Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X5 Pro 5G

Oppo Find X5 Pro 5G baru saja merampungkan sesi pre-order pada awal Juni lalu di Indonesia. Tidak sedikit yang merasa sangat penasaran dan memilih perangkat ini sehingga kehadirannya pun sangat dinanti di pasar smartphone kelas atas.

Oppo Find X5 Pro 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G
  • Rilis Mei 2022
  • Layar 6.7 inci LTPO2 AMOLED 120Hz HDR10+ BT.2020
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 13 MP (telephoto), 50 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 80W
  • Harga Rp 15.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G dan Harganya
Seperti apa kelebihan yang ditawarkan dan bagaimana poin minus pada Oppo Find X5 Pro 5G yang harus diperhatikan? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kelebihan Oppo Find X5 Pro 5G

Menurut klaimnya, Oppo Find X5 Pro 5G punya segudang fitur menawan yang disebut-sebut menetapkan standar baru dalam smartphone masa kini. Nah, agar tidak semakin penasaran, ketahui kelebihan Oppo Find X5 Pro 5G berikut ini.

Ditenagai Chipset Kebut

Oppo Find X5 Pro 5G membawa jeroan anyar dari Qualcomm yang digunakan oleh sebagian besar flagship Android tahun ini, yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Chipset 5G yang satu ini diklaim membawa efisiensi daya hingga 25% lebih kuat dari generasi sebelumnya serta 30% peningkatan performa dengan proses fabrikasi 4 nanometer.

Snapdragon 8 Gen 1 memiliki kombinasi yang apik dengan tiga kluster CPU Octa-core yang menawarkan kecepatan maksimum 3 GHz. Untuk proses grafis yang mulus, terdapat kartu grafis Adreno 730 yang berjalan pada frekuensi 818 MHz.

Kapasitas Penyimpanan Jumbo

Oppo Find X5 Pro 5G tidak ingin kalah saing dari para kompetitornya sehingga menyandingkan kapasitas penyimpanan jumbo yang siap mendukung aktivitas kalian untuk berbagai kebutuhan. Perangkat ini menyediakan RAM LPDDR5 jumbo 12 GB beserta memori internal UFS 3.1 sebesar 256 GB. Meski tidak tersedia slot penyimpanan microSD atau opsi ekspansi eksternal, kombinasi keduanya sudah pas untuk diandalkan.

Layar Memanjakan Mata

Ponsel ini tentu sudah menggunakan panel AMOLED LTPO 2.0 sehingga baik resolusi maupun warnanya sangat menyenangkan. Oppo membekalinya dengan ukuran 6.7 inci yang beresolusi QHD Plus (1440 x 3216 piksel). Display bersisi melengkung ini membawa rasio layar ke bodi hingga 92.7% yang termasuk tinggi dengan kerapatan piksel mencapai angka 525 ppi.

Belum cukup sampai di situ saja, layar Oppo Find X5 Pro 5G mengusung refresh rate hingga 120 Hz dan mendukung tampilan warna 10-bit sehingga tak perlu khawatir soal visualisasinya. Oppo melapisinya dengan Corning Gorilla Glass Victus sehingga tidak rentan retak dan pecah.

Desain Premium

Oppo Find X5 Pro 5G mengusung desain yang berkesan mewah karena finishing yang mengkilat dari ceramic. Seperti smartphone kelas atas lainnya, ponsel yang satu ini juga mengantongi sertifikasi IP68 sehingga tahan terhadap percikan, debu, dan tahan di kedalaman air 1.5 meter selama 30 menit.

Tidak hanya material keramik saja, Oppo Find X5 Pro 5G tersedia pula dalam varian material kulit imitasi untuk pangsa pasar Tiongkok. Desain curve display-nya yang menarik bisa kalian dapatkan dengan memilih salah satu di antara dua warna yang disediakan, yakni Ceramic White dan Glaze Black.

Sensor Kamera Mumpuni

Kelebihan yang tidak boleh kalian lewatkan dari Oppo Find X5 Pro 5G adalah hadirnya sensor kamera mumpuni. Kombinasinya sangat pas untuk mendukung hobi kalian dalam hal fotografi dan videografi dengan setup triple kamera belakang mencakup kamera utama 50MP, kamera telephoto 13MP, dan kamera ultrawide 50MP. Sementara untuk keperluan video call atau selfie, sensor kamera depannya hadir dengan resolusi 32MP.

Oppo menjagokan hadirnya NPU MariSilicon X Imaging yang sangat berguna untuk merekam video hingga resolusi 4K tanpa grain alias sangat stabil dan solid.

Baterai Besar

Sebagai flagship terkini, Oppo Find X5 Pro 5G tak ketinggalan dalam hal kapasitas daya. Dengan ukuran baterai 5.000 mAh, Oppo membekali ponsel ini dengan 50W AirVOOC (nirkabel) yang bisa mengisi daya 100% dalam waktu 47 menit saja. Selain itu, Oppo Find X5 Pro 5G juga memiliki dukungan 80W SuperVOOC yang bisa mengisi daya 100% kurang dari 30 menit! Masih ragu?

Kekurangan Oppo Find X5 Pro 5G

Tidak adil rasanya membicarakan kelebihan Oppo Find X5 Pro 5G tanpa membahas poin minus yang menjadi kekurangannya. Yuk, ketahui kekurangan perangkat ini sebelum kalian fix memilihnya.

Bodi Bongsor

Jika kalian mencari smartphone berdesain ultra-thin, tentu Oppo Find X5 Pro 5G tidak bisa dijadikan opsi ideal. Pasalnya, ponsel ini memiliki berat hingga 218 gram dan ketebalan 8.5 mm yang menjadikannya sulit untuk dioperasikan dengan satu tangan.

Kapasitas Penyimpanan Tidak Variatif

Meski RAM dan memori internal yang dihadirkan tergolong besar, sangat disayangkan Oppo tidak menyuguhkan variasi penyimpanan. Oleh sebab itu kalian hanya bisa membeli perangkat ini dengan satu harga saja tanpa mempertimbangkan kebutuhan ruang smartphone dan harga banderolnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo Find X5 Pro 5G yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilihnya jadi daily driver tahun ini. Sudah siap menjajal performa unggulnya?