Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno7

Oppo Reno7 dikenal pula sebagai penerus dari Oppo Reno6 dengan spesifikasi yang lebih ditingkatkan. Dibanderol dengan harga 5 jutaan, salah satu anggota Reno 7 Series ini tidak kalah menarik meski belum mendukung jaringan 5G seperti saudaranya.

Oppo Reno7
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno7
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 6.43 inci AMOLED 90Hz
  • Chipset Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 2 MP (microscope), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 33W
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno7 dan Harganya
Penasaran? Yuk, simak beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo Reno7 berikut ini.

Kelebihan Oppo Reno7

Perangkat ini cukup ikonik karena membawa desain khas diimbangi dengan spesifikasi unggul. Apalagi bagi kalian yang menginginkan smartphone baru berdesain kekinian, Oppo Reno7 cocok dijadikan pilihan. Namun tentu saja Oppo Reno7 membawa kelebihan masih banyak lagi.

Sensor Kamera Unggul

Oppo Reno7 membanggakan kombinasi setup kamera yang unggul di kelasnya. Sejak pertama kali muncul, sensor Sony IMX709 RGBW di bagian depan sudah menarik perhatian pencinta smartphone. Dengan resolusi 32MP, sensor ini dikatakan bisa membantu penggunanya untuk memperoleh cahaya lebih banyak hingga 60% yang berarti menghasilkan jepretan lebih solid meski minim cahaya.

Untuk kamera di punggungnya Oppo Reno7 menawarkan kamera utama 64MP yang didampingi oleh sensor depth 2MP dan kamera makro 2MP. Selain dukungan EIS, kalian juga dapat mengandalkan segudang fitur yang tersedia mulai dari AI Color Portrait hingga Dual-view video.

Desain Stylish

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Oppo Reno7 merupakan salah satu ponsel terkini yang membawa desain eye-catching. Oppo menyuguhkan finishing tekstur premium yang membuatnya tidak rentan terhadap goresan atau pun sidik jari.

Menariknya, Oppo Reno7 menawarkan varian Sunset Orange yang beda dari pendahulu maupun sudaranya yang sangat diminati karena memiliki desain fiberglass-leather. Jika kurang menyukai warna ini, kalian dapat memilih varian Cosmic Black yang lebih neutral.

Selain itu ada kabar baik bagi yang menyukai smartphone ultra-slim karena Oppo Reno7 secara keseluruhan memiliki bobot sangat ringan, yakni 175 gram saja. Ketebalannya pun tergolong tipis berkisar 7.59 mm sehingga sangat mudah digunakan dan dibawa kemana-mana.

Layar AMOLED Full HD Plus

Keunggulan selanjutnya yang wajib dijajal pada Oppo Reno7 adalah layar berkualitas karena sudah mengusung resolusi Full HD Plus. Ya, Oppo Reno7 menggunakan panel AMOLED berukuran 6.43 inci yang tidak kalah dari para pesaingnya. Kecepatan refresh yang disertakan Oppo pada perangkat ini mencapai angka 90 Hz dengan dukungan sensor fingerprint in-display. Tak perlu ragu dengan ketahanannya karena Oppo sudah melapisi layar ponsel ini dengan Corning Gorilla Glass 5.

Baterai Awet Didukung Fast Charge

Salah satu pertimbangan penting dalam memilih smartphone adalah kapasitas daya. Karena Oppo sangat mengerti akan hal ini, maka Oppo Reno7 dibekali dengan kapasitas daya besar hingga 4.500 mAh yang akan menemani aktivitas seharian penuh. Ia didukung oleh teknologi fast charge hingga 33W yang disebut Oppo dengan SuperVOOC untuk mengisi ulang daya full battery dalam waktu kurang lebih 1 jam saja.

Kapasitas Penyimpanan Lega

Oppo Reno7 memiliki satu variasi penyimpanan saja yang cukup lega, yakni perpaduan antara RAM 8GB dan memori internal 256GB. Ukuran storage ini masih bisa diperluas karena Oppo Reno7 merupakan salah satu ponsel jagoan Oppo yang mempunyai dukungan RAM ekstensi hingga 5GB dan menyediakan slot microSD dengan daya tampung maksimum 1TB. Menarik bukan?

Mendukung Fitur NFC

Nah, kalau kelebihan yang satu ini sih sepertinya sudah wajib ada dalam setiap smartphone mid-range masa kini karena sangat efisien dan mudah. Jangan khawatir soal transfer data, cek saldo, dan aktivitas digital lainnya yang memerlukan NFC karena Oppo Reno7 sudah bisa kalian andalkan.

Kekurangan Oppo Reno7

Sebelum merogoh kocek 5 jutaan untuk memboyong ponsel ini pulang, ada baiknya pertimbangkan beberapa kekurangan Oppo Reno7 berikut.

Chipset Kalah Saing

Oppo Reno7 diotaki oleh Snapdragon 680 yang secara teknis memang cukup luwes dalam hal performa. Namun jika mengingat harga jualnya, Oppo Reno7 sudah kalah saing dengan kompetitornya yang ditenagai oleh chipset lebih efisien dan gesit seperti saudaranya Reno7 Z 5G yang ditenagai oleh Snapdragon 695 5G atau bahkan Xiaomi T11 yang diotaki MediaTek Dimensity 1.200 Ultra.

Kamera Ultra-wide Absen

Meski salah satu sorotan utama Oppo Reno7 ada pada sektor fotografi, ternyata perangkat ini tidak sepenuhnya mendukung kinerja pemotretan yang maksimal karena absennya lensa utrawide. Kalian tidak bisa mengabadikan momen berharga dengan jarak pandang yang lebar jika tetap memilih Oppo Reno7.

Tidak Memiliki Speaker Stereo

Bagi sebagian pengguna smartphone, speaker mono di ponsel daily driver agak kurang ‘nendang’ karena output suaranya kurang maksimal. Oppo Reno7 tidak bisa memberikan kualitas suara yang lantang dan jernih dari speaker stereo karena Oppo hanya membekalinya dengan mono speaker saja.

Demikian infprmasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno7. Semoga informasi ini dapat membantu kalian menentukan pilihan dalam memilih smartphone baru di tahun ini ya.