Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 9i

Hadirnya Realme 9i melengkapi seri Realme 9 tahun ini dengan harga banderol yang ramah di kantong. Diluncurkan pada Mei 2022 lalu, Realme 9i adalah varian paling terjangkau yang bisa kalian boyong berbekal budget 2 jutaan saja.

Realme 9i
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme 9i
  • Rilis Mei 2022
  • Layar 6.6 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.950.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 9i dan Harganya
Berikut ini kami sajikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 9i agar kalian tidak salah pilih.

Kelebihan Realme 9i

Karena harganya yang murah, ponsel ini bersaing sengit dengan berbagai merk ternama lainnya seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, hingga Oppo. Namun ada beberapa sisi kelebihan Realme 9i yang menjadikannya juga tak kalah worth it to buy.

Layar Besar Full HD Plus

Kelebihan pertama yang disuguhkan oleh Realme 9i berasal dari sektor layar. Bagi yang gemar bermain game atau menonton film serta konten favorit, tentu layar besar perangkat ini akan sangat memuaskan. Ya, Realme 9i memiliki layar berukuran 6.6 inci dengan bezel relatif tipis di rasio layar ke body sekitar 90.8%. Menariknya, Realme menghadirkan 5 level refresh rate pada display perangkat ini yang disesuaikan di level 30 Hz, 48 Hz, 50 Hz, 60 Hz, dan 90 Hz.

Layar Realme 9i sudah beresolusi Full HD Plus dengan kepadatan layar mencapai 401 ppi sehingga menampilkan visualisasi yang tajam. Untuk navigasi dan scrolling yang semakin mulus, Realme menyertakan touch sampling rate hingga 180 Hz pada layar perangkat ini.

Chipset Kencang

Siapa bilang ponsel 2 jutaan tidak bisa punya performa mumpuni? Realme 9i bisa menawarkan kinerja unggul karena ditenagai oleh Snapdragon 680 4G yang dikenal memiliki efisiensi daya yang baik setara smartphone premium. Ia membawa CPU Octa-core dengan kecepatan maksimum di angka 2.4 GHz dan memiliki pengolah grafis Adreno 610 dengan frekuensi 1.100 MHz.

Kapasitas Penyimpanan Besar

Kelebihan Realme 9i selanjutnya adalah kapasitas penyimpanan yang lapang. Kalian bisa memilih salah satu di antara dua variasi penyimpanan pada Realme 9i, yakni antara RAM 4/6 GB yang dipasangkan bersama memori internal 64/128 GB. Jika masih kurang, slot microSD pada perangkat ini bisa dimanfaatkan dengan ukuran hingga 1 TB lho.

Kabar baiknya, varian tertinggi pada Realme 9i juga sudah didukung oleh fitur RAM virtual untuk multitasking yang lebih lancar. Dari RAM 6 GB, Realme menambahkan dukungan RAM virtual hingga 5 GB sehingga total kapasitas RAM yang akan kalian dapatkan adalah 11 GB.

Baterai Jumbo

Realme tidak ketinggalan dalam hal ketahanan daya karena ada baterai 5.000 mAh yang tergolong badak di kelasnya. Dukungan teknologi pengisi dayanya pun sudah termasuk tinggi, yakni hingga 33W. Artinya, kalian bisa mengisi ulang daya dalam waktu kurang lebih 1 jam saja.

Resolusi Kamera Besar

Realme 9i turut menyuguhkan resolusi kamera besar dengan setup triple kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 50 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor depth alias sensor monokrom beresolusi 2 MP. Kehadiran kamera beresolusi besar ini menjadikan Realme 9i sebagai salah satu ponsel dengan kamera mumpuni yang dapat diandalkan untuk memotret berbagai momen berharga kalian.

Selain itu, di bagian depan Realme 9i menawarkan kamera selfie dengan resolusi 16 MP. Kedua bagian kamera Realme 9i baik di bagian depan maupun belakang diklaim punya kemampuan video recording hingga resolusi 1080 piksel pada 30 fps.

Kekurangan Realme 9i

Sebagai ponsel terjangkau, Realme 9i memang memiliki beberapa sisi minus yang menjadi kekurangannya. Mari telusuri apa saja kekurangan Realme 9i yang tidak boleh lupa dipertimbangkan.

Lensa Ultrawide Absen

Bagi sebagian pengguna Android yang sangat memperhatikan spesifikasi kamera, ketidakhadiran lensa ultrawide pada Realme 9i tentu cukup mengecewakan. Ya, kalian tidak bisa memotret dengan jarak pandang yang lebar jika memilih perangkat ini sebagai daily driver tahun ini. Sebagai gantinya, banyak pilihan smartphone lainnya dengan harga serupa yang menyuguhkan setup kamera lebih lengkap dan menggoda.

Belum Mendukung NFC

Smartphone terjangkau Realme memang belum banyak yang mempunyai dukungan fitur NFC. Realme 9i adalah salah satunya sehingga hal ini sangat disayangkan dan mempengaruhi minat beli calon konsumennya. Apakah kekurangan yang satu ini bisa kalian maklumi?

Layar IPS LCD

Meskipun layarnya berukuran lapang dan sudah beresolusi Full HD Plus, namun perlu diketahui bahwa Realme masih menggunakan panel IPS LCD pada ponsel ini. Untuk ukuran ponsel mid-range, tentu saja displaynya cukup mengecewakan mengingat para kompetitornya tahun ini bersaing ketat untuk menghadirkan visualisasi yang memanjakan mata.

Demikian rincian mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 9i yang memang terlihat menggoda. Tertarik membawa pulang perangkat ini? Realme 9i tersedia dalam varian warna Prism Black dan Prism Blue.