Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12 Play

Infinix Hot 12 Play menjadi anggota seri Hot 12 yang rilis dengan harga super terjangkau. Jika sedang mendapatkan skema diskon, kalian bisa memboyong perangkat ini dengan harga 1.7 juta saja melalui toko online Infinix.

Infinix Hot 12 Play
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Hot 12 Play
  • Rilis Juni 2022
  • Layar 6.82 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset -
  • GPU -
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4+3/128 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.745.000
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Hot 12 Play dan Harganya
Lantas, dengan harga ramah di kantong tersebut, apa saja kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan? Simak informasinya berikut ini.

Kelebihan Infinix Hot 12 Play

Beberapa sorotan dari perangkat ini membuatnya lebih menonjol daripada pesaingnya di segmen entry level. Mulai dari baterai jumbo, layar lapang, dan sejumlah keunggulan lainnya akan kalian peroleh dari Infinix Hot 12 Play.

Layar Lapang 6.8 inci

Kelebihan pertama yang sulit ditolak para penggemar layar smartphone lapang adalah bentang displaynya yang mencapai 6.82 inci. Infinix Hot 12 Play cocok digunakan untuk bermain game dan menonton film favorit sepuasnya dengan nyaman.

Layar besar tersebut memiliki resolusi HD Plus atau 720 x 1612 piksel dengan punch hole di tengah atas layar. Menariknya lagi, Infinix tidak pelit menyertakan kecepatan refresh 90 Hz dan touch sampling rate hingga 180Hz yang tergolong unggul di kelas ponsel berharga satu jutaan saja.

Kapasitas Penyimpanan Lega

Selama ini mungkin sudah biasa jika kita mendengar Xiaomi menghadirkan kapasitas penyimpanan lega di harga yang terjangkau. Namun ternyata Infinix pun tak ingin kalah saing dengan menyematkan RAM 4GB bersama dukungan Extended RAM hingga 3GB. Padahal sangat jarang lho ada brand yang menyediakan fitur tambahan RAM ini.

Untuk kapasitas memori internalnya Infinix Hot 12 Play menyediakan ruang sebesar 128GB yang jelas tergolong besar. Tak cukup sampai di situ saja, kalian masih bisa melakukan ekspansi penyimpanan eksternal melalui slot microSD dengan daya tampung hingga 256GB.

Ditenagai Chipset Andal

Pada sektor dapur pacu Infinix Hot 12 Play diotaki oleh MediaTek Helio P35 yang memiliki performa andal dan cukup unggul di segmen entry level. Berbeda dengan versi Infinix Hot 12 Play NFC yang ditenagai Unisoc, ponsel yang satu ini menawarkan SoC dengan proses lebih lambat namun disokong oleh kapasitas memori yang lebih besar sehingga kinerjanya tak kalah apik.

Helio P35 disebut memiliki kinerja yang kurang lebih sama dengan Snapdragon 600 Series sehingga bisa menangani tugas harian dan game ringan dengan lancar. Chipset ini diproses dengan fabrikasi 12nm dan menawarkan clock speed hingga 2.3GHz. Sekedar informasi, biasanya ponsel yang ditenagai oleh Helio P35 dibanderol dengan harga 2 jutaan lho!

Baterai Jumbo 6.000 mAh

Nah, kalau kelebihan yang satu ini dipastikan menjadi kesukaan mayoritas pengguna Android. Semakin besar kapasitas daya yang dibawa, maka semakin lama pula masa pakai ponsel. Idealnya daya 6.000 mAh yang dikemas oleh Infinix Hot 12 Play akan mampu menemani kalian seharian penuh.

Memiliki Port USB Type-C

Jika ada di antara kalian yang kecewa dengan Infinix Hot 12i karena masih menggunakan microUSB, tenang saja karena kali ini Infinix Hot 12 Play sudah memiliki dukungan port USB Type-C.

Hadirnya USB Type-C sekaligus menyiratkan bahwa perangkat ini bisa diisi dengan lebih cepat dan melakukan transfer data lebih stabil. Selain itu dalam paket penjualannya Infinix telah menyediakan kepala charger bermuatan 10W.

Kekurangan Infinix Hot 12 Play

Spesifikasi sorotan di atas memang menjadi keunggulan yang cukup menggiurkan dari Infinix Hot 12 Play. Namun sebelum kalian fix membeli ponsel yang satu ini, ada baiknya mempertimbangkan beberapa kekurangannya berikut.

Tidak Mendukung Hobi Fotografi

Kekurangan pertama yang wajib dipertimbangkan terutama bagi kalian yang suka memotret berbagai objek ada di sensor kameranya. Ya, Infinix Hot 12 Play dibekali sensor kamera utama 13MP yang hanya didampingi oleh satu lensa AI saja. Untuk kamera depannya ponsel ini menawarkan resolusi 8MP yang sudah dilengkapi beberapa fitur standar.

Masih Menggunakan Sitem Operasi Android 11

Infinix Hot 12 Play rilis di Indonesia baru-baru ini pada kuartal kedua 2022. Namun sayangnya Infinix Hot 12 Play masih menggunakan sistem operasi Android 11 sehingga kalian harus melakukan upgrade sistem secara manual untuk mendapatkan layanan terbaru yang ada di Android 12.

Berbodi Bongsor

Kekurangan terakhir adalah dimensi ponsel yang tergolong bongsor sehingga kalian tidak akan bisa menggunakan Infinix Hot 12 Play dengan nyaman di satu tangan saja. Karena baterainya yang jumbo dan layarnya yang lapang, Infinix Hot 12 Play mempunyai bobot 209 gram dengan ketebalan 8.9 mm yang secara teknis sulit untuk disukai oleh penggemar smartphone ramping.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 12 Play. Semoga tulisan ini bisa menjadi rujukan kalian dalam menentukan daily driver baru di tahun ini ya.