Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 HD

Infinix Smart 6 HD merupakan salah satu smartphone entry-level yang menjadi perhatian dengan harga banderol hanya 1 jutaan saja. Ponsel ini cocok untuk pengguna pemula dengan spesifikasi yang cukup mumpuni sehingga bisa menjadi pilihan kalian untuk menjadi kado adik-adik sekolah atau orang tua.

Infinix Smart 6 HD
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Smart 6 HD
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.6 inci IPS LCD
  • Chipset Unisoc SC9863A (28nm)
  • GPU IMG8322
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 2/32 GB
  • Kamera Belakang 8 MP, QVGA
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.150.000
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Smart 6 HD dan Harganya
Namun sebelum membeli Infinix Smart 6 HD, mari ketahui lebih dahulu kelebihan dan kekurannya lebih dahulu.

Kelebihan Infinix Smart 6 HD

Karena smartphone ini ditujukan untuk penggunaan dasar, maka Infinix Smart 6 HD pun memiliki kelebihan-kelebihan yang menarik perhatian untuk daily driver yang membantu tugas harian kalian.

Layar Lapang

Infinix Smart 6 HD menawarkan ukuran layar lapang dengan ukuran 6.6 inci sehingga memuaskan untuk menonton film atau konten favorit di media sosial. Meskipun resolusinya masih HD Plus saja alias 720 x 1600 piksel, namun hal ini masih bisa dimaklumi karena harga ponsel yang satu ini hanya 1 jutaan saja.

Selain itu, Infinix Smart 6 HD juga mendukung visibilitas yang baik dengan tingkat kecerahan hingga 500 nit meskipun kalian berada di luar ruangan.

Baterai Awet dan Tahan Lama

Untuk mendukung aktivitas harian dengan leluasa, Infinix Smart 6 HD dibekali kapasitas daya baterai yang besar. Kalian bisa mengandalkan baterai 5.000 mAh yang dikemasnya dengan klaim bisa bertahan selama 26 jam untuk menonton video dan 102 jam untuk mendengarkan musik.

Ingin masa pakai yang lebih lama? Tenang, Infinix Smart 6 HD sudah didukung dengan fitur Power Marathon Technology yang dapat menambah masa pakai hingga 15 jam lamanya. Kalian bahkan bisa menggunakannya untuk menelepon hingga 90 menit.

Menggunakan Sistem Operasi Ringan

Infinix Smart 6 HD tidak ditujukan untuk penggunaan berat. Oleh sebab itu Infinix Smart 6 HD menggunakan sistem operasi ringan, yakni Android 11 Go Edition. Kinerjanya tentu lebih optimal dibandingkan dengan pendahulunya hingga 20% yang berarti akan lebih cepat untuk loading aplikasi dan multitasking.

Sementara untuk user interface-nya Infinix Smart 6 HD menggunakan XOS 7.6 yang memiliki fitur-fitur tak kalah menarik. Menurut klaimnya sendiri ia disebut-sebut bisa mengoptimalkan penyimpanan hingga 15%.

Sensor Kamera Bersaing

Perangkat ini menawarkan sensor kamera bersaing di kelasnya dengan menghadirkan dual kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 8 MP dan satu buah lensa AI. Selain itu tersedia pula dual LED Flash sehingga kalian dapat memotret dengan jelas meskipun di malam hari. Sementara untuk keperluan selfie atau video call Infinix Smart 6 HD menawarkan kamera depan beresolusi 5 MP.

Kemampuan rekaman video melalui kamera utama Infinix Smart 6 HD diklaim bisa mencapai resolusi hingga 1080 piksel pada 30 fps. Sementara kamera depannya punya kemampuan resolusi rekaman video hingga 720p pada 30 frame per detiknya. Wah, meski ramah di kantong, Infinix cukup berbaik hati ya.

Ruang Penyimpanan Besar

Infinix Smart 6 HD memiliki ruang penyimpanan yang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Ya, dengan 1 jutaan saja Infinix Smart 6 HD membawa kapasitas RAM 2GB yang dipasangkan bersama memori internal 32GB. Karena OS yang digunakan ringan, maka navigasi di atas layar pun terasa cukup mulus.

Tidak hanya itu saja, Infinix Smart 6 HD juga menawarkan ekspansi microSD yang besar. Slot khusus microSD pada ponsel ini bisa menampung hingga 512GB sehingga kalian tidak perlu risau jika membutuhkan ruang lebih.

Kekurangan Infinix Smart 6 HD

Sebagai ponsel terjangkau, Infinix Smart 6 HD jelas memiliki kekurangan yang menjadikannya sebagai pertimbangan dasar dalam memilih smartphone. Apa saja kekurangan tersebut? Berikut ini informasi khusus untuk kalian.

Ditenagai Chipset Kurang Bertenaga

Pada sektor dapur pacunya, Infinix Smart 6 HD ditenagai oleh chipset low-end dari Unisoc, yakni Unisoc SC9863A yang memiliki fabrikasi 28nm saja. Beberapa perangkat kelas entry-level yang dibanderol dengan harga super terjangkau memang menggunakan SoC yang satu ini. Namun beberapa issue yang dipertimbangkan mengenai performanya adalah tenaga yang kurang optimal sehingga proses loading pun lebih lama.

Menggunakan Port microUSB

Kekurangan selanjutnya dari Infinix Smart 6 HD adalah masih manggunakan port USB jadul, yakni microUSB. Padahal saat ini smartphone terbaru sedang berlomba menawarkan dukungan fast charge dengan port USB Type-C. Selain itu, Infinix Smart 6 HD juga masih absen soal dukungan USB OTG sehingga kalian tidak bisa berharap banyak mengenai kinerjanya.

Jika kalian menginginkan smartphone murah untuk penggunaan dasar, maka Infinix Smart 6 HD adalah pilihan yang tepat. Namun ponsel yang satu ini tentu tidak bisa menangani tugas-tugas berat atau pun game yang membuat performanya melambat sehingga hanya cocok untuk daily driver ringan saja.