Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

Lini M Series dari Samsung termasuk dalam jajaran smartphone unggul laris manis. Mulai dari entry-level hingga mid-range, kalian dapat menentukan pilihan sesuai kebutuhan. Pada April 2022 lalu misalnya, Samsung meluncurkan Galaxy M23 5G yang menjadi penerus dari Galaxy M22.

Samsung Galaxy M23 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.6 inci TFT LCD 120Hz
  • Chipset Snapdragon 750G 5G (8 nm)
  • GPU Adreno 619
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 3.700.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G dan Harganya
Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya? Simak informasi lengkap mengenai Samsung Galaxy M23 5G berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy M23 5G

Tentu saja Galaxy M23 5G tidak serta merta mengunggulkan dukungan jaringan terdepannya saja. Ada beberapa poin berupa kelebihan yang akan ditemui pada Galaxy M23 5G, yakni sebagai berikut.

Desain Tipis

Smartphone 5G yang satu ini mengusung desain flat tipis khas ponsel kekinian. Tampilannya terlihat stylish karena mengingatkan pada desain S10 Series dan Galaxy M52 5G dengan modul kamera yang disusun dalam bingkai persegi panjang pada bagian punggung. Karena itulah tidak heran Galaxy M23 5G terlihat premium dengan membawa ketebalan hanya 8.4 mm saja. Samsung menyediakan tiga varian warna fresh, yakni Light Blue, Deep Green, dan Orange Chopper.

Refresh Rate 120 Hz

Kelebihan selanjutnya datang pada sektor layar yang menawarkan high refresh rate hingga 120 Hz. Berada di range harga 3 jutaan, tentu saja kehadiran kecepatan refresh ini membuat Galaxy M23 5G terlihat unggul. Apalagi resolusi layarnya sudah Full HD Plus (1080 x 2408 piksel) dengan kepadatan piksel hingga 400 ppi. Secara praktis, visualisasi dan responsibilitas layar Galaxy M23 5G tidak perlu diragukan lagi.

Tidak tanggung-tanggung, Galaxy M23 5G juga mengantongi sertifikasi Widevine L1 sehingga kalian dapat menikmati film favorit dari platform Netflix dengan resolusi Full HD. Lantas, bagaimana dengan ketahanan layar? Tenang, Samsung sudah melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 5 kok.

Jeroan Powerful

Salah satu sorotan dari Galaxy M23 5G adalah dapur pacunya. Perangkat ini diotaki oleh Snapdragon 750G dari Qualcomm yang dikenal memberi performa juara. SoC 5G ini memiliki CPU Octa-core dengan clock speed hingga 2.2 GHz melalui proses fabrikasi 8 nanometer. Laju kinerjanya diklaim dapat menangani game dengan baik atau tugas berat yang semakin membuat Galaxy M23 5G cocok dijadikan daily driver.

Samsung memadukan chipset kebut tersebut dengan RAM hingga 6 GB yang dipasangkan bersama memori internal sebesar 128 GB. Jangan risau jika membutuhkan kapasitas tambahan karena ponsel ini mendukung fitur RAM Plus hingga 6 GB dan slot microSD hingga 1 TB.

Triple Kamera

Bagi yang hobi memotret, Galaxy M23 5G sudah pasti memikat. Pasalnya, ada setup triple kamera di bagian punggungnya yang terdiri dari sensor utama 50 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Sementara pada notch panel depannya, Samsung menyematkan kamera selfie dengan resolusi standar di kelasnya, yakni 8 MP.

Melalui kamera utama, kalian dapat merekam video beresolusi tinggi karena menurut klaimnya Galaxy M23 5G punya kemampuan video recording hingga resolusi 4K pada 30 frame per detik. Tidak hanya itu saja, kalian pun dapat mengandalkan berbagai fitur menarik termasuk Ultra Steady Video pada ponsel ini.

Baterai Besar

Galaxy M23 5G mengemas daya berkapasitas 5.000 mAh yang awet dan tahan lama bahkan hingga 2 hari lamanya. Untuk mengisi ulang, Samsung memberi dukungan teknologi fast charging hingga 25W pada perangkat ini.

Konektivitas Lengkap

Siapa nih yang sangat memperhatikan kelengkapan konektivitas sebelum mengganti smartphone? Kabar baiknya, Galaxy M23 5G membawa segudang konektivitas yang lengkap mulai dari NFC, jaringan 5G, bahkan jack audio 3.5mm yang tidak absen. Selain itu, hadir pula komponen sensor lengkap mulai dari akselerometer hingga giroskop.

Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

Tidak afdol rasanya membicarakan kelebihan tanpa mengungkap apa saja kekurangan Galaxy M23 5G. Oleh sebab itu, mari membahas mengenai kekurangan yang dibawa oleh perangkat ini selengkapnya.

Paket Penjualan

Untuk mendukung campaign ramah lingkungan bebas sampah elektronik dan menekan harga banderiol, Samsung tidak menyertakan kepala charger dalam paket penjualan Galaxy M23 5G. Kalian harus membelinya secara terpisah atau menggunakan kepala charger smartphone lama jika tidak ingin menambah biaya pengeluaran.

Bodi Berat Tanpa IP Rating

Meski tergolong ramping, ternyata Galaxy M23 5G pun masuk dalam jajaran smartphone berbobot mendekati 200 gram. Ya, secara keseluruhan ponsel yang satu ini membawa bobot 198 gram sehingga tidak akan nyaman apabila digunakan menggunakan satu genggaman saja. Selain itu, Samsung pun enggan menyertakan IP Rating pada Galaxy M23 5G yang artinya kalian harus ekstra hati-hati terhadap debu atau percikan air.

Overall, Galaxy M23 5G memang menawan. Jika tidak keberatan dengan absennya paket penjualan dan bodi yang relatif berat, ponsel yang satu ini tetap worth it to buy.