Review Kelebihan dan Kekurangan Poco M5s

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Poco M5s
Poco M5s hadir bersamaan dengan Poco M5 pada kuartal terakhir 2022 lalu. Bersaing di kelas mid-range, jangan heran dengan spesifikasinya yang mumpuni di berbagai sektor.

HP Poco
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Poco M5s
  • Rilis November 2022
  • Layar 6.43 inci AMOLED
  • Chipset Mediatek Helio G95 (12 nm)
  • GPU Mali-G76 MC4
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.300.000 - 2.600.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Poco M5s dan Harganya
Ponsel ini mengusung tagline “The Fun Magician” dengan menyasar para pengguna setia Android yang menginginkan spesifikasi unggul tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Tertarik untuk memboyong Poco M5s pulang? Mari kenali lebih dahulu kelebihan dan kekurangan ponsel dengan harga banderol tidak lebih dari Rp 2,5 juta berikut ini.

Kelebihan Poco M5s

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Poco M5s punya berbagai kelebihan di banyak sektor. Sebut saja bagian kamera, baterai badak, atau performa mantapnya. Semakin penasaran dengan produk ini? Berikut daftar kelebihan yang harus kalian ketahui.

Panel AMOLED Full HD Plus

Siapa nih penggemar layar AMOLED? Poco M5s siap memanjakan mata dengan visualisasi mantapnya lho. Pasalnya, display perangkat ini menggunakan panel AMOLED dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400) berukurna 6.43 inci. Layar yang disebut dengan Dot Display ini punya dukungan tingkat kecerahan yang baik hingga 450 nits yang berarti kalian tak akan menemui kendala saat menggunakannya di dalam maupun luar ruangan.

Kombinasi Kamera Mantap

Poco M5s menawarkan spesifikasi kamera unggul yang lebih menggiurkan dari saudaranya Poco M5 reguler. Meskipun sama-sama memiliki setup triple kamera belakang, Poco M5s membawa kamera utama beresolusi lebih besar, yakni 64 MP dengan kamera sekunder ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Untuk kamera depannya, kalian dapat mengandalkan sensor selfie 13 MP.

Poco menyertakan fitur-fitur andalannya termasuk Short Video, Time Lapse, Mode Pro, dan lainnya. Menariknya lagi, Poco M5s diklaim punya kemampuan rekaman vide hingga resolusi tinggi 4K pada kecepatan 30fps.

Dukungan Konektivitas Lengkap

Salah satu pertimbangan pengguna smartphone masa kini dalam memilih daily driver baru adalah kehadiran konektivitas dan sensor yang lengkap. Kabar baiknya, Poco M5s siap diandalkan di berbagai situasi dengan fitur yang lengkap mulai dari NFC, IR Blaster, sensor side fingerprint, hingga port audio 3.5mm headphone jack.

Baterai Awet dengan Fast Charging 33W

Kehadiran baterai besar yang awet dan tahan lama juga menjadi salah satu selling point yang sayang untuk dilewatkan. Dengan baterai 5.000 mAh, ponsel ini diklaim bisa bertahan hingga 19 jam lamanya untuk menonton video dan 11 jam untuk bermain game. Kalian dapat mengisi ulang baterai besar tersebut dengan kebut berkat dukungan fast charging 33 Watt untuk mengisi full battery dalam waktu kurang dari 60 menit.

Speaker Stereo

Poco M5s hadir dengan dual speaker stereo pada bagian bawah dan atas bodinya. Alhasil, suaranya akan sangat menyenangkan untuk bermain game atau pun menonton film.

Dapur Pacu Luwes

Belum cukup sampai di situ saja, Poco M5s siap dimaksimalkan kinerjanya dengan dapur pacu yang ditenagai oleh Helio G95, chip gaming dari MediaTek. Xiaomi menyertakan dukungan penyimpanan lega dengan RAM 4/64 GB beserta memori internal 64/128 GB.

Punya Sertifikasi IP53

Selain sektor display yang diberi proteksi Corning Gorilla Glass, siapa sangka ponsel Rp 2 jutaan ini telah mengantongi sertifikasi rating IP53 lho! Itu artinya, kalian bisa menggunakan Poco M5s dengan nyaman di mana saja dan kapan saja tanpa khawatir rusak karena debu atau cipratan air.

Kekurangan Poco M5s

Jangan dahulu terlena dengan kelebihan yang ditawarkan oleh Poco M5s. Beberapa kekurangannya berikut ini mungkin bisa jadi deal breaker untuk kalian.

Paket Penjualan Tidak Lengkap

Keputusan Poco untuk tidak menyertakan adaptor charger pada paket penjualan Poco M5s menjadi poin minus bagi sebagian orang. HP mid-range yang satu ini memang bisa diisi ulang dengan cepat melalui fast charging 33W. Namun kalian harus menyediakan sendiri adaptor daya atau terpaksa merogoh kocek kurang lebih Rp 200 ribuan untuk membelinya secara resmi.

Kecepatan Refresh Kalah Saing

Poco M5s harus rela kalah saing dari para rivalnya jika soal laju penyegaran layar. Display AMOLED yang disematkan pada perangkat ini tidak memiliki dukungan kecepatan refresh tinggi melainkan hanya mentok di 60 Hz saja. Dengan kata lain, aktivitas scrolling dan gaming dari perangkat ini rawan lag dan tidak semulus para kompetitornya yang sudah menawarkan setidaknya refresh rate 90 Hz. Apakah hal ini tidak menjadi masalah bagi kalian?

Itu dia kelebihan dan kekurangan Poco M5s yang wajib diketahui bagi siapa saja yang menjadikannya sebagai salah satu opsi pilihan smartphone baru tahun ini. Terlepas dari dua kekurangan di atas, kelebihan Poco M5s memang patut diacungi jempol. Overall, Poco M5s sangat wort it untuk pengguna yang menginginkan smartphone berfitur lengkap.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn