Review Kelebihan dan Kekurangan Poco C40

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Poco C40
Xiaomi tak henti-hentinya menghadirkan smartphone murah dengan spesifikasi menggoda. Salah satunya adalah sub-brand Poco yang mencoba memaksimalkan potensi pasar entry-level di Indonesia. Belum lama ini Xiaomi resmi meluncurkan Poco C Series pertama, yakni Poco C40.

HP Xiaomi
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Poco C40
  • Rilis September 2022
  • Layar 6.7 inci IPS LCD
  • Chipset JLQ JR510 (11 nm)
  • GPU Mali-G57 MC1
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 3/32 GB, 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 1.600.000 - 1.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Poco C40 dan Harganya
Daripada semakin penasaran dengan kelebihan dan kekurangannya, mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kelebihan Poco C40

Ponsel entry-level memiliki ciri khas fitur-fitur dasar yang mendukung tugas harian dengan mudah. Nah, bagaimana Poco C40 menawarkan kelebihannya untuk bisa mengungguli para rivalnya? Berikut sederet kelebihan yang akan kalian dapatkan.

Mengantongi Sertifikasi Rating IP52

Siapa sangka HP 1 jutaan yang satu ini sudah mengantongi sertifikasi rating IP52? Ya, Xiaomi berbaik hati membekali Poco C40 dengan build quality yang terjamin ketahanannya untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan hadirnya sertifikasi rating IP52, itu artinya Poco C40 masih aman meski digunakan ketika hujan ringan.

Layar Besar

Siapa nih pencinta layar smartphone besar? Poco C40 tentunya tidak ingin kalah saing mengikuti mode masa kini dengan rentang ukuran layar mencapai 6.71 inci. Sebagaimana perangkat level entri lainnya, Poco C40 masih menampilkan resolusi HD Plus (720 x 1650 piksel) yang cocok untuk visualisasi game atau konten streaming favorit.

Selain itu, Xiaomi telah melapisi display IPS LCD tersebut dengan kaca Corning Gorilla Glass sehingga tak perlu khawatir soal retakan halus atau goresan kecil. Layarnya menjamin kenyamanan pengguna dengan kecerahan maksimum 400 nits dan membawa Sunlight Mode agar kalian mudah menggunakannya saat di bawah sinar matahari atau outdoor.

Performa Dapat Diandalkan

Bukan MediaTek atau pun Qualcomm, pada sektor dapur pacu Poco C40 kalian akan menemukan chip JLQ JR510 yang memang masih asing di industri smartphone. Prosesor JR510 dari JLQ ini memiliki CPU Octa-core dengan empat inti ARM A55 berkecepatan 2 GHz dan empat inti ARM A55 dengan kecepatan 1.5 GHz.

Sementara untuk pengolah grafisnya tersemat GPU Mali G52 yang menjanjikan kinerja standar. Seluruh komponen chip tersebut dijalankan melalui proses fabrikasi 11 nanometer. Kendati bukan yang terbaik di kelasnya, dapur pacu Poco C40 bisa diandalkan untuk daily driver yang ringan.

Baterai Jumbo dan Fast Charging 18W

Tak diragukan lagi, sektor paling dicari dari Poco C40 adalah baterai jumbonya yang hadir dalam kapasitas 6.000 mAh. Dalam satu kali pengisian daya, perangkat ini dapat bertahan hingga 32 jam menelepon, 86 jam audio music, 20 jam pemutaran video, hingga 17 jam navigasi. Soal dukungan pengisi daya, Poco C40 menawarkan teknologi fast charging hingga 18W yang bisa mengisi ulang daya dengan lebih efisien.

Desain Menarik

Kelebihan selanjutnya yang akan kalian peroleh dari Poco C40 ada pada sektor desain. Perangkat ini menyuguhkan desain yang tidak monoton dengan tekstur panel belakang yang seperti kulit sintetis. Oleh sebab itu, tak heran banyak yang tertarik dengan teksturnya yang disebut tidak licin dan pas untuk digenggam dengan satu tangan.

Selain itu, Poco C40 hadir dalam tiga variasi warna fresh dan dinamis yang bisa kalian pilih sesuai mood. Ketiga varian tersebut adalah Poco Yellow, Power Black, dan Coral Green.

Penyimpanan Luas

Harga banderol Poco C40 tidak lebih dari 1.6 juta untuk varian konfigurasi tertingginya dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Menariknya lagi, Xiaomi telah menyertakan slot microSD khusus yang diklaim bisa dimanfaatkan untuk ekspansi penyimpanan eksternal dengan kapasitas hingga 1 TB.

Kekurangan Poco C40

Sebagai smartphone entry-level, tentu saja Poco C40 memiliki beberapa kekurangan. Pertimbangkan dua kekurangannya berikut ini untuk menentukan apakah smartphone ini masih worth it untuk kalian.

Setup Kamera Kalah Saing

Xiaomi memangkas spesifikasi Poco C40 di sektor fotografi. Dengan harga relatif ramah di kantong, ponsel ini mengusung setup dual kamera saja di punggungnya yang mencakup kamera utama 13 MP dan sensor depth 2 MP. Alih-alih menawarkan sensor selfie lebih besar di antara para rivalnya, Poco C40 justru semakin membuat lesu sektor kameranya dengan mengadopsi kamera selfie 5 MP. Jelas kombinasi yang agak mengecewakan ini menjadi deal breaker.

Charger Bawaan Hanya 10W

Salah satu kekurangan yang jarang disadari oleh calon penggunanya ada pada charger bawaan yang oleh Xiaomi hanya disertakan pada batas 10 watt saja. Padahal dukungan pengisi daya Poco C40 bisa mencapai 18 Watt yang artinya lebih cepat sehingga kalian harus mengeluarkan budget lebih agar durasi isi ulang daya lebih singkat.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Poco C40 yang harus kalian ketahui. Overall, perangkat ini merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang memiliki mobilitas tinggi dan butuh daily driver berdaya jumbo.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn