Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M53 5G

Samsung Galaxy M53 5G rilis pada kuartal kedua tahun ini dan sempat disebut-sebut sebagai ponsel mid-range terbaik dari M Series milik Samsung. Posisi tier-top ini semakin membuatnya digemari oleh pengguna setia Android karena membawa peningkatan spesifikasi dari suksesornya.

Samsung Galaxy M53 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy M53 5G
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.7 inci Super AMOLED Plus 120Hz
  • Chipset MediaTek MT6877 Dimensity 900 (6 nm)
  • GPU Mali-G68 MC4
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 6.300.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M53 5G dan Harganya
Apakah kalian penasaran mengenai kelebihan dan kekurangan Galaxy M53 5G? Yuk, simak informasi lengkapnya sebagai berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy M53 5G

Sorotan yang diunggulkan pada Galaxy M53 5G sangat beragam mulai dari baterai jumbo, performa kencang, hingga ke sektor fotografi yang tak kalah saing dari rivalnya. Berikut deretan kelebihan yang akan kalian dapatkan jika memilih Galaxy M53 5G sebagai smartphone baru tahun ini.

Layar Super AMOLED+ 120 Hz

Kelebihan yang satu ini sudah dipastikan menjadi favorit mayoritas pengguna smartphone. Bagaimana tidak karena layar Super AMOLED Plus pada Galaxy M53 5G memiliki rentang ukuran besar hingga 6.7 inci. Resolusinya tentu saja sudah Full HD Plus dengan menawarkan kerapatan piksel hingga 394 ppi sehingga kualitas tampilan gambar patut diacungi jempol.

Panel cantik ini semakin digemari karena Samsung menyertakan kecepatan refresh 120 Hz dan touch sampling rate hingga 240 Hz. Kombinasi keduanya sangat smooth untuk scrolling, multitasking, dan bermain game berat. Sebagai jaminan keamanan layar dari goresan halus, maka displaynya pun dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Konfigurasi Kamera Mengalami Peningkatan

Galaxy M53 5G mengusung setup kamera yang lebih unggul dari pendahulunya. Kalian akan menemukan susunan quad-camera di bagian punggung yang dipimpin oleh kamera utama beresolusi besar 108 MP. Karena sudah dilengkapi dengan auto fokus, tentu saja ia bisa diandalkan untuk jepretan yang lebih solid dan jernih. Adapun kamera pendampingnya terdiri dari sensor ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP.

Samsung juga tidak ingin mengecewakan pengguna setianya dengan menyematkan kamera selfie beresolusi 32 MP yang hadir dengan fitur terkini. Menurut klaimnya, baik kamera depan maupun belakang perangkat ini dapat merekam video hingga resolusi 4K.

Dapur Pacu Bertenaga

Untuk jagoan dari M Series yang satu ini, Samsung memilih untuk mengotakinya dengan chipset besutan MediaTek, yakni Dimensity 900. SoC yang hadir dengan proses fabrikasi 6 nanometer ini membawa CPU Octa-core yang memiliki kecepatan maksimum di angka 2.4 GHz. Sementara untuk proses grafis yang lancar jaya, terdapat komponen GPU Mali G68 MC4.

Galaxy M53 5G mendapatkan dorongan performa dari kombinasi RAM yang lapang berkapasitas hingga 8 GB dan memori internal sebesar 256 GB. Jika ingin memperluas ruang penyimpanan, ponsel ini menyediakan fitur RAM Plus hingga 8 GB dan masih menyuguhkan slot microSD dengan daya tampung maksimal 1 TB.

Baterai Besar

Galaxy M53 5G tidak kehilangan ciri khas M Series karena tetap mengemas daya baterai besar untuk bertahan seharian penuh. Daya 5.000 mAh pada perangkat ini bahkan bertambah hemat karena Samsung menggunakan panel Super AMOLED dan chipset dengan efisiensi yang baik.

Bodi Slim

Meski mengemas baterai berkapasitas jumbo, siapa sangka Galaxy M53 5G ternyata memiliki bodi ramping lho. Secara keseluruhan, dimensinya memang minimalis dengan ukuran 164.7 x 77 x 7.4 mm saja. Ya, membawa ketebalan hanya 7.4 mm, Galaxy M53 5G memiliki bobot 176 gram. Artinya, kalian bisa menggunakan Samsung Galaxy M53 5G dengan nyaman seharian.

Kekurangan Galaxy M53 5G

Selain deretan kelebihan yang menggoda di atas, Samsung Galaxy M53 5G juga memiliki beberapa kekurangan berikut yang juga tak kalah penting untuk diketahui.

Paket Penjualan Tanpa Charger

Untuk mendukung kampanye ramah lingkungan, maka Samsung memilih untuik tidak menyertakan kepala charger atau power adapter pada paket penjualan smartphone anyar miliknya, termasuk Galaxy M53 5G. Dengan terpaksa kalian harus merogoh kocek lebih dalam lagi agar bisa mendapatkan kepala charger Samsung secara terpisah. Selain itu, kekurangan Galaxy M53 5G juga ada pada dukungan pengisi daya cepat yang hanya terbatas pada 25W saja.

Belum Mengusung Fingerprint In-display

Jangan dulu senang dengan spesifikasi layar Galaxy M53 5G yang sangat menawan. Faktanya, display cantik tersebut belum didukung oleh sensor sidik jari di dalam layar alias in-display fingerprint sehingga kurang efisien. Untuk sensor biometri ini, Galaxy M53 5G masih mengandalkan side-mounted fingerprint.

Speaker Mono dan 3.5mm Jack Audio Absen

Jangan mengharapkan output audio yang nendang dari Galaxy M53 5G. Pasalnya, Samsung tidak membekali perangkat ini dengan speaker stereo. Hadirnya dukungan Dobly Atmos pada ponsel ini bisa kalian manfaatkan saat mendengarkan audio melalui earphone. Namun perlu diingat bahwa Galaxy M53 5G juga tidak menawarkan port jack audio 3.5mm ya.

Setelah mengetahui poin-poin kelebihan dan kekurangan Galaxy M53 5G, apakah kalian tetap akan memilih perangkat ini? Secara keseluruhan, spesifikasi Galaxy M53 5G tergolong worth it to buy kok untuk pencinta performa kebut.