Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno7 Z 5G

Salah satu anggota dalam seri Reno7 tahun ini adalah Oppo Reno7 Z 5G yang dibanderol dengan harga 6 jutaan. Mewarisi desain panel belakang Oppo Glow yang menawan, tidak butuh waktu lama bagi Oppo Reno7 Z 5G untuk menarik perhatian pengguna Android.

Oppo Reno7 Z 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno7 Z 5G
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 6.43 inci OLED
  • Chipset Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 619
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 33W
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno7 Z 5G dan Harganya
Namun jangan dulu buru-buru memboyong Oppo Reno7 Z 5G pulang. Ketahui kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Oppo Reno7 Z 5G

Ponsel yang satu ini punya harga jual yang lebih murah dari Reno7 5G. Meskipun begitu, kelebihannya juga tidak kalah saing lho!

Desain Stylish

Oppo Reno7 Z 5G menyuguhkan gradasi dan kesan unik dari segi tampilannya. Masih ingat dengan desain Oppo Glow? Nah, Reno7 Z 5G menjadi salah satu ponsel andalan Oppo yang menggunakan kesan estetik dual orbit light berpadu dengan frame kotak dan ujung melengkung. Oppo menjamin kenyamanan ergonomis untuk kalian yang menyukai smartphone kekinian.

Secara keseluruhan, Oppo Reno7 Z 5G memiliki bobot 173 gram dan ketebalan hanya 7.55 mm saja. Bukan hanya bodinya yang slim, Oppo Reno7 Z 5G juga disebut-sebut sebagai ponsel pertama yang punya sertifikasi TUV SUD 36-Month Fluency dengan predikat A. Sangat menarik, ya?

Jeroan Luwes

Oppo Reno7 Z 5G diotaki salah satu SoC 5G kebut dari Qualcomm, yakni Snapdragon 695 5G. Chipset ini punya CPU Octa-core yang berkecepatan hingga 2.2 GHz dan berpadu dengan GPU Adreno 619 untuk proses grafis tanpa kendala. Performanya diklaim unggul di kelas menengah karena Oppo Reno7 Z 5G didukung pula oleh kapasitas penyimpanan yang lega.

Dari perangkat ini, kalian akan mendapatkan RAM lega berkapasiras 8GB yang memiliki fitur RAM Extended hingga 5GB. Kalian bisa menjalankan multitasking tanpa hambatan karena memori internalnya pun cukup besar, yakni 128GB. Jika masih kurang, terdapat slot microSD yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1TB.

Setup Kamera Bersaing

Jajaran Oppo Reno7 kali ini mengunggulkan sensor kamera yang mendukung hobi fotografi. Pada Reno7 Z 5G, Oppo menyematkan kombinasi triple kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 64MP dan dua buah kamera pendamping berupa sensor depth dan makro beresolusi 2MP. Untuk keperluan selfie dan video call kalian dapat mengandalkan sensor kamera belakang yang memiliki resolusi 16MP.

Oppo Reno7 Z 5G memiliki keunggulan teknologi baru OSIE atau Oppo Screen Image Engine yang berfungsi menghasilkan video tanpa resolusi pecah. Selain itu, kalian dapat menjajal Ultra Steady Video 3.0 yang akan meredam goncangan ketika merekam video.

Baterai Awet dengan Teknologi SuperVOOC

Oppo Reno7 Z 5G tak lupa menyuguhkan baterai berkapasitas besar hingga 4.500 mAh. Dengan ukuran daya tersebut, perangkat ini bisa kalian andalkan sebagai daily driver yang bertahan seharian penuh. Oppo juga membekalinya dengan teknologi pengisi daya SuperVOOC hingga 33W sehingga bisa mengisi ulang dalam durasi sekitar 60 menit saja.

Layar AMOLED Cerah

Seperti ponsel mid-range lainnya, Oppo Reno7 Z 5G juga mengusung tampilan Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dari panel AMOLED. Kerapatan piksel displaynya mencapai 410 piksel per inci (ppi) sehingga kalian tidak perlu ragu dengan kualitas visualisasinya. Layar AMOLED Oppo Reno7 Z 5G juga diklaim sudah memiliki dukungan sRGB 100% dengan kecerahan maksimal 800 nits.

Kekurangan Oppo Reno7 Z 5G

Setelah membahas kelebihannya, mari ketahui lebih jauh apakah kekurangan Oppo Reno7 Z 5G bisa kalian toleransi. Beberapa kekurangannya yakni sebagai berikut.

Refresh Rate Kalah Saing

Jangan terlena dengan panel AMOLED cerah yang digunakan Oppo Reno7 Z 5G. Pasalnya, Oppo tidak membekali ponsel ini dengan kecepatan refresh rate tinggi seperti saudaranya dan kompetitornya. Oleh sebab itu Oppo Reno7 Z 5G yang hanya memiliki refresh rate 60Hz sudah kalah saing dengan ponsel lain di harga serupa yang mengusung kecepatan refresh antara 90Hz hingga 120Hz.

Lensa Ultra-wide Absen

Lagi-lagi Oppo luput menyertakan lensa ultrawide pada ponsel jagoannya. Setup triple kamera Oppo Reno7 Z 5G tidak dibekali dengan kamera ultrawide sehingga kalian belum bisa memotret objek dengan jarak pandang lebar menggunakan perangkat ini.

Tidak Ada Speaker Stereo

Sangat disayangkan Oppo hanya menyertakan speaker tunggal pada Oppo Reno7 Z 5G mengingat harganya yang tergolong pricey di kelas mid-range. Padahal telah banyak pilihan smartphone lain jika kalian menginginkan opsi ponsel terkini yang sudah memiliki speaker stereo. Sebagai penawarnya, Oppo Reno7 Z 5G masih menyediakan audio jack 3.5 mm yang saat ini sudah jarang disertakan.

Itulah kelebihan dan kekurangan Oppo Reno7 Z 5G yang tidak boleh lupa untuk dipertimbangkan terlebih dahulu. Jika kalian menyukai ponsel cantik yang memiliki bodi tipis dan ringan, maka Oppo Reno7 Z 5G sangat worth it to buy.