Review Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 30A

Jika kalian ingin mengganti smartphone dengan bekal low budget, maka Realme Narzo 30A bisa menjadi salah satu opsi yang worth it. Ponsel yang diluncurkan pada kuartal pertama 2021 ini memang menarik perhatian dengan spesifikasinya yang mumpuni meskipun harga banderolnya murah.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme Narzo 30A
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset MediaTek Helio G85 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 1.650.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme Narzo 30A dan Harganya
Tertarik untuk menjadikan Realme Narzo 30A sebagai daily driver kalian tahun ini? Mari simak kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 30A selengkapnya dalam tulisan ini.

Kelebihan Realme Narzo 30A

Sebagai ponsel level entri, Realme Narzo 30A harus menyuguhkan sejumlah kelebihan agar menonjol di antara para rivalnya. Nah, ini dia deretan kelebihan perangkat ini yang harus kalian ketahui.

Desain Unik

Realme Narzo 30A memiliki desain Diagonal Stripe dengan finishing yang tidak licin atau glossy sehingga tidak rentan terhadap noda dan sidik jari. Ada dua tekstur unik pada panel belakangnya yang memberikan kesan kekinian sehingga sedap dipandang dan nyaman di genggaman. Realme sendiri menawarkan dua varian warna pada ponsel ini, yaitu Laser Blue dan Laser Black.

Baterai Badak 6.000 mAh

Kapan lagi nih punya smartphone baru Rp 1 jutaan yang punya baterai jumbo? Realme Narzo 30A mampu memberikan daya tahan super seharian penuh bahkan lebih untuk kalian karena di balik kapnya ia mengemas daya 6.000 mAh. Menurut klaimnya, pengguna bisa bermain game hingga 10 jam non stop menggunakan Realme Narzo 30A.

Ditenagai Chipset Gaming

Pada sektor dapur pacu Realme Narzo 30A kalian akan menemukan Helio G85 besutan MediaTek yang menjadi salah satu selling point-nya. Chipset yang diproses melalui fabrikasi 12 nanometer ini membawa CPU 8 inti dengan kecepatan hingga 2.0 GHz dan pengolah grafis berupa GPU Mali-G52 yang berjalan pada frekuensi hingga 1 GHz. Oleh sebab itu, tak heran Realme Narzo 30A berani menjanjikan performa mumpuni untuk dapat diandalkan di berbagai penggunaan termasuk gaming.

Ruang Penyimpanan Besar

Realme tidak hanya membenamkan chip kencang saja pada dapur pacu Realme Narzo 30A. Performanya disokong oleh kehadiran ruang penyimpanan besar dengan RAM hingga 4 GB dan memori internal sebesar 64 GB. Tenang, jika masih membutuhkan ruang lebih besar kalian dapat memanfaatkan slot microSD yang punya daya tampung hingga 256 GB.

Layar Luas dengan Proteksi

Realme Narzo 30A juga memiliki kelebihan di sektor display. Kalian bisa menikmati konten-konten favorit pada layar luas dengan rentang ukuran 6.5 inci. Panel IPS LCD tersebut membawa tingkat kecerahan hingga 570 nits yang artinya tak akan menemui masalah dengan keterbacaannya baik di dalam maupun di luar ruangan.

Selain itu, layar Realme Narzo 30A juga sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 3 sebagai proteksinya sehingga aman dari noda atau goresan yang menyebabkan ponsel rusak.

Konfigurasi Kamera Banyak Fitur

Kelebihan Realme Narzo 30A selanjutnya ada pada sektor kameranya yang memiliki banyak fitur pendukung. Ponsel ini membawa dual kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 13 MP dan depth sensor 2 MP. Modul kamera belakang ini sudah dilengkapi dengan LED Flash sehingga dapat membantu memotret di tempat yang minim cahaya. Menariknya lagi, Realme juga menyertakan fitur Mode Super Nightscape yang lengkap dengan tiga filter malam hari.

Untuk memenuhi kebutuhan swafoto atau video call dengan kualitas yang mendukung, Realme Narzo 30A menawarkan sensor kamera depan beresolusi 8 MP. Meski bukan yang paling oke di kelasnya, namun konfigurasi kamera dengan banyak fitur ini tergolong baik di antara smartphone Rp 1 jutaan lainnya.

Kekurangan Realme Narzo 30A

Selain mengetahui kelebihan Realme Narzo 30A, hal yang tidak boleh kalian lewatkan adalah beberapa pon minus atau kekurangannya. Ini dia kekurangan Realme Narzo 30A yang wajib dipertimbangkan kembali.

Bodi Bongsor

Realme Narzo 30A masuk dalam deretan smartphone masa kini yang punya bodi bongsor karena ketebalan serta bobotnya tidak dapat digolongkan ke dalam smartphone ramping. Ukuran baterainya yang jumbo membuat Realme Narzo 30A secara keseluruhan berbobot 207 gram dengan ketebalan mencapai 9.8 mm.

Durasi Charging Relatif Lama

Harus diakui bahwa ketahanan daya jumbo Realme Narzo 30A memang patut diacungi jempol. Namun sayangnya baterai tersebut tidak disertai dengan kemampuan teknologi charging yang lebih mumpuni. Pasalnya, Realme hanya menyertakan dukungan pengisian daya cepat hingga 18 Watt saja untuk mengisi baterai perangkat ini.

Dengan fast charging 18 Watt, maka ponsel ini akan membutuhkan waktu atau durasi charging yang lebih lama. Untuk mengisi daya 0 hingga 100%, maka dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 3 jam.

Itu dia kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 30A, salah satu jagoan Realme di level entri. Apakah kalian tertarik memilihnya sebagai ponsel baru tahun ini?

Realme Narzo 30A
Rilis : Maret 2021
4/64 GB - Rp 1.650.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn