Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 9

Realme 9 resmi menjadi anggota baru Realme 9 series pada April 2022 lalu. Ia menambah daftar panjang smartphone terjangkau yang cocok untuk menemani aktivitas seharian penuh. Jangan remehkan performanya meski Realme 9 tidak memiliki dukungan jaringan 5G seperti saudaranya.

Realme 9
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme 9
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.4 inci Super AMOLED 90Hz
  • Chipset Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 3.000.000 - 3.600.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 9 dan Harganya
Kenali lebih jauh serba-serbi Realme 9 dalam rangkuman kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Realme 9

Sebagai salah satu jagoan Realme tahun ini, Realme 9 menyuguhkan kelebihan dari beberapa sisi yang menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya. Penasaran? Yuk, simak kelebihan Realme 9 yang menawan.

Layar Super AMOLED Full HD Plus

Saat ini smartphone dengan panel AMOLED tentu menjadi pilihan yang worth it. Apalagi bagi yang gemar menatap layar ponsel dalam waktu yang lama, visualisasi dari layar AMOLED sangat menyenangkan untuk dilihat. Realme 9 siap memanjakan mata dengan layar Super AMOLED 6.4 inci yang sudah memiliki resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel).

Tak ingin kalah saing di kelasnya, Realme 9 mengusung refresh rate 90Hz dan touch sampling rate hinggs 360Hz pada displaynya. Secara teknis, tentu perpaduan keduanya membuat navigasi dan scrolling layar menjadi lebih smooth. Realme pun tidak lupa melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 5.

Menariknya lagi, Realme 9 juga memiliki sensor sidik jari in-display sehingga sangat efisien untuk kalian yang anti ribet.

Menjamin Performa Lancar

Perangkat ini diotaki chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 680 yang dibangun dengan proses fabrikasi 6 nanometer. SoC hemat daya dan bertenaga ini memiliki CPU Octa-core dengan kecepatan maksimum di angka 2.4 GHz.

Realme mendukung kinerja jeroannya dengan kapasitas penyimpanan besar. Di Indonesia, Realme 9 tersedia dalam varian RAM 6/8 GB yang dipasangkan bersama memori internal 128 GB. Jangan khawatir kehabisan ruang penyimpanan karena perangkat ini memiliki fitur pendukungan Dynamic RAM Expansion hingga 5 GB.

Kemampuan Kamera Sip

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh Realme 9 ada pada sektor fotografi. Di punggungnya tersemat susunan triple kamera yang mencakup sensor utama 108MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Resolusi kamera utamanya menjadikan Realme 9 mendukung teknologi pixel binning 9-in-1 sehingga hasil jepretan pun lebih solid. Sementara untuk swafoto dan video call, Realme 9 dibekali kamera depan dengan resolusi 16MP.

Baterai Besar

Performa yang oke pada sebuah smartphone tentu belum lengkap tanpa kehadiran kapasitas daya yang mendukung. Oleh sebab itu Realme 9 hadir dengan daya 5.000 mAh yang bisa bertahan seharian sebagai daily driver. Karena sudah didukung teknologi fast charge 33W, Realme 9 diklaim dapat diisi ulang hanya dalam waktu kurang lebih 70 menit saja.

Sistem Operasi Terbaru

Kelebihan Realme 9 selanjutnya yang patut diapresiasi adalah hadirnya sistem operasi Android 12 terbaru. Padahal, saudaranya versi 5G masih menggunakan Android 11 saat diluncurkan lho. Selain itu, perangkat ini menggunakan user interface Realme UI 3.0 yang punya tata letak lebih menarik.

Desain Ramping dan Kekinian

Realme 9 mengusung desain yang sangat eye-catching. Pasalnya, Realme kali ini menyertakan desain Ripple Holographic dari perpaudab proses UV-nano dengan atom plasma sehingga panel belakang Realme 9 memiliki efek visual yang tidak biasa seperti gelombang. Realme 9 mencatatkan bobot di angka 178 gram saja dengan ketebalan tidak mencapai angka 8 mm. Sangat menarik, bukan?

Kekurangan Realme 9

Selain kelebihannya yang memikat, ternyata Realme 9 masih menyimpan beberapa kekurangan yang wajib kalian pertimbangkan. Apa saja kekurangan ponsel yang sudah cukup menarik ini? Berikut informasi selengkapnya.

Speaker Masih Mono

Saat para kompetitornya bersaing menghadirkan speaker stereo yang memiliki suara lebih jernih, Realme 9 justru masih dengan speaker tunggalnya. Hal ini tentu saja mempengaruhi minat beli calon pengguna apalagi para gamers yang menginginkan output suara lebih oke saat bermain game. Untuk mengobati kekecewaan kalian, Realme 9 masih menyediakan konektivitas audio jack 3.5 mm yang sekarang sudah jarang ditemukan pada smartphone anyar.

Tidak Memiliki Fitur NFC

Hadirnya fitur NFC pada smartphone kelas menengah dapat disebut sebagai sebuah keharusan. Namun sangat disayangkan budget 3 juta yang akan kalian keluarkan untuk mendapatkan Realme 9 tidak sesuai ekspektasi jika menginginkan hadirnya fitur NFC pada perangkat ini. Padahal dengan harga yang sama atau bahkan lebih murah, banyak smartphone yang sudah menyediakan fitur NFC.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 9 yang sudah kami rangkum untuk kalian. Jika tidak terpaku pada predikat ponsel gaming, maka ponsel yang satu ini sangat affordable untuk dipilih sebagai daily driver terbaru kalian tahun ini. Performa gesit serta kapasitas daya besarnya bisa diandalkan untuk menemani aktivitas sehari-hari dengan nyaman.