Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno7 5G

Oppo Reno7 5G resmi dihadirkan pada kuartal pertama tahun ini untuk bersaing di segmen mid-range. Salah satu vendor sukses dari Tiongkok ini memang terbilang rajin dalam menghadirkan inovasi dan keunggulan pada setiap smartphone barunya.

Oppo Reno7 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno7 5G
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 6.43 inci AMOLED 90Hz HDR10+
  • Chipset MediaTek MT6877 Dimensity 900 5G (6 nm)
  • GPU Mali-G68 MC4
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 65W
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno7 5G dan Harganya
Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada pada Oppo Reno7 5G?

Kelebihan Oppo Reno7 5G

Ponsel dengan harga 7 jutaan ini menawarkan keunggulan yang tidak kalah menarik untuk kalian yang menyukai ponsel premium namun ramah di kantong. Mari kenali lebih jauh kelebihan Oppo Reno7 5G agar semakin yakin memilihnya sebagai daily driver kalian.

Bodi Slim

Tidak diragukan lagi seri Reno dari Oppo memang wajib diacungi jempol jika berbicara tentang desain dan bodi. Masih bernuansa laser direct imaging, Oppo Reno7 5G berhasil memukau pengguna Android yang menyukai tampilan indah dan eye-catching. Menurut klaimnya, Oppo adalah brand pertama yang menggunakan teknik tersebut pada smartphone-nya.

Oppo Reno7 5G menyuguhkan ketebalan hanya 7.81 mm saja dengan bobot berkisar di angka 173 gram. Bingkai datarnya akan membuat kalian menyadari bahwa perangkat ini sangat solid dan kompak sehingga memiliki keunggulan tersendiri. Di Indonesia, Oppo Reno7 5G hadir dalam dua varian warna menarik, yakni Startralis Blue dan Starry Black.

Layar AMOLED

Salah satu keunggulan yang sayang dilewatkan pada Oppo Reno7 5G adalah hadirnya panel AMOLED yang membalut bagian depan. Ya, Oppo menyertakan layar AMOLED 6.43 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) yang membawa kepadatan piksel mencapai 409 ppi.

Karena sudah mengantongi sertifikais Widevine L1 dan HDR10+, kalian bisa menikmati layanan streaming favorit dengan lebih nyaman melalui display perangkat ini. Rasio bodi ke layarnya pun cukup besar hingga 90.8% dan sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5 sehingga tidak perlu khawatir mengenai proteksinya.

Sensor Kamera Unggul

Serupa dengan saudaranya yang lain, Oppo Reno7 5G juga menyuguhkan sensor kamera unggul dan inovatif. Kamera selfienya hadir dengan resolusi besar hingga 32MP dan sudah dilengkapi berbagai fitur terkini seperti mode Ultra Night.

Sementara di punggungnya tersemat kombinasi lengkap yang terdiri dari sensor utama 64MP, kamera ultrawide 8MP dengan sudut pandang 118.9 derajat, dan lensa makro beresolusi 2MP. Kabar baiknya, kalian dapat melakukan rekaman video hingga resolusi 4K pada 30 fps dan 1080 piksel pada 60 fps jika ingin menggunakan stabilisasi alias EIS. Cukup menggoda, bukan?

Jeroan Bertenaga

Oppo menyematkan komponen jeroan yang cocok untuk kalian para gamers atau pengguna yang enggan menemui lag ketika multitasking. Pasalnya, Oppo Reno7 5G diotaki oleh MediaTek Dimensity 900 5G yang merupakan SoC kencang dengan proses fabrikasi 6 nanometer. Di dalamnya terdapat komponen CPU Octa-core dengan kecepatan maksimum 2.4 GHz dan kartu grafis GPU ARM Mali-G68 MC4 untuk mendukung kinerjanya yang luwes.

Oppo Reno7 5G juga mendapat sokongan tenaga dari RAM besar berkapasitas 8GB dan memori internal sebesar 256GB. Hal ini menandakan Oppo Reno7 5G dapat bekerja optimal meski membuka banyak aplikasi bersamaan.

Baterai Awet dan Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang membuat Oppo Reno7 5G istimewa adalah hadirnya kapasitas daya besar 4.500 mAh yang awet dan tahan lama. Ia didukung oleh kemampuan fast charge SuperVOOC yang berdaya maksimum 65W dengan klaim dapat mengisi ulang penuh hanya dalam waktu 31 menit saja. Cocok nih untuk kalian yang memiliki mobilitas tinggi.

Konektivitas Lengkap

Salah satu kelebihan yang membuat Oppo Reno7 5G semakin disukai adalah hadirnya konektivitas yang lengkap. Mulai dari fitur NFC, jack audio 3.5 mm yang jarang tersedia di segmennya, hingga sensor sidik jari dalam layar yang sangat efisien.

Kekurangan Oppo Reno7 5G

Meskipun Oppo telah berupaya menghadirkan keunggulan pada Oppo Reno7 5G, tentu saja masih ada beberapa hal yang luput sehingga menjadi kekurangannya. Mari membahas beberapa kekurangan yang wajib kalian pertimbangkan kembali.

Refresh Rate 90Hz

Saat ini rasanya sulit bersaing bagi Oppo Reno7 5G di pasar kelas menengah karena dengan harga banderolnya yang mencapai 7 jutaan kalian hanya akan mendapatkan kecepatan refresh layar 90Hz saja. Padahal, banyak kompetitornya yang menyuguhkan refresh rate hingga 120Hz dan touch sampling rate lebih dari 180Hz.

Mono Speaker

Jika kalian mendambakan output suara yang jelas dan nyaman dengan merogoh kocek 7 jutaan, maka Oppo Reno7 5G bukan pilihan yang worth it to buy karena Oppo hanya membekalinya dengan speaker mono saja. Apakah kekurangan ini bisa ditoleransi bagi kalian?

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno7 5G yang wajib diketahui. Terlepas dari dua kekurangan tersebut, keunggulan Oppo Reno7 5G tetap menjadikannya affordable untuk kalian yang punya hobi fotografi dan menyukai smartphone berdesain cantik.