Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12i

Infinix Hot 12i menjadi salah satu anggota paling murah dalam seri Hot 12 tahun ini. Target marketnya adalah pengguna Android yang membutuhkan komponen standar untuk tugas harian ringan. Meski spesifikasinya tidak “wah”, namun Infinix Hot 12i bisa menjadi pilihan yang worth it to buy dengan harga banderol 1 jutaan di Indonesia.

Infinix Hot 12i
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Hot 12i
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.82 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), QVGA, QVGA
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Ion 5000 mAh
  • Harga Rp 1.550.000
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Hot 12i dan Harganya
Mari membicarakan mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 12i terlebih dahulu agar kalian bisa memutuskan apakah ponsel yang satu ini sudah cocok atau belum sebagai daily driver.

Kelebihan Infinix Hot 12i

Meski dibanderol dengan harga bersahabat di kantong, namun Infinix Hot 12i tetap membawa 4 kelebihan yang menggoda berikut ini.

Layar Besar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa smartphone masa kini berlomba-lomba menghadirkan layar besar. Nah, salah satu brand yang dengan berani merilis ponsel layar lebar dengan harga murah adalah Infinix. Pada seri Hot dan Note, Infinix kerap menyuguhkan smartphone dengan rentang layar hampir 7 inci.

Infinix Hot 12i sendiri mempunyai ukuran layar 6.6 inci yang disebut dengan Super Britgh Display. Layar ini memang hanya memiliki resolusi HD+ saja namun kalian tidak perlu khawatir soal kualitas visualisasinya karena Infinix Hot 12i membawa tingkat kecerahan yang oke di angka 480 nit. Untuk penggunaan di dalam ruangan tentu Infinix Hot 12i akan memberi visibilitas yang terjamin.

Kapasitas Penyimpanan Lega

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh Infinix Hot 12i adalah kapasitas penyimpanan yang besar. Ya, Infinix menyediakan penyimpanan lega dengan kapasitas RAM 4 GB dan didukung oleh fitur Extended RAM hingga 3 GB. Artinya, kalian akan memiliki kapasitas total RAM 7 GB untuk kinerja yang semakin mulus.

Dukungan RAM virtual atau tambahan ini hadir dengan cara ‘meminjam’ kapasitas dari memori internal yang berukuran 64 GB. Jika ingin melakukan ekspansi penyimpanan eksternal Infinix Hot 12i pun memiliki dukungan slot microSD yang dapat menampung kapasitas maksimum hingga 512 GB. Sangat menggiurkan, bukan?

Baterai Besar 5.000 mAh

Seluruh kinerja dari perangkat ini ditopang oleh kapasitas daya besar 5000 mAh. Ia dapat menemani aktivitas kalian dengan klaim masa pakai hingga 13 jam untuk bermain game, 34 jam untuk menelepon, dan bahkan bisa bertahan hingga 50 jam untuk mendengarkan musik. Cocok nih untuk diandalkan dalam perjalanan jauh!

Memiliki Sensor Fingerprint

Jangan remehkan ponsel entry level yang satu ini karena ia telah membawa sensor fingerprint di bagian belakang alias rear fingerpirnt. Posisinya yang mudah dijangkau oleh jari akan membuat kalian tidak akan kesulitan untuk membuka ponsel. Sistem unlock biometrinya dijamin memiliki respons yang cepat sehingga cocok dipilih sebagai pengaman ponsel.

Kekurangan Infinix Hot 12i

Setiap smartphone tentu tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan. Setelah membahas kelebihan Infinix Hot 12i yang tampak menjanjikan, kalian wajib mengetahui beberapa kekurangannya berikut ini.

Masih Menggunakan Port microUSB

Sangat disayangkan Infinix Hot 12i masih menggunakan port microUSB 2.0 di saat para pesaingnya sudah beralih ke USB Type-C. Hal ini akan membuat proses transfer data dan pengisian daya berjalan lebih lambat. Pasalnya, microUSB memiliki daya output hanya 5V dan 1.5A dibandingkan dengan USB Type-C yang mencapai 20V dan 5A.

Selain itu, Infinix Hot 12i juga belum memiliki dukungan OTG yang membuatnya memiliki poin minus di antara ponsel entry level lainnya.

Chipset Kalah Saing

Infinix memutuskan untuk mengotaki Infinix Hot 12i dengan chipset Helio A22 dari MediaTek yang secara teknis merupakan SoC lawas sehingga membuat performanya kurang optimal. Chipset ini disebut memiliki performa sebanding dengan Snapdragon 400 Series yang cocok untuk tugas harian ringan saja.

Helio A22 dirilis pada 2018 lalu dengan mengusung proses fabrikasi 12nm dan CPU Quad-core, bukan Octa-core. Kalian tidak bisa mengharapkan performa yang garang mengingat clock speed-nya pun hanya sebatas 2 GHz saja.

Sensor Kamera Kurang Menawan

Dibanderol dengan harga 1 jutaan, Infinix Hot 12i enggan menyuguhkan sensor kamera yang memenuhi ekspektasi penggunanya. Pada bagian depan ponsel ini memiliki ķamera selfie 8MP sementara di punggungnya tersemat setup triple kamera yang kurang diminati dengan sensor utama 13MP dan dua buah lensa pelengkap sebagai QVGA.

Padahal jika ditilik lebih jauh, di harga yang sama setidaknya kalian bisa mendapatkan konfigurasi tiga kamera belakang yang lebih oke. Jika mencari smartphone yang mendukung hobi memotret, maka Infinix Hot 12i bukan pilihan yang tepat.

Meski diwarnai beberapa kekurangan, Infinix Hot 12i menawarkan kelebihan yang bisa kalian pertimbangkan terutama jika sedang mencari smartphone yang mendukung tugas harian. Kapasitas daya jumbo dan RAM yang lega pada Infinix Hot 12i adalah kombinasi yang pas untuk kalian.