Review Kelebihan dan Kekurangan Poco M4 Pro

Selain versi 5G, Xiaomi juga menghadirkan Poco M4 Pro regular yang belum mendukung jaringan 5G alias masih hanya sebatas 4G LTE saja. Namun meskipun begitu Poco M4 Pro tetap membawa spesifikasi yang menjanjikan dengan harga banderol yang sangat bersahabat dengan kantong, yakni 2 jutaan saja.

Poco M4 Pro
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Poco M4 Pro
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 6.43 inci AMOLED 90Hz
  • Chipset Mediatek Helio G96 (12 nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.900.000 - 3.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Poco M4 Pro dan Harganya
Beberapa kelebihan dan kekurangan yang ditawarkannya adalah sebagai berikut.

Kelebihan Poco M4 Pro

Poco adalah salah satu lini dari Xiaomi yang kerap membawa segudang kelebihan menggiurkan. Jika kalian sedang mencari smartphone gaming lengkap dengan komponen pendukung, maka beberapa kelebihan Poco M4 Pro berikut ini pasti sangat menarik perhatian.

Diotaki Chipset Gaming

Kelebihan pertama yang membuat Poco M4 Pro menggaet minat para gamers adalah dapur pacunya yang ternyata diotaki chipset gaming besutan MediaTek, yakni Helio G96. Dengan proses fabrikasi 12 nanometer, SoC ini membawa CPU Octa-core yang berkecepatan maksimum 2.05 GHz dari 2-core Cortex A76 dan 6-core berkecepatan 2 GHz dari Cortex A55 hemat energi.

Karena chipset ini, Poco M4 Pro dapat kalian andalkan untuk membuka banyak aplikasi alias multitasking serta menjalankan tugas ringan atau pun sedang. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kartu grafis Mali-G57 yang menangani proses grafis dengan baik.

Baterai Awet dengan Fast Charge

Salah satu keunggulan yang menjadikan Poco M4 Pro terasa istimewa adalah hadirnya baterai awet dan tahan lama yang lengkap dengan dukungan teknologi fast charge. Ya, ponsel yang satu ini mengemas daya berkapasitas 5.000 mAh yang tentu saja siap menemani kalian seharian. Untuk mengisi ulangnya, Xiaomi menyertakan fast charging hingga 33W pada perangkat ini agar tidak perlu menunggu lama ketika mengisi ulang daya.

Memiliki RAM Expansion

Meski dibanderol 2 jutaan saja, Xiaomi tidak ragu membekali Poco M4 Pro dengan dukungan fitur terkini termasuk ekspansi RAM. Pada jeroan ponsel ini tersedia kombinasi yang apik dari kapasitas RAM 8 GB yang bisa diperluas dengan RAM Expansion hingga 3 GB untuk performa yang lebih gesit. Sementara kapitas memori internal yang disediakan oleh Poco M4 Pro adalah 256 GB yang tergolong besar di kelasnya.

Masih kurang? Tenang, Poco M4 Pro menyediakan opsi ekspansi microSD sehingga kalian tidak perlu risau ketika membutuhkan ruang lebih.

Layar AMOLED 90Hz

Keunggulan selanjutnya yang bisa dipertimbangkan adalah kualitas layar AMOLED berukuran 6.43 inci yang dimiliki oleh Poco M4 Pro. Tidak tanggung-tanggung, display ini membawa refresh rate 90Hz yang mulus dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dan kepadatan piksel hingga 409 ppi.

Spesifikasi layar Poco M4 Pro patut diacungi jempol di kelasnya karena sudah diberi lapisan proteksi Gorilla Glass 3 dari Corning agar tidak rentan terhadap goresan atau retakan. Bahkan menurut klaimnya, bodi Poco M4 Pro sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang berarti tahan cipratan air dan debu.

Speaker Stereo

Masih belum yakin dengan keunggulan di atas? Bagaimana dengan hadirnya speaker stereo pada Poco M4 Pro? Dijamin output suara yang akan kalian dapatkan sangat nendang dan jernih karena Xiaomi menyematkan dual speaker ini pada bagian bawah dan atas perangkat. Bagi para pemain game dan suka menonton film, tentu speaker stereo merupakan keunggulan yang sering dipertimbangkan.

Mendukung NFC dan IR Blaster

Poco M4 Pro tidak ingin kalah saing dalam hal dukungan sensor dan konektivitas. Oleh sebab itu ia menyuguhkan dukungan fitur NFC yang sangat efisien untuk keperluan transaksi tanpa sentuh. Selain itu, ponsel yang satu ini juga memiliki sensor IR Blaster sehingga kalian bisa menyalakan dan mematikan perangkat elektronik di rumah dengan mudah.

Kamera Unggul

Kelebihan Poco M4 Pro yang sayang untuk dilewatkan adalah setup kamera lengkap yang terdiri dari sensor utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Sementara untuk kamera selfie-nya Poco M4 Pro menyediakan kamera depan beresolusi 16MP.

Kekurangan Poco M4 Pro

Di antara banyaknya kelebihan yang disajikan oleh Poco M4 Pro, jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa kekurangannya berikut ini.

Layar Belum Mendukung HDR

Meski spesifikasi display Poco M4 Pro dapat dikatakan sangat baik, namun kalian yang mendambakan sertifikasi HDR untuk pemutaran konten yang lebih memuaskan tidak akan bisa mendapatkannya dari ponsel ini karena absennya dukungan HDR. Apakah hal tersebut bisa dimaklumi untuk kalian?

Kemampuan Video Recording Belum 4K

Baik kamera depan maupun belakang Poco M4 Pro memiliki kemampuan video recording hingga resolusi 1080 piksel apda 30 fps. Oleh sebab itu ponsel ini kurang cocok untuk yang hobi membuat konten sosial media berupa video karena hasilnya akan kurang memuaskan.

Itulah kelebihan dan kekurangan Poco M4 Pro yang bisa kalian boyong berbekal budget mulai dari 2 jutaan saja. Secara keseluruhan, keunggulan Poco M4 Pro bisa mengalahkan hadirnya beberapa poin minus sehingga tetap menjadikan perangkat ini worth it to buy.