Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C31

Salah satu jagoan Realme yang diperkenalkan pada kuartal pertama 2022 adalah Realme C31. Hanya dijual di titik harga 1 jutaan, bukan hal mustahil bagi perangkat ini untuk menggaet minat pengguna setia Android entry-level.

Realme C31
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C31
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset Unisoc Tiger T612 (12 nm)
  • GPU Mali-G57
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 3/32 GB, 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (macro), 0.3 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.550.000 - 1.750.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C31 dan Harganya
Lantas, apa saja highlight Realme C31 yang menjadikannya sangat menarik dan bagaimana dengan kekurangan yang tersembunyi dari perangkat ini? Mari membahasnya bersama-sama dalam tulisan ini.

Kelebihan Realme C31

Salah satu point selling dari Realme C31 adalah performanya yang unggul. Namun, lebih dari itu, Realme C31 membawa beberapa kelebihan berikut ini.

Layar Berukuran Lebar

Tak dapat dipungkiri, kehadiran layar besar pada sebuah smartphone memang menentukan minat beli calon konsumen. Seiring dengan perkembangan teknologi, para vendor smartphone bersaing untuk menyuguhkan spesifikasi layar mumpuni yang bisa memanjakan mata penggunanya. Dari perangkat ini, kalian akan mendapatkan panel IPS LCD berukuran 6.5 inci.

Layar tersebut memang masih beresolusi HD Plus saja (720 x 1600 piksel). Namun karena harga banderolnya sangat ramah di kantong, hal ini bukan masalah. Apalagi rasio layar ke bodi yang dimiliki Realme C31 cukup besar, yakni 88.7 %. Kalian tetap akan memperoleh resposibiltas sentuhan yang oke karena Realme C31 dibekali touch sampling rate hingga 120 Hz.

Desain Stylish

Siapa nih penggemar smartphone stylish? Realme C31 cocok dengan selera kalian karena desain yang dihadirkan oleh Realme tidak tanggung. Sejak pertama diluncurkan, desain perangkat ini sudah terlihat menggoda dengan panel belakang bersih dan modul kamera yang ‘dibingkai’ seperti etalase kaca.

Menariknya lagi, siapa sangka bahwa Realme C31 ternyata sudah memiliki sertifikasi TUV Rheinland sebagai bukti komitmen Realme untuk menjaga kualitas ponselnya. Selain itu, Realme C31 menawarkan sensor sidik jari yang diletakkan di samping ponsel atau menyatu dengan tombol power sehingga sangat praktis digunakan.

Chipset Bertenaga di Kelasnya

Beralih ke kelebihan selanjutnya, Realme C31 ditenagai oleh chipset bertenaga di kelasnya. Kali ini Realme memilih untuk menggunakan Unisoc Tiger T612 yang jelas membawa performa kuat sekaligus bisa diandalkan untuk bermain game.

Soal multitasking, Realme C31 dapat menangani tugas harian dengan lancar karena memiliki CPU Octa-core dengan clock speed hingga 1.8 GHz. SoC 4G yang satu ini juga memiliki komponen pengolah grafis Mali-G57 dan tiga inti ISP yang dibangun atas proses fabrikasi 12 nanometer. Siap berselancar dengan Realme C31?

Penyimpanan Lega

Sayang rasanya jika kalian melewatkan penyimpanan lega pada Realme C31. Di Indonesia, ponsel yang satu ini hadir dalam dua variasi konfigurasi penyimpanan. Kalian bisa memilih salah satu di antara dua kombinasi penyimpanan, yakni RAM 3/4 GB dan memori internal 32/64 GB. Keduanya sama-sama bisa kalian boyong dengan harga di bawah 2 juta kok. Menarik bukan?

Selain itu, perangkat ini membawa 3 slot kartu yang bisa digunakan untuk dual SIM sekaligus ekspansi eksternal microSD dengan daya tampung maksimal 1 TB.

Daya Baterai Awet dan Tahan Lama

Realme C31 pun enggan kalah saing dengan para rivalnya dengan menawarkan data baterai besar dan tahan lama. Realme membenamkan kapasitas daya 5.000 mAh yang dapat menemani aktivitas kalian seharian penuh. Screen on time yang dimiliki Realme C31 pun tergolong tinggi karena resolusi layarnya hanya HD Plus saja. Realme pun menyertakan mode hemat daya yang memungkinkan perangkat untuk melakukan panggilan telepon selama 4 jam dan membuka WhatsApp selama 1 jam meski baterai yang tersisa hanya 5 % saja.

Punya Side-fingerprint

Kelebihan Realme C31 yang juga sayang untuk dilewatkan adalah hadirnya sidik jari di samping. Padahal, Realme hanya membanderol ponsel ini di harga 1 jutaan saja. Jika dibandingkan dengan para rivalnya, masih banyak yang hanya mengandalkan sidik jari di bagian punggung yang rentan terhadap kotoran dan kuran responsif.

Kekurangan Realme C31

Meskipun Realme C31 menawarkan spesifikasi cukup menggoda di kelasnya, ada beberapa hal yang membuatnya masih kurang baik. Mari simak beberapa kekurangan Realme C31 berikut ini.

Masih Menggunakan microUSB

Ya, kalian tidak salah baca. Perangkat ini masih menggunakan microUSB sebagai port charger sehingga belum maksimal untuk mempersingkat durasi pengisian daya. Realme pun hanya menyediakan paket charger dengan arus 10W yang belum didukung oleh teknologi fast charging.

Sensor Kamera Tidak Menarik

Kekurangan Realme C31 selanjutnya ada pada sektor sensor optik. Persaingan setup kamera menawan tidak bisa dimenangkan oleh perangkat ini karena kalian hanya akan mendapatkan kamera selfie 5MP dan triple kamera belakang yang sangat standar. Kombinasinya terdiri dari kamera utama 13MP, lensa potret monokrom, dan lensa makro.

Secara keseluruhan, Realme C31 memang termasuk ponsel yang mumpuni jika kalian mencari smartphone kekinian dengan performa andal. Nah, setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, apakah masih ingin memilih perangkat ini?