Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Table of Content

Review Kelebihan dan Kekurangan Poco M5

HP Poco
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Poco M5
  • Rilis November 2022
  • Layar 6.58 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset MediaTek MT8781 Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.100.000 - 2.300.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Poco M5 dan Harganya
Poco M5 dirilis pada September 2022 lalu dengan membawa lembar spesifikasi menarik yang unggul di kelasnya. Dengan harga banderol Rp 2 jutaan saja, ponsel ini menempatkan diri sebagai smartphone yang pantas dilirik.

Penasaran dengan daftar kelebihan dan kekurangan Poco M5? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kelebihan Poco M5

Apa yang kalian cari dari sebuah smartphone? Mulai dari layar yang punya laju penyegaran lancar jaya hingga jeroan gesit sudah dimiliki oleh Poco M5 lho!

Layar FHD+ 90Hz

Poco M5 mengusung tampilan solid dari layar Full HD Plus (1080 x 2408 piksel) yang berukuran 6.58 inci. Untuk menonjol di kelasnya, Poco menyertakan laju penyegaran hingga 90 Hz. Menariknya lagi, ada sistem DynamicSwitch yang disertakan sehingga dapat menyesuaikan kecepatan refresh sesuai dengan aktivitas di atas layar.

Dengan angka kerapatan piksel mencapai 401 ppi, maka tak perlu diragukan lagi detail konten yang ditampilkan oleh Poco M5. Selain itu layar Poco M5 sudah memiliki dukungan sertifikasi Widevine L1 dan dilapisi oleh Gorilla Glass dari Corning sebagai proteksinya.

Desain Premium

Poco M5 masuk dalam jajaran smartphone berdesain eye-catching karena menawarkan tekstur kulit sintesis pada panel belakangnya. Bagi kalian yang menyukai ponsel dengan style kekinian, tentu Poco M5 adalah pilihan yang tepat.

Dengan tekstur yang tidak glossy, maka Poco M5 tidak akan mudah terkena noda atau sidik jari saat digunakan. Kalian dapat memilih salah satu dari tiga varian warna yang tersedia, yakni Yellow, Black, dan Black.

Performa Kuat

Tak usah ragu soal performa Poco M5 karena pada dapur pacunya bertengger chip kuat besutan MediaTek, Helio G99. SoC 4G dengan proses fabrikasi 6 nanometer ini memiliki 8 inti CPU dengan kecepatan hingga 2.2 GHz yang diperkuat oleh MediaTek HyperEngine 2.0 sehingga dapat mengoptimalkan kinerjanya ketika bermain game berat.

Pada perangkat ini, tersedia pula dukungan konfigurasi penyimpanan yang lapang. Kalian akan mendapatkan RAM LPDDR4X 4 GB yang dapat diperluas dengan fitur ekspansi untuk mendapatkan RAM hingga 6 GB. Sementara untuk kapasitas memori internalnya bervariasi antara 64/128 GB dengan perluasan kapasitas penyimpanan dengan microSD hingga1 TB kok.

Kamera 50 MP

Soal spesifikasi kamera, Poco M5 juga tidak ingin ketinggalan unjuk diri. Dengan kamera utama 50 MP yang dimilikinya, ponsel ini siap mengabadikan berbagai momen berharga kalian. Kamera utama beresolusi besar tersebut ditemani oleh dua sensor 2 MP lainnya dengan fungsi sebagai depth sensor dan kamera makro.

Poco M5 menawarkan paket fitur kamera yang lengkap mulai dari Night Mode, Pro Mode, Portrait Mode, hingga Short Video dan Slow Motion Time Lapse. Menurut klaimnya, kamera perangkat ini dapat merekam video hingga resolusi 1080 piksel pada kecepatan 30 fps.

Baterai Besar

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh Poco M5 adalah kehadiran baterai besar berkapasitas 5.000 mAh dan teknologi fasr charging 18W. Secara teknis, baterai ini tidak hanya besar saja melainkan dijamin awet dan tahan lama untuk durasi pakai yang lebih panjang karena Poco M5 punya sistem Dynamic Switch dan kinerja chipset yang dioptimalkan.

Ada Fitur NFC dan IR Blaster

Kendati dibanderol murah, Poco M5 tetap menyuguhkan fitur terkini seperti NFC dan IR Blaster. Keduanya sangat membantu aktivitas sehari-hari karena NFC mendukung kebutuhan transaksi digital lebih efisien sementara IR Blaster akan mempermudah penggunanya untuk mengoperasikan perangkat elektronik seperti TV, AC, dan sebagainya.

Kekurangan Poco M5

Setelah puas dengan deretan kelebihan Poco M5, mari membahas mengenai kekurangan perangkat yang satu ini.

Tidak Ada Stereo Speaker

Performa gaming yang mumpuni dari Poco M5 sayangnya tidak diimbangi dengan kehadiran stereo speaker. Alhasil, kalian harus puas dengan kualitas audio dari speaker mono yang ada pada Poco M5 jika memilihnya sebagai daily driver.

Tidak Ada Stabilisasi Video

Harus diakui bahwa kamera utama 50 MP pada Poco M5 sangat menggoda untuk para penggemar fotografi mobile. Namun bagi kalian yang hobi membuat video sinematik atau konten sosial media berupa vlogging, kemampuan kamera Poco M5 akan sedikit mengecewakan.

Pasalnya, perangkat ini belum mendukung stabilisasi video karena tidak memiliki Gyro-EIS yang banyak dicari oleh para pengguna smartphone. Oleh sebab itu jangan heran jika hasil rekaman vide kalian akan sedikit terguncang atau goyah.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Poco M5 yang harus kalian ketahui. Ditilik dari daftar kelebihannya, ponsel dengan desain unik dan premium ini memang sangat worth it to buy tanpa menguras kantong. Beberapa poin minus atau kekurangannya tentu dapat dimaklumi mengingat harga banderolnya yang murah tersebut.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.