Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12 Play NFC

Butuh ponsel yang memiliki NFC dengan budget 1 jutaan? Maka Infinix Hot 12 Play NFC adalah jawabannya. Ya, anak baru dari sedi Hot 12 Infinix yang satu ini sudah mendukung fitur NFC diiringi sejumlah keunggulan lain yang membuatnya menggaet banyak perhatian di segmen entry-level.

Infinix Hot 12 Play NFC
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Hot 12 Play NFC
  • Rilis Juni 2022
  • Layar 6.82 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset -
  • GPU -
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4+3/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.749.000
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Hot 12 Play NFC dan Harganya
Walaupun menyuguhkan spesifikasi menggoda dengan harga murah, jangan dulu buru-buru memilihnya sebagai perangkat harian baru kalian. Yuk, bahas kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 12 Play NFC.

Kelebihan Infinix Hot 12 Play NFC

Dari lembar spesifikasi yang dirilis oleh Infinix, terlihat bahwa kelebihan ponsel ini ada di berbagai sektor seperti layar lapang, performa meningkat, hingga baterai besar.

Layar Besar 6.8 inci

Infinix Hot 12 Play NFC sama seperti saudara regulernya yang mengusung tampilan HD Plus (720 x 1612 piksel) dari layar besar berukuran 6.82 inci. Dengan kerapatan layar 259 ppi, ia pun menawarkan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz yang akan menjadikan navigasi layar lebih smooth.

Memang benar bahwa Infinix Hot 12 Play NFC masih menggunakan panel IPS LCD. Namun dengan harga banderol 1.7 juta saja, tentu hal ini masih bisa dimaklumi karena masih mengikuti standar di segmennya.

Ditenagai Chipset Powerful

Infinix biasanya menggunakan MediaTek pada setiap seri smartphone terbaru terutama untuk yang berada di segmen menengah ke bawah. Namun uniknya kali ini Infinix Hot 12 Play NFC diotaki oleh SoC Unisoc Tiger T610. Chipset ini dibangun pada proses fabrikasi 12nm dan memiliki clock speed hingga 1.8 GHz.

Unisoc Tiger T610 memang belum banyak digunakan pada ponsel populer di Indonesia. Namun kalian tidak perlu risau soal kemampuannya dalam menjalankan multitasking dan tugas harian. CPU Octa-core di dalamnya bekerja sama dengan pengolah grafis GPU Mali-G52 MC.

Memiliki Dukungan NFC

Kelebihan yang satu ini tentu sudah bisa kalian ketahui hanya dari namanya saja, Infinix Hot 12 Play NFC. Fitur NFC atau Near Field Communication adalah transmisi data praktis yang paling dicari oleh generasi pengguna smartphone kelas menengah atas masa kini.

Hadirnya NFC memungkinkan kalian untuk berkirim data tanpa sentuh, berbagi file dengan mudah, hingga mengisi saldo e-money secara praktis. Nah, fitur efisien yang satu ini bisa kalian manfaatkan pada Infinix Hot 12 Play NFC yang dibanderol 1 jutaan saja.

Ruang Penyimpanan Lega

Tentu saja tidak lengkap rasanya membeli smartphone tanpa mempertimbangkan kapasitas penyimpanannya. Untung saja Infinix Hot 12 Play NFC memiliki keunggulan berupa ruang penyimpanan lega dengan RAM 4GB yang didukung oleh Extended RAM hingga 3GB.

Total RAM yang akan kalian peroleh dari Infinix Hot 12 Play NFC adalah 7GB sehingga ponsel ini menjamin multitasking yang lancar jaya. Sementara untuk ruang internalnya Infinix Hot 12 Play NFC menyediakan kapasitas sebesar 64GB.

Daya Baterai Besar

Infinix Hot 12 Play NFC mengemas baterai badak berkapasitas 6.000 mAh yang menjadikannya unggul di antara para kompetitornya. Jika berbicara mengenai ketahanan daya, perangkat ini tentu bisa menjadi teman setia sebagai daily driver kalian seharian penuh.

Konektivitas dan Sensor Lengkap

Siapa bilang ponsel 1 jutaan pelit sensor? Infinix membekali Hot 12 Play NFC dengan konektivitas lengkap mulai dari jack audio 3.5 mm, fingerprint, bahkan sensor soft giroskop turut hadir pada perangkat ini. Masih ragu memilih Infinix Hot 12 Play NFC?

Kekurangan Infinix Hot 12 Play NFC

Sebagai smartphone terjangkau, tak heran Infinix Hot 12 Play NFC memiliki beberapa kekurangan yang wajar. Namun bisa jadi kekurangannya berikut ini menjadi pertimbangan penting kalian dalam memilih smartphone baru.

Belum Mendukung Fast Charge

Infinix Hot 12 Play NFC membawa power adaptor dengan output 10W. Untuk ponsel 1.7 juta tentu sangat disayangkan Infinix belum bisa memberikan dukungan fast charge setidaknya 18W seperti kompetitornya. Apalagi dengan kapasitas daya jumbo 6.000 mAh yang dikemasnya tentu kalian membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengisi ulang baterai.

Sensor Kamera Kurang Menarik

Kekurangan selanjutnya dari perangkat ini adalah sensor kamera yang kurang bersaing. Ya, Infinix Hot 12 Play NFC hanya dibekali kamera belakang 13MP yang dilengkapi oleh dual lensa AI. Sementara di bagian depan kalian akan memperoleh kamera selfie beresolusi 8MP. Selain itu, Infinix Hot 12 Play NFC tidak menjelaskan dukungan fitur unggul pada kamera yang dibawanya sehingga kurang menarik perhatian pengguna yang mempertimbangkan spesifikasi kamera.

Namun dua kekurangan di atas tentu bisa dimaklumi jika kalian lebih memilih smartphone dengan komponen dan jeroan yang mumpuni. Terlepas dari kelemahannya, 6 keunggulan Infinix Hot 12 Play NFC pantas menjadikannya salah satu ponsel entry level paling affordable.