, Helio P35, yang hadir pada tahun 2019 lalu. Di segmennya setidaknya Vivo harus melakukan upgrade chipset agar bisa bersaing dengan sengit. Karena hanya memiliki proses fabrikasi 12nm dan clock speed 2.3GHz, performanya bisa dikatakan kurang ‘nendang’ daripada para rivalnya.

Terlebih untuk kamu yang gemar bermain game yang menguras energi smartphone, Vivo Y20 2021 kurang cocok untuk dipilih. Ya, tak lain dan tak bukan karena kinerja ponsel yang satu ini hanya ditujukan untuk tugas ringan hingga sedang sehari-hari saja. Namun adanya dukungan Multi Turbo 3.0 dan Ultra Game Mode pada Vivo Y20 2021 akan membantu kamu menjalankan game ringan dengan lancar.

Kombinasi Kamera yang Masih Tertinggal

Nah kalau yang satu ini adalah kekurangan yang wajib diperhatikan untuk kamu para pengguna fotogenic. Vivo Y20 2021 akan mengecewakan jika diandalkan sebagai media fotografi mobile. Lagi-lagi Vivo juga tidak menyasar pengguna yang suka memotret melalui ponsel ini.

Di punggungnya tersemat 3 sensor yang terdiri dari kamera utama 13MP, kamera super bokeh 2MP, dan dilengkapi kamera 2MP. Sementara kamera depannya beresolusi 8MP.

Kombinasinya memang terlihat tidak asing karena biasa ditemui pada smartphone entry-level. Untuk ponsel berharga 2 jutaan, sensor kamera Vivo Y20 2021 masih tertinggal dari para rivalnya. Kamu justru masih bisa mendapatkan kombinasi sensor optik tersebut di smartphone dengan harga banderol 1 jutaan saja.

Masih Menggunakan Micro USB

Berbeda dengan smartphone lain yang sudah mulai meninggalkan micro-USB, Vivo justru memilih tipe micro-USB pada Y20 2021. Karena itulah kamu harus rela kehilangan fitur fast charging dan efisiensi yang ditawarkan oleh USB Type-C. Namun bisa jadi hal ini bukan masalah yang besar jika kamu hanya menginginkan kapasitas daya besar dari Vivo Y20 2021.

Itulah kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 2021 yang harus kamu ketahui sebelum membelinya. Secara garis besar perangkat ini adalah daily driver yang tepat untuk para pelajar karena memiliki keunggulan daya tahan baterai lama dan layar yang besar. Selain itu, kapasitas penyimpanannya yang lapang sangat cocok untuk diandalkan dalam menyimpan berbagai file. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi kamu dalam memilih smartphone baru ya.